Sukses

Musim Pancaroba Rawan Penyakit, Ini 5 Tips Tetap Sehat dan Terhindar Gangguan Kesehatan

Memasuki musim pancaroba masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terutama dampaknya pada kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim pancaroba masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terutama dampaknya pada kesehatan. Sebagai peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, musim pancaroba identik dengan musim rawan penyakit.

Berdasarkan pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bulan Maret menjadi awal periode pergantian menuju musim kemarau. Periode pancaroba diperkirakan berlangsung pada bulan Maret - April 2024, yang kebetulan bertepatan dengan momen bulan puasa ramadan. Hal ini tentu memberikan tantangan ekstra bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa di tengah musim pancaroba.

Di musim pancaroba, udara cenderung lembab dan kering sehingga menjadi tempat yang cocok untuk pertumbuhan kuman, bakteri maupun virus. Cuaca yang terus berubah turut mempengaruhi tingkat suhu dan kelembaban sepanjang musim ini, memaksa tubuh mesti beradaptasi dengan cepat sehingga daya tahan tubuh tak optimal.

Penyakit yang muncul dan seolah menjadi ciri khas masa pancaroba pun tidak bisa dianggap sepele, apalagi kalau sampai menyerang anak-anak. Beberapanya antara lain influenza, sakit tenggorokan, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) hingga gangguan pencernaan dan diare.

Nah, untuk terhindar dari penyakit di masa pancaroba, Anda dan keluarga bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Perhatikan Asupan Makanan Sehat dan Konsumsi Vitamin

Cuaca berganti-ganti dengan sangat cepat membuat sistem imun tubuh tak cukup waktu untuk menyesuaikan perubahan ini. Dengan asupan makanan sehat dan tambahan vitamin bila diperlukan, hal ini dapat mendukung pertahanan tubuh.

2. Pola Hidup Seimbang Didukung Aktif Olahraga

Membuat keseimbangan antara aktivitas dan istirahat juga menjadi kunci sehat saat pancaroba. Akan lebih baik bila hal ini ditunjang kegiatan olahraga. Pergerakan tubuh, selain untuk kebugaran, juga merangsang pembentukan imun lebih baik.

3. Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Menjaga kebersihan rumah memang perlu tiap hari. Tapi saat pancaroba, perhatian mesti ditingkatkan lagi. Tak hanya soal debu, tingkat kelembaban udara sepanjang pancaroba menjadi tempat yang disukai bagi tumbuhnya kuman, virus dan bakteri. Mulai dari perabotan hingga alat makan, proses pembersihan lebih terjadwal mesti menjadi pertimbangan.

4. Perhatikan Ventilasi dan Jendela

Masih terkait dengan kebersihan rumah, perhatian pada ventilasi dan jendela juga diperlukan untuk mendukung kebersihan udara dalam rumah. Bila ventilasi lebih terkait pertukaran udara yang dapat dilakukan termasuk dari aktivitas sederhana seperti membuka pintu, jendela lebih untuk menjaga sinar matahari yang masuk. Pertukaran udara dan panas sinar matahari ini untuk menangkal pokoknya kuman, virus dan bakteri.

5. Gunakan Air Purifier Sebagai Pendukung

Dengan kemampuan pembersihan udara dalam ruang yang berjalan dalam siklus terus menerus sepanjang pengoperasian, penggunaan air purifier dapat dipertimbangkan. Apalagi bila menimbang kualitas udara di luar ruang sedang tak cukup baik.

Pembersihan perabot, ventilasi hingga jendela, menjadi kurang efektif karena justru dapat mengundang udara terkontaminasi masuk dalam ruang. Air purifier ini tak sulit didapatkan, namun yang mesti dipastikan, benar-benar punya pengakuan dari kemampuan yang dijanjikan.

Salah satu air purifier yang dapat menjadi pertimbangan adalah Air Purifier DAIKIN dengan model MC55 dan MCK55. Keduanya dirancang efektif membersihkan udara pada ruang hingga seluas 41 meter persegi. Dengan desain rumah masa kini yang lebih terbuka, membuat penempatan di ruang keluarga, akan pula dapat menjangkau pembersihan pada ruang lainnya.

Sederet Keunggulan Air Purifier DAIKIN MC55 dan MCK55

1. Kantongi Sertifikat British Allergy Foundation

Air Purifier DAIKIN layak menjadi pilihan utama karena telah mengantongi sertifikat dari British Allergy Foundation (BAF). Sertifikat ini diberikan untuk efektivitas kemampuannya dalam mengurangi berbagai partikel alergen, seperti debu, virus dan bakteri yang melayang di udara.

BAF sendiri merupakan badan internasional berpusat di Inggris yang mendedikasikan dirinya khusus pada alergi. Berkat dedikasinya ini, sertifikasi BAF diakui dan sekaligus digunakan sebagai panduan bagi konsumen di lebih dari 100 negara di dunia. Kepercayaan ini terkait dengan ketatnya proses sertifikasi BAF.

Untuk mendapatkannya, sebuah produk mesti melalui pengujian independen dan terbukti memenuhi protokol klinis sehingga dapat memberikan pilihan bagi calon konsumen terlebih bagi yang hidup dengan alergi.

Keberadaan sertifikat BAF ini menjadikan tawaran kemampuan pembersihan udara dari kedua air purifier DAIKIN ini tak hanya klaim, namun benar-benar melalui sebuah pengujian terukur dari lembaga yang memang mendedikasikan dirinya pada hal terkait kesehatan.

2. Teknologi Filter HEPA Elektrostatis dan STREAMER

Keberhasilan air purifier DAIKIN MC55 dan MCK55 mendapatkan pengakuan BAF ini tak lepas dari cara kerja unik pembersihan udara melalui kolaborasi dua teknologi yaitu filter HEPA Elektrostatis dan teknologi STREAMER.

Saat filter HEPA Elektrostatis bertugas menyaring partikel berbahaya bagi kesehatan di udara, teknologi STREAMER bekerja menguraikan virus, bakteri dan berbagai partikel berbahaya lainnya untuk memastikan kerja pemurnian udara berjalan optimal.

Berlanjut saat udara bersih dihembuskan, keduanya pun melepaskan Active Plasma Ion yang berfungsi menangkap partikel alergen, bakteri dan jamur di udara. 

Melengkapi kerjanya, MC55 dan MCK55 juga dilengkapi deodorizing filter untuk menyaring berbagai bau dan gas berbahaya yang bercampur dalam udara. Yang membuatnya istimewa, pengguna tak memerlukan penggantian untuk deodorizing filter ini.

Sementara untuk HEPA filter, seturut dengan uji yang dilakukan DAIKIN, usia pemakaiannya dapat mencapai sepuluh tahun.

3. Desain Modern Minimalis

Dari sisi desain, keduanya sama-sama memiliki model tower type. Rancang bangun dengan arah keluar masuk udara vertikal ini memastikan tiap udara yang terhembus lagi keluar, benar-benar telah melewati proses pembersihan dari rangkaian filter dibawahnya. 

Sebagai tempat masuknya udara kotor, terdapat tiga saluran udara dengan arus sedotan kuat untuk memastikan pembersihan udara berjalan cepat dan menjangkau seluruh bidang. Bahkan, salah satu saluran udara berada dekat dengan lantai.

Dibuat demikian, untuk memastikan permukaan di atas lantai yang kerap menjadi tempat beraktivitas keluarga maupun anak kecil, tak luput dari kerja pembersihan udara air purifier DAIKIN ini. 

Lebih lanjut mengenai desain air purifier DAIKIN MC55 dan MCK55, keduanya memiliki bentuk ringkas yang membuatnya mudah dipindahkan dan tak memakan tempat.  Desain minimalis dengan warna putih menyelimuti seluruh tubuhnya membuat air purifier ini memberikan tambahan sentuhan modern yang mudah berpadu dengan berbagai gaya interior ruang.

4. Kunci Pengaman Anak

Punya anak-anak kecil di rumah, jangan khawatir. Air purifier DAIKIN memiliki kelengkapan kunci pengaman anak atau child proof lock memberi kenyamanan untuk menghindari penyalahgunaan unit pada anak.

Melengkapi kemampuan tinggi dalam kerja pembersihan udara, keberadaan lampu indikator pada bagian atas keduanya memberi kemudahan pengguna dalam memantau kualitas udara ruang tempat beraktivitas.

5. Dilengkapi Fungsi Humidifier (Khusus Tipe MCK55)

Air purifier DAIKIN tipe MCK55 dilengkapi dengan fungsi humidifier. Kelengkapan ini memberinya kemampuan menyesuaikan kelembaban udara yang dibutuhkan dalam ruangan sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika udara terlalu lembab atau kering.

Untuk Anda yang ingin melindungi keluarga dari dampak buruk kuman, bakteri maupun virus di rumah sekaligus memberikan kenyamanan, Air purifier DAIKIN MC55 dan MCK55 bisa menjadi pilihan tepat. Dapatkan air purifier DAIKIN ini di berbagai toko yang menjadi mitra DAIKIN terdekat dengan domisili Anda.

Untuk informasi lebih lengkap terkait produk air purifier DAIKIN, kunjungi website resmi DAIKIN.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.