Sukses

Sejarah dan Tujuan Hari Obesitas Sedunia yang Diperingati Tiap 4 Maret

4 Maret diperingati sebagai Hari Obesitas Sedunia yang bertujuan untuk mempromosikan berat badan yang ideal untuk hidup yang lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Di Hari Obesitas Sedunia 2024 ini, mari kita jadikan momen ini sebagai pengingat untuk mencintai diri sendiri dengan menjaga berat badan ideal.

Obesitas bukan hanya membuat sulit bergerak tetapi juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, jantung koroner, dan stroke.

Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu bentuk cinta diri. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat menjalani hidup dengan lebih bahagia dan produktif.

Dilansir dari Hindustan Times, obesitas telah menjadi krisis kesehatan masyarakat global dengan proporsi yang mengkhawatirkan. Sekitar sepertiga populasi dunia, atau lebih dari 2 miliar orang, menderita obesitas. Mirisnya, 1 dari 5 anak dan lebih dari 1 dari 3 orang dewasa juga terjebak dalam kondisi ini.

Obesitas tak hanya soal penampilan, tetapi juga merupakan faktor risiko utama berbagai penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Komorbiditas lainnya termasuk hati berlemak, sirosis hati, batu empedu, asam lambung, kanker, osteoporosis, infertilitas, dan trauma psikologis.

Dampak obesitas tak hanya pada kesehatan fisik, namun juga mental. Obesitas dapat menurunkan kualitas hidup dan memperburuk hasil kesehatan mental. Bahkan, pada masa pandemi COVID-19, pasien obesitas terbukti lebih rentan mengalami penyakit parah dan komplikasi fatal dibandingkan individu dengan berat badan normal.

Krisis obesitas ini menuntut perhatian serius dan upaya kolektif untuk meningkatkan kesadaran, edukasi, dan akses terhadap gaya hidup sehat agar kesehatan masyarakat global dapat terjaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Obesitas Sedunia

Hari Obesitas Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Maret atas prakarsa Federasi Obesitas Dunia dan anggotanya di seluruh dunia.

Pertama kali diperingati pada tahun 2015, Hari Obesitas Sedunia merupakan kampanye tahunan yang bertujuan mendorong dan mendukung upaya praktis untuk membantu orang mencapai dan menjaga berat badan ideal, serta membalikkan krisis obesitas global.

Hari Obesitas Sedunia diperingati untuk mendorong solusi dalam mencapai dan menjaga berat badan ideal, mendapatkan perawatan yang tepat, dan memerangi epidemi obesitas.

Penurunan berat badan, bahkan sedikit, dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah masalah yang terkait dengan obesitas. Gaya hidup sehat, pola makan, dan aktivitas fisik memainkan peran penting dalam mencapai dan menjaga berat badan ideal.

Bagi anak-anak, pendekatan penurunan berat badan perlu dilakukan dengan hati-hati karena tubuh mereka sedang tumbuh dan berkembang. Mengganti waktu menonton televisi dengan bermain di luar ruangan akan membantu mereka lebih aktif. Orang tua juga dapat membantu dengan menyediakan makanan dan camilan sehat secara teratur untuk mendorong pola makan yang sehat.

Dengan menerapkan solusi praktis ini, kita dapat membantu diri sendiri dan orang lain untuk mencapai dan menjaga berat badan ideal, serta meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal adalah perjalanan yang panjang dan membutuhkan komitmen. Namun, dengan tekad dan usaha, kita pasti bisa mencapainya. Mari kita mulai langkah kecil ini demi masa depan yang lebih sehat dan bahagia.

Bagaimana dengan Anda? Apa langkah yang akan Anda lakukan untuk menjaga berat badan ideal di Hari Obesitas Sedunia 2024 ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.