Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Pernikahan Tanpa Aktivitas Seksual, Bahayakan Hubungan Enggak Tuh?

Bagi suami dan istri yang sama-sama tidak mempermasalahkan kehidupan pernikahan tanpa aktivitas seksual ya berarti baik-baik saja pernikahannya.

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan tanpa aktivitas seksual bukanlah hal yang kerap diperbincangkan tapi faktanya ada banyak kasus pasangan melakukan hal tersebut.

Berdasarkan penelusuran Seth Stephens-Davidowitz pada 2015, pencarian di mesin pencari Google dengan kata kunci 'sexless marriage' 3,5 kali lebih banyak dari 'unhappy marriage' dan 8 kali lebih banyak dari 'loveless marriage'.

Berbicara tentang definisi pernikahan tanpa aktivitas seksual, sebagian pakar menyebut bahwa tidak ada arti yang presisi terkait ini. Ada pakar yang menyebut artinya tidak berhubungan seksual selama 10 tahun atau lebih. Tapi terapis seks dan hubungan Danielle Harel mengatakan itu adalah sebuah kondisi di mana hubungan seks bukanlah hal yang kerap hadir pada pasangan.

"Bisa pasangan tidak berhubungan seksual dalam lima tahun atau melakukannya sesekali dalam beberapa bulan," kata Danielle mengutip Huffington Post ditulis Kamis (29/2/2024).

Bagi suami dan istri yang sama-sama tidak mempermasalahkan kehidupan pernikahan tanpa seks ya berarti baik-baik saja pernikahannya.

"Jika pasangan tidak mempermasalahkan pernikahan tanpa hubungan suami istri, ya berarti bukan masalah," kata terapis seks bersertifikat Jessa Zimmerman.

Pernikahan Tanpa Aktivitas Seks Bisa Tetap Berjalan

Ada beberapa pasangan yang menyatakan bahwa menikmati hubungan fisik yang intim dan sentuhan seksual tanpa perlu penetrasi. Bila keduanya sama-sama memiliki pemikiran tersebut maka hubungan pernikahan aman lantaran masih ada keintiman dan kedekatan.

“Pasangan harus bisa merasakan kesenangan dan kedekatan di luar fisik. Artinya bisa merayakan kebahagiaan satu sama lain, terlibat dalam kasih sayang (yang tidak selalu bersifat fisik), dan benar-benar mendukung satu sama lain sepanjang perjalanan hidup,” kata terapis hubungan, Lexx Brown-James.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awas, Pernikahan Tanpa Hubungan Seksual Bisa Jadi Masalah

Namun, bagi sebagian pasangan ketidakhadiran hubungan seksual bisa menjadi permasalahan. Bila tidak diselesaikan bisa meledak menjadi api yang menghancurkan pernikahan.

"Itu bisa menjadi tantangan tersendiri ketika salah satu pasangan tidak puas dengan tingkat keintiman dalam suatu hubungan dan pasangan lainnya merasa sangat puas. Anda tidak bisa memaksa siapa pun untuk berubah atau peduli pada sesuatu yang tidak mereka pedulikan," kata terapis seks Vanessa Marin mengutip Mind and Body Green.

3 dari 3 halaman

Kerja Sama Memperbaiki Hubungan Intim

Jika salah satu tidak puas dengan aktivitas seks yang kurang dalam pernikahan maka perlu bekerja sama untuk memperbaiki situasi tersebut.

“Saya tidak mengatakan tidak mungkin memperbaiki hubungan seperti ini, namun yang pasti akan jauh lebih menantang,” tambah Marin.

"Jika Anda ingin mengubah kehidupan seks Anda, tetapi pasangan Anda tidak bersedia mengupayakannya, Anda harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan sulit tentang masa depan hubungan kalian," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.