Sukses

Mengatasi Jerawat Pakai Mentimun Beku, Apa Iya Efektif Atasi Permasalahan Kulit?

Tren kecantikan yang menggunakan mentimun beku sempat mengundang banyak perhatian pengguna TikTok.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu melihat video viral di TikTok yang menunjukkan orang-orang mengoleskan mentimun beku ke wajah mereka untuk mengatasi jerawat dan kemerahan?

Tren "Frozen Cucumber Hack" disebut-sebut menjadi solusi alami dan mudah untuk mendapatkan kulit mulus.

Alexa Rae Loebel, seorang influencer TikTok, mempopulerkan trik kecantikan menggunakan mentimun beku. Menurutnya, trik ini dapat membantu makeup Anda terlihat sempurna dan memberikan Anda kulit segar dan bercahaya.

Loebel dan beberapa pengguna TikTok lainnya, seperti Emma Freece, percaya bahwa mentimun beku dapat membantu mengurangi kemerahan, jerawat, bekas luka, dan kantung mata. Freece bahkan mendokumentasikan pengalamannya menggunakan trik ini selama delapan hari dan membagikan hasilnya di TikTok.

Pengguna TikTok yang lain, Marlo Rodrigue juga telah mencoba trik tersebut. Ia membagikan pengalamannya.

"Jadi aku telah menggunakan mentimun beku selama dua minggu setiap pagi dan malam, dan kulit saya terlihat seperti ini ketika saya bangun. Rasanya luar biasa."

"Yang saya lakukan hanyalah memotong sedikit [mentimun] dan menggosokkannya pada kulit saya dan ini membuat semua jerawat saya hilang. Ini juga membantu permasalahan dengan kantung di bawah mata."

Kata Pakar soal Penggunaan Mentimun Beku

Hal yang sempat viral di media sosial ini mendapat respons dari Bruce Green seorang peneliti yang juga pendiri SOS Serum Skincare. Ternyata, dia mengatakan bahwa secara umum penggunaan es untuk perawatan kulit memang bermanfaat.

“Menggunakan es secara umum, baik sebagai pencuci wajah itu dapat mengencangkan kulit, menutup pori-pori, dan mengurangi bengkak. Ini juga membantu meremajakan kulit dan membuat merasa dan terlihat lebih berenergi.” jelas Bruce Green, Chartered Scientist dan pendiri SOS Serum Skincare mengutip Women and Home.

Lalu, dermatolog Beth Goldstein mengungkapkan bahwa mentimun kaya akan vitamin K yang bermanfaat untuk mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Vitamin K merupakan zat yang larut dalam lemak dan membantu mengontrol pembekuan darah, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan bengkak.

"Mentimun beku diasumsikan lebih efektif dalam menenangkan kulit dibandingkan mentimun biasa. Hal ini diakibatkan oleh sensasi dingin yang dapat membantu mengurangi pembengkakan, kantung mata, dan peradangan," tutur Beth mengutip Glamour, Kamis (22/2/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Kata Ahli Mengenai Tren Ini?

 Beth juga mengungkapkam bahwa ada sebuah studi menunjukkan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar sebum, yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Senyawa biokimia dalam mentimun juga dapat menghambat enzim yang menyebabkan produksi melanin berlebihan, sehingga dapat membantu memudarkan bintik-bintik gelap.

Berikut beberapa manfaat mentimun untuk kulit, yaitu:

  1. Menghidrasi kulit. Dengan kandungan air mencapai 95%, mentimun menjadi pelembap alami yang luar biasa.
  2. Menyediakan nutrisi yang baik untuk kulit. Vitamin C dan asam folat dalam mentimun membantu melawan pembengkakan dan peradangan. Proses pembekuan bahkan dapat meningkatkan manfaat tersebut.
  3. Memperbaiki tekstur kulit. Vitamin K dalam mentimun berperan dalam merangsang pertumbuhan sel dan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga mengurangi tampilan garis halus dan keriput.
  4. Menenangkan kulit. Sifat anti-inflamasi mentimun terbukti mampu memberikan nutrisi dan menenangkan area yang teriritasi, seperti kulit berjerawat, sunburn, dan kemerahan.
3 dari 3 halaman

Bagaimana Pengaplikasian Frozen Cucumber Hack?

Setelah mengetahui berbagai manfaat mentimun untuk kulit, mari kita telusuri lebih dalam tentang cara mengaplikasikan "Frozen Cucumber Hack" dalam rutinitas skincare.

Berikut merupakan step-by-step pengaplikasian Frozen Cucumber Hacks:

  1. Pertama, pastikan Anda selalu membersihkan wajah dengan benar menggunakan pembersih atau sabun muka yang lembut dan cocok.
  2. Cuci mentimun dengan benar, potong ujungnya, dan masukkan ke dalam freezer selama 30 menit.
  3. Gerakkan mentimun beku di wajah selama 5-10 menit. Perhatikan reaksi kulit Anda, karena trik ini mungkin tidak cocok untuk semua orang.
  4. Cuci wajah Anda lagi setelah mentimun beku tidak terasa dingin untuk menghilangkan sensasi lengket yang tersisa.

Meskipun mentimun beku memberikan manfaat untuk kulit, ingatlah bahwa mentimun ini sekarang menjadi bagian dari rutinitas perawatan.

Tidak dianjurkan untuk digunakan kembali sebagai bahan pangan. Pastikan untuk memotong bagian mentimun yang telah bersentuhan dengan kulit Anda dan buang sebelum membekukan kembali sisa mentimun. Hal ini untuk menghindari kontaminasi bakteri dan menjaga kualitas mentimun untuk penggunaan selanjutnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini