Sukses

5 Kombinasi Makanan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang bertanya apakah ada makanan khusus yang bisa dikonsumsi secara bersamaan guna membantu menurunkan berat badan. Tidak sedikit yang pernah mendengar lalu percaya bahwa mengombinasikan sumber protein dan karbohidrat di waktu bersamaan bisa membuat hal itu terjadi. Namun, penelitian yang diterbitkan kira-kira 10 tahun yang lalu telah membantah ide tersebut.

Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training di Herbalife, Susan Bowerman, menjelaskan tentang konsep lain seputar kombinasi makanan yang sering disebut sinergi makanan atau padanan makanan, dengan mempertimbangkan bagaimana beberapa makanan menawarkan manfaat nutrisi lebih besar ketika dikonsumsi bersamaan daripada jika dikonsumsi terpisah.

Berikut adalah cara untuk mendapatkan nutrisi lebih baik dengan padanan makanan seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 11 Februari 2024.

Sayuran yang berwarna dengan sedikit lemak

Banyak buah dan sayuran mengandung senyawa yang disebut karotenoid, pigmen alami yang memberikan warna pada makanan seperti tomat, wortel, dan bayam. Dijelaskan Susan bahwa karotenoid berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, dan larut dalam lemak.

Menambah sedikit lemak sehat dari alpukat atau minyak zaitun ke salad akan membantu menyerap karotenoid yang terdapat dalam sayuran tersebut.

Vitamin C dengan sayuran dan biji-bijian yang mengandung zat besi

Ketika mengonsumsi vitamin C bersama dengan sumber zat besi non-heme, tubuh Anda akan menyerap zat besi lebih baik. Misalnya, tomat dalam kari akan membantu menyerap zat besi dalam kacang, dan stroberi akan membantu menyerap zat besi dalam sereal Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Dilakukan

Lemon dan teh hijau

Fitonutrien dalam teh hijau, seperti katekin, membantu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan oksidatif. Susan mengatakan,"Menambahkan lemon ke teh hijau akan membantu tubuh menyerap senyawa bermanfaat ini.

Ikan dan sayuran hijau

Kombinasi ikan yang kaya vitamin D dengan sayuran hijau yang mengandung kalsium akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium dengan lebih baik.

Campuran makanan nabati

Makanan nabati, seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan, mengandung antioksidan yang tinggi. Manfaat antioksidan ini lebih baik saat Anda mengonsumsi campuran makanan tersebut daripada mengonsumsinya secara terpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.