Sukses

[Kolom Pakar] Prof Tjandra Yoga Aditama: Waspadai 6 Penyakit ini Saat Libur Panjang

Liputan6.com, Jakarta - Kita memasuki beberapa hari libur sampai dengan Minggu, 11 Februari 2024. Tentu masyarakat akan memanfaatkan hari-hari ini, tapi kita juga tahu bahwa sekarang sedang musim hujan yg seringkali turun cukup deras. Dari sudut kesehatan, setidaknya ada tiga hal yang dapat dilakukan.

  • Selalu menjaga dan melaksanakan perilaku hidup bersih sehat
  • Kalau memang sudah ada penyakit tertentu, tentu perlu lebih hati-hati, yang jelas perlu cek kesehatan sebelum berjalan di liburan panjang ini. Misalnya, ukur tensi berkala pada pasien hipertensi atau gula darah pada pasien diabetes melitus. Lalu, konsumsi obat secara teratur sesuai anjuran dokter. Kemudian, mengenal gejala awal kalau ada perburukan, sehingga bisa ditangani segera.
  • Untuk sejumlah penyakit tertentu yang perlu diwaspadai, antara lain setidaknya enam di bawah ini.

1. Diare

Penyakit Diare sangat erat kaitanya dengan kebersihan individu (personal hygiene). Untuk melindungi diri dari risiko penyakit diare, masyarakat perlu melanjutkan kebiasaan cuci tangan dengan sabun setiap akan makan atau minum serta sehabis buang hajat dan membiasakan merebus air minum hingga mendidih setiap hari. Selain itu, masyarakat diimbau menjaga kebersihan lingkungan, serta tidak lupa menghubungi segera petugas kesehatan terdekat bila ada gejala-gejala diare.

2. Demam Berdarah Dengue

Seperti diketahui bahwa vektor penyakit DBD adalah nyamuk aedes aegypti di mana tempat perindukan nyamuk ini adalah pada air bersih. Dengan banyak hujan seperti sekarang, mungkin saja ada tempat perindukan nyamuk. Hal ini memberikan kesempatan kepada nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak yang pada akhirnya meningkatkan faktor risiko terjadinya penularan penyakit demam berdarah dengue.

Juga akan dapat terjadi genangan-genangan air di beberapa kontainer yang sebelumnya tidak berisi air, seperti ban-ban bekas, kaleng yang berserakan serta talang-talang rumah yang kontruksinya kurang bagus. Ini semua memberikan kesempatan kepada vector penyakit demam berdarah untuk berkembang biak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Penyakit yang Harus Diwaspadai di Musim Libur Sekaligus Hujan

3. Keracunan Makanan

Secara umum pada musim panas akan mempercepat rusaknya beberapa bahan makanan, karena cepatnya pertumbuhan beberapa mikro organisme. Hal ini sangat potensial menyebabkan makanan menjadi lebih cepat rusak atau basi. Oleh sebab itu, masyarakat perlu waspada untuk mengonsumsi makanan,khususnya kalau sedang jalan-jalan di libur panjang hari-hari ini.

4. Demam Tifoid

Penyakit demam tifoid (orang sering menyebutnya sebagai sakit tifus) sangat erat kaitanya dengan ketersediaan air bersih dan penyakit ini juga sangat mudah menular melalui makanan minuman yang diproses kurang bersih. Jadi hati-hati dan selalu jaga kebersihan di libur panjang hari-hari ini.

 

3 dari 3 halaman

Penyakit yang Harus Diwaspadai

5. Penyakit Leptospirosis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira ini ditularkan melalui kotoran dan air kencing tikus. Pada musim hujan, terutama saat terjadi banjir, tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri. Tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia di mana kotoran dan air kencingnya akan bercampur dengan air banjir.

Seseorang yang memiliki luka, kemudian bermain atau terendam air banjir yang sudah tercampur dengan kotoran dan kencing tikus yang mengandung bakteri lepstopira, berpotensi terinfeksi dan akan jatuh sakit. Langkah mengantisipasi penyakit leptospirosis adalah:

  • Menjaga kebersihan agar tidak ada tikus berkeliaran
  • Tidak bermain air saat banjir terutama jika memiliki luka
  • Memakai pelindung seperti sepatu jika terpaksa harus ke daerah banjir.
  • Segera berobat ke sarana kesehatan bila sakit dengan gejala panas tiba-tiba, sakit kepala dan menggigil.

6.Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)

Pada situasi liburan dan musim hujan maka kita tahu bahwa ISPA akan meningkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini