Sukses

Liburan Saat Long Weekend, Waspadai Diare hingga ISPA

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang dari Kamis hingga Minggu dimanfaatkan bagi sebagian dari masyarakat untuk liburan ke luar kota atau luar negeri. Pastikan selalu menjaga kebersihan diri selama liburan long weekend ini untuk mencegah terkena penyakit diare hingga infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Profesor Tjandra Yoga Aditama penyakit diare ini sangat lekat dengan kebersihan individu. Maka pastikan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun setiap akan makan atau minum serta sehabis buang air besar dan kecil.

"Selain itu, masyarakat diimbau menjaga kebersihan lingkungan, serta tidak lupa menghubungi segera petugas kesehatan terdekat bila ada gejala-gejala diare," katanya.

Lalu, penyakit lain yang perlu diwaspadai termasuk saat liburan adalah penyakit demam dengue atau demam berdarah dengue (DBD). Vektor penyakit DBD yakni nyamuk Aedes aegypti berkembang biak pada air bersih, sehingga di musim penghujan seperti saat ini lebih rentan berkembangbiak. Perkembangbiakan yang tinggi meningkatkan faktor risiko terjadinya penularan penyakit demam dengue.

Tjandar juga mengingatkan untuk mengecek genangan air di beberapa kontainer yang sebelumnya tidak berisi air, seperti ban-ban bekas, kaleng yang berserakan serta talang-talang rumah yang kontruksinya kurang bagus. Lokasi tersebut memberikan kesempatan kepada vektor penyakit demam berdarah untuk berkembang biak.

Tjandra juga mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit demam tifoid yang sangat erat kaitannya dengan ketersediaan air bersih. Penyakit ini mudah menular melalui makanan minuman yang diproses kurang bersih.

"Jadi, hati-hati dan selalu jaga kebersihan di libur panjang hari-hari ini," kata Tjandra mengutip Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waspada Leptospirosis di Musim Penghujan

Selanjutnya, penyakit lain yang juga perlu diwaspadai yakni leptospirosis. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira ini ditularkan melalui kotoran dan air kencing tikus.Pada musim hujan, terutama saat terjadi banjir, tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri.

Tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia sehingga kotoran dan air kencingnya akan bercampur dengan air banjir. Seseorang yang memiliki luka, kemudian bermain atau terendam air banjir yang sudah tercampur dengan kotoran dan kencing tikus yang mengandung bakteri lepstopira, berpotensi terinfeksi dan akan jatuh sakit.

Antisipasi penyakit leptospirosis, maka perlu menjaga kebersihan agar tak ada tikus berkeliaran, tidak bermain air saat banjir, terutama jika memiliki luka, serta memakai pelindung seperti sepatu jika terpaksa harus ke daerah banjir.

Tjandra menganjurkan masyarakat segera berobat ke sarana kesehatan bila sakit dengan gejala panas tiba-tiba, sakit kepala dan menggigil.

Waspada ISPA

Terakhir, waspadai pula penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Pada situasi liburan dan musim hujan, kejadian ISPA akan meningkat.

3 dari 3 halaman

Liburan Panjang

Pekan ini, terdapat libur borongan dari hari Kamis, 8 Februari yang merupakan hari Isra Miraj. Lalu, cuti bersama di hari Jumat, lalu Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024 lalu lanjut hari Minggu.

Sehingga, total terdapat empat hari libur di pekan ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini