Sukses

Pemerintah Korea Bakal Batasi Adegan Merokok di Drakor, Harap Tak Ada Lagi Suzy yang Isap Rokok di Doona

Pemerintah Korea Selatan tengah menggaungkan pembatasan adegan merokok di drama Kroea yang disiarkan di platform streaming seperti Netflix dan Disney + Hotstar.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Korea Selatan tengah menggaungkan pembatasan adegan merokok di drama Korea (drakor) yang disiarkan di platform streaming seperti Netflix dan Disney + Hotstar. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah setempat mengatur konten terkait rokok dan tembakau di media.

Di Korea Selatan adegan merokok yang ditayangkan di siaran televisi lokal sudah dilarang. Jika ada adegan tersebut bakal diblur. Namun, ada celah penonton di sana melihat adegan pada konten yang disiarkan di platform streaming yang berbasis di luar negeri seperti mengutip AllKpop, Selasa (6/2/2024).

Untuk menyuarakan hal itu, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan mengumumkan bahwa mereka bakal menghadiri konferensi World Health Organization Framework Convention on Tobacco Control (FCTC). Konferensi tersebut bakal diadakan di Panama dari tanggal 5 - 11 Februari.

Pada konferensi itu, delegasi Korea Selatan bakal menyerukan ke Sekretariat Konvensi dan pihak lainnya untuk mengurangi atau membatasi adegan terkait tembakau dan merokok di platform streaming internasional.

Untuk diketahui, Korea Selatan memberi perhatian soal aturan adegan merokok di platform streaming lantaran negara tersebut berhasil melancarkan kampanye antirokok. Mulai dari peraturan media, perpajakan dan inisiatif media.

“Kami akan berbagi secara rinci pencapaian kebijakan regulasi tembakau Korea dengan komunitas internasional dan mengkaji diskusi dengan cermat di konferensi tersebut untuk memperkuat kebijakan anti-rokok di Korea,” kata Jeong Yeon-hee yang menjabat sebagai Kepala Divisi Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korsel mengutip KBI Zoom.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa Drakor yang Perlihatkan Banyak Adegan Merokok

Beberapa serial drama Korea yang memperlihatkan banyak adegan merokok. Salah satunya peran yang dimainkan aktris Lim Ji-yeon dalam serial Netflix terkenal The Glory.

Lalu, paling banyak dapat sorotan adalah kala Suzy memerankan Doona, seorang idol yang sedang mengalami masa sulit. Dalam banyak adegan, Suzy tampak mengisap rokok seperti yang ditampilkan dalam drakor yang berdasarkan webtoon itu. Sekitar 17 adegan Suzy merokok dalam Doona.

Selain itu, Ji Chang Wook juga terlihat merokok dalam drama Korea garapan Disney+ Hotstar, The Worst of Evil.

 

3 dari 3 halaman

Reaksi Warganet Korea

Ada beragam reaksi warganet Korea terkait upaya Pemerintah setempat yang berencana melarang adegan merokok di drakor yang tayang di platform streaming. 

“Mengapa mereka menindak adegan merokok padahal ada banyak sekali adegan yang menampilkan karakter yang minum alkohol secara berlebihan dan melakukan tindakan kekerasan setiap hari? Jika mereka akan menyensor adegan merokok, maka mereka juga harus menyensor adegan mabuk berat."

"Ada adegan kasara dan memukul orang lain dengan kapak, tapi mereka menganggap rokok itu bermasalah?"

"Narkoba boleh, tapi rokok tidak?"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini