Sukses

Sayur dan Buah Juga Mengandung Sumber Protein, Ini Jenis-Jenisnya

Bukan Cuma Daging, Buah dan Sayur Juga Kaya Protein, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Protein tidak hanya berasal dari pangan hewani seperti telur, buah dan sayur juga dapat menjadi sumber nutrisi ini. Ada dua kategori utama protein, yaitu sumber hewani dan sumber nabati, yang memberikan beragam asam amino penting bagi tubuh.

Dari 20 jenis asam amino, sembilan di antaranya merupakan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Protein hewani, yang ditemukan dalam daging, unggas, ikan, telur, dan produk susu, dianggap sebagai protein 'lengkap' karena mengandung sembilan asam amino esensial.

Di sisi lain, protein nabati berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu. Meskipun dianggap sebagai protein 'tidak lengkap' karena tidak mengandung semua asam amino esensial, protein nabati memiliki kelebihan dan dapat menjadi bagian dari pola makan seimbang.

Kebutuhan protein bervariasi tergantung pada faktor seperti jenis kelamin, usia, status kehamilan, dan tingkat aktivitas. Untuk orang dewasa yang sehat, Rekomendasi Dietary Allowance (RDA) menyarankan asupan protein sebanyak 0,8 gram per kilogram berat badan setiap hari.

Meski buah-buahan dan sayuran mengandung protein, banyak pilihan yang hanya menyediakan sedikit protein, kisaran 2 gram per porsi. Oleh karena itu, mencapai kebutuhan protein harian hanya melalui buah dan sayuran saja mungkin sulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah dan Sayur yang Mengandung Protein

Beberapa buah dan sayuran yang mengandung protein antara lain jagung, Zespri SunGold Kiwi, jambu biji, dan edamame. Jagung memberikan 3,34 gram protein per buah, sementara dua buah Zespri SunGold Kiwi menyediakan sekitar 1,7 gram protein.

Kemudian, jambu biji, dengan lebih dari 4 gram protein per cangkir, kaya akan vitamin C dan folat. Edamame, sejenis kacang kedelai, memberikan sekitar 9 gram protein per setengah cangkir dan merupakan sumber protein nabati yang menyediakan sembilan asam amino esensial.

Dengan variasi pilihan makanan, kita dapat memastikan asupan protein yang cukup untuk mendukung kesehatan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.