Sukses

Poltekkes Yogyakarta Kini Punya Rusun Asrama, Menkes Budi: Untuk Mahasiswa Nasional dan Internasional

Rusun asrama Poltekkes Yogyakarta memiliki empat lantai dengan 86 kamar. Ada juga mahasiswi asal Timor Leste tinggal di sini seperti disampaikan Menkes Budi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi penyelesaian pembangunan rumah susun asrama mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Yogyakarta.

“Terima kasih asrama ini dibangun Pak Bas. Harganya murah, bangunnya cepat dan kualitasnya bagus, jadi ini nanti mau dipakai sebagai standar untuk seluruh Poltekkes di Indonesia,” kata Menkes Budi mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang hadir saat peresmian pada Kamis (1/2/2024).

Saat ini, rusun asrama mahasiswa Poltekkes Yogyakarta telah ditempati oleh 294 mahasiswi dari dalam negeri juga luar negeri.

“Ini internasional, jadi yang nginep tidak hanya dari Jogja tapi juga dari Sorong, bahkan ada yang dari Timor Leste,” ucap Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

“Harapannya nanti lebih banyak putra-putri dari seluruh Indonesia bisa belajar di sini dan kembali ke daerahnya untuk melayani di daerahnya masing-masing,” harap Budi.

Kata Mahasiswi dari Sorong Penghuni Rusun Asrama Poltekkes

Salah satu mahasiswa Poltekkes Yogyakarta dari Program Studi Keperawatan Anestesiologi, Kezia Paulina Nenop, mengatakan sangat senang bisa tinggal di asrama tersebut. Apalagi, ia berasal dari daerah yang sangat jauh, yakni Sorong, Papua Barat.

“Saya senang di sini banyak teman, terus pengurus-pengurus asramanya baik-baik dan terbuka, khususnya buat saya dan teman-teman saya yang berasal dari jauh,” katanya.

Dari sisi fasilitas, Kezia pun merasa secara rusun asrama yang terletak di Jalan Gading Sari No. 31  ini sudah cukup lengkap

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Lantai dengan 86 Kamar

Rusun Asrama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta merupakan fasilitas hunian selama mahasiswa yang menempuh pendidikan di Poltekkes Yogyakarta ini. Rusun asrama berdiri diatas lahan seluas 13045 m2 dengan luas bangunan sebesar 4865,5 m2.

Bangunan rusun asrama memiliki 4 lantai dan 86 kamar yang terdiri dari 84 kamar mahasiswa dan 2 kamar disabilitas. Masing-masing kamar diisi oleh 4 mahasiswa. 

3 dari 3 halaman

Persiapkan SDM

Menteri PUPR Basuki menyampaikan rusun asrama mahasiswa Poltekkes Yogyakarta merupakan salah satu bangunan asrama yang telah diselesaikan oleh Kementerian PUPR dengan biaya sebesar Rp22 miliar.

“Selain di Yogyakarta, saat ini KemenPUPR juga sedang membangun asrama serupa di Medan,” kata Basuki.

Pembangunan asrama rusun merupakan bagian dari komitmen KemenPUPR untuk mendukung Kemenkes dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Terlebih, saat ini Kemenkes sedang membangun beberapa rumah sakit besar seperti di Makassar, Kupang, dan Surabaya. Rumah sakit-rumah sakit itu akan dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan modern sesuai perkembangan teknologi. Maka keberadaan SDM Kesehatan yang terampil dan berkompeten sangat penting dalam menjalankan infrastruktur kesehatan yang ada di fasyankes.

“Karena beliau ini (Menkes) punya program memperbaiki rumah sakit dan puskesmas berarti butuh tenaga kesehatan yang lebih banyak, sehingga butuh poltekkes yang lebih aktif, jadi bisa merekrut mahasiswa yang lebih baik,” kata Basuki. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.