Sukses

3 Manfaat Tersembunyi Almond untuk Kesehatan, Salah Satunya Bikin Kulit Cantik

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa almond dapat bermanfaat bagi usus , meningkatkan kesehatan kulit, dan bahkan mendukung kebugaran.

Liputan6.com, Jakarta - Almond kerap disebut sebagai salah satu jenis kacang yang bermanfaat bagi kesehatan. Studi baru menunjukkan, almond memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada yang diperkirakan.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa almond dapat bermanfaat bagi usus , meningkatkan kesehatan kulit, dan bahkan mendukung kebugaran.

Almond Menyehatkan Usus

Serat dalam almond diketahui mendukung pencernaan yang sehat. Seperempat cangkir porsi kacang utuh mengandung 4,5 gram serat, atau 18% dari asupan serat harian yang direkomendasikan untuk pria dan 12% untuk wanita. Mendapatkan banyak serat tidak hanya memperlancar transit usus tetapi juga memberi makan bakteri baik yang membentuk mikrobioma usus yang sehat.

Sebuah studi pada bulan Desember 2022 di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa serat bukanlah satu-satunya faktor yang membuat almond baik untuk usus Anda. Studi tersebut menyelidiki bagaimana mikroba usus memecah kacang almond untuk menghasilkan zat yang disebut butirat.

Jadi… apa itu butirat dan apa hubungannya dengan perut Anda?

“Butirat adalah asam lemak rantai pendek (SFCA) dan diproduksi oleh bakteri usus setelah mereka memfermentasi serat,” jelas ahli diet kesehatan usus Amanda Sauceda, MS, RDN mengenai manfaat almond.

“Butirat adalah sumber bahan bakar yang disukai oleh sel-sel usus besar, dan juga berperan dalam menjaga lapisan usus.”

Butirat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menurunkan peradangan, memperkuat penghalang usus, dan bahkan meringankan beberapa kondisi pencernaan.

“Ada juga penelitian yang mengamati butirat berperan dalam nafsu makan dan rasa kenyang,” kata Sauceda.

Studi tersebut juga menemukan bahwa makan almond secara signifikan meningkatkan pembuangan tinja. Indikator penting kesehatan usus ini kemungkinan besar berasal dari kandungan serat almond yang tinggi.

“Menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan adalah cara yang bagus untuk membantu meringankan sembelit,” kata Sauceda.

Dan, karena peserta melaporkan tidak ada gejala usus yang merugikan karena makan lebih banyak kacang almond, Sauceda mengatakan ada alasan bagus untuk mengonsumsinya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Almond Membantu Pemulihan Otot

Almond bisa menjadi camilan sebelum atau sesudah latihan karena kombinasi karbohidrat kompleks dan proteinnya. Tapi pahamilah ini: menurut sebuah penelitian pada Januari 2023 di Frontiers in Nutrition, kacang almond menawarkan lebih banyak semangat untuk berolahraga daripada yang Anda kira. Dalam penelitian ini, kacang-kacangan membantu mengurangi kelelahan dan ketegangan selama pemulihan otot, meningkatkan kekuatan kaki dan punggung bawah, serta mengurangi kerusakan otot pasca-latihan.

Alasan efek mengesankan ini terletak pada matriks nutrisi unik almond, kata ahli diet Kristen White, RDN, LD, CLT.

“Almond mengandung beberapa nutrisi penting yang membantu pemulihan otot pasca-latihan, termasuk protein, antioksidan, dan magnesium,” katanya.

“Protein menyediakan asam amino esensial yang secara khusus membantu pemulihan otot. Antioksidan, seperti vitamin E, polifenol fitokimia, dan flavonoid membantu memerangi stres oksidatif.”

Karena olahraga memicu stres oksidatif, mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti almond dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang diakibatkannya.

Tambahkan almond ke daftar must-have hari pemulihan Anda (dan masukkan ke dalam tas olahraga Anda untuk camilan ringan sebelum atau sesudah berkeringat).

 

 

3 dari 3 halaman

Almond Baik untuk Kesehatan Kulit

Saat memikirkan perawatan kulit, pikiran Anda mungkin pertama kali tertuju pada krim topikal atau pembersih yang diresepkan. Namun makanan tertentu—seperti kacang almond—dapat menawarkan alternatif yang lezat dan berbiaya lebih rendah.

Sebuah studi pada bulan Februari 2021 di Nutrients menunjukkan bahwa mengonsumsi almond dosis tinggi (kita berbicara tentang 56 almond utuh per hari) mengurangi keparahan kerutan dan mengurangi warna kulit yang tidak merata akibat pigmentasi. Wanita pascamenopause yang mengonsumsi 20% kalori hariannya dari kacang almond mengalami penurunan keparahan kerutan sebesar 16% setelah 24 minggu. Memang benar, makan almond itu banyak, tapi ini merupakan indikator yang menjanjikan tentang kekuatan almond untuk anti-penuaan.

Studi lain pada September 2021 mengamati kemampuan almond dalam membantu kulit melawan sinar UVB yang berbahaya. Wanita Asia sehat yang makan 1,5 ons (sekitar 1/2 cangkir) almond setiap hari selama 12 minggu memiliki perlindungan lebih baik dari kerusakan akibat sinar UV matahari dibandingkan kelompok yang makan pretzel dalam jumlah yang sama. Itu tampak seperti pertukaran camilan sederhana.

Sama seperti manfaat almond untuk kebugaran, pengaruhnya terhadap kulit mungkin berkaitan dengan kekayaan antioksidannya.

“Stres oksidatif dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan sel kulit. Vitamin E [dalam almond] membantu menetralisir radikal bebas dan mendukung perbaikan dan peremajaan kulit,” kata White.

Sementara itu, almond juga mengandung zinc dan selenium, mikronutrien penting untuk kesehatan kulit. “Seng mendukung produksi kolagen dan penyembuhan luka serta membantu produksi minyak secara teratur, sementara selenium terlibat dalam pertahanan antioksidan,” kata White.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini