Sukses

5 Tips Jitu agar Resolusi 2024 Sukses Dijalankan, Catat Ya

Menjelang tahun baru, lumrah untuk mempersiapkan diri dengan membuat resolusi. Yuk ikuti agar tercapai!

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang tahun baru, sebagian dari kita sibuk membuat resolusi. Apa Anda termasuk? Resolusi adalah hal-hal yang ingin dicapai di tahun depan, supaya berhasil jangan lupa sertakan cara untuk mewujudkannya.

Tentu saja dalam mewujudkan resolusi diperlukan konsisten dan komitmen dalam mencapainya. Namun terkadang ada saja cobaan yang membuat seseorang gagal dalam mencapai resolusi.

Oleh karena itu, cobalah lebih realistis dalam membuat resolusi, sehingga dapat dengan mudah mencapainya.

“Perubahan itu sulit. Kita perlu realistis agar cenderung terbiasa,” jelas profesor di departemen ilmu nutrisi dan olahraga di Universitas Bastyr, June Kloubec, Ph.D.

Selain realistis, Kloubec juga membeberkan sejumlah tips jitu agar resolusi 2024 sukses dan dapat tercapai. Berikut informasinya silansir dari laman Self pada Sabtu, 30 Desember 2023.

1. Buatlah Resolusi dalam Skala Kecil

Kunci sukses yang pertama adalah memusatkan perhatian pada satu tujuan, bukan tiga atau lebih. Kemudian lakukan dan ukur sejauh mana telah dilaksanakan.

“Tinjau tingkat komitmen yang diperlukan untuk mencapainya dan pertimbangkan apakah kita mampu menyamainya,” tutur psikolog, Larry Kubiak, Ph.D.

Mempersempit resolusi bertujuan agar seseorang lebih fokus dalam mencapainya. Fokus menjadi sangat penting, agar sesuatu yang impikan lebih terarah dan maksimal.

Selain itu fokus bertujuan agar seseorang benar-benar konsentrasi dan tidak memikirkan hal lain yang justru akan memecah belah pikiran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Catat Resolusi Tersebut

Menurut psikolog, Elizabeth Ward, Ph.D, orang yang menuliskan resolusi ke dalam buku harian akan lebih besar dan memiliki peluang tinggi untuk mencapainya.

“Agar selalu diliat, tempelkan resolusi dan tujuan itu di kulkas, kaca, atau buku harian,” saran Ward.

Ketika mencatat, seseorang secara tidak langsung mendapatkan suasana hati yang positif. Hal tersebut  membantu menjaga keseimbangan emosional, sehingga semangat dalam mencapai tujuan tersebut.

3 dari 4 halaman

3. Unggah ke Media Sosial

Kemungkinan besar seseorang akan mencapai resolusi jika mengumumkannya kepada publik.

“Berbagi tujuan membuat kita bertanggung jawab, jadi lebih sulit untuk mundur,” menurut psikolog, John Norcross, Ph.D.

Selain itu, media sosial juga bisa menjadi tempat berinteraksi banyak orang. Pastikan kita memilah komentar positif yang bisa membangun komitmen dalam mencapai tujuan tersebut.

4. Lakukan dengan Cara yang Efektif

Setelah menetapkan tujuan, buat langkah-langkah kecil dengan cara yang efektif untuk mewujudkannya. Misalnya kita punya tujuan untuk memiliki rumah baru, maka langkah kecil yang dibuat adalah menyiapkan dana dan mencari lokasi.

Langkah-langkah kecil ini juga bisa dibagi lagi agar mudah dicapai. Misalnya, untuk menyiapkan dana maka yang perlu dilakukan adalah menabung setiap bulan atau menambah penghasilan.

“Pastikan kita harus menemukan cara untuk mewujudkan tujuan tersebut,” tegas ahli psikiatri, Emanuel Maidenberg, Ph.D

4 dari 4 halaman

5. Tetapkan Tenggat Waktu

Tetapkan tenggat waktu agar kita fokus dan mimpi lebih terukur. Jadikan tenggat waktu ini sebagai penyemangat untuk bisa mencapai mimpi-mimpi.

“Misal setelah satu bulan, cobalah untuk mengevaluasi kembali tujuan tersebut,” saran Ward.

Selain itu, menerapkan tengat waktu juga berguna agar kita bisa menyelesaikan tujuan lebih cepat. Sehingga, kita akan beranjak untuk mencapai resolusi lainnya.

Tentunya kemampuan dalam menetapkan tengat waktu akan sangat membantu menciptakan keseimbangan kehidupan pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini