Sukses

Ternyata Bisa Ganggu Tumbuh Kembang, 200 Bidan Dibekali Pentingnya Kesehatan Kulit Bayi

200 Bidan Dibekali Pentingnya Kesehatan Kulit Bayi

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 200 bidan di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi diberi edukasi mengenai kesehatan kulit bayi. Hal ini lantaran bidan memiliki peran penting, sekaligus menjadi garda terdepan bagi ibu hamil, baik dari masa kehamilan hingga melahirkan.

Kegiatan yang digelar di Hotel Trembesi, Tangerang Selatan pada Kamis, 14 Desember 2023, merupakan kolaborasi antara Merries Good Skin yang dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Menurut Ketua Umum IBI Pusat, Dr Ade Jubaedah SSi TMM MKM, kesehatan kulit juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi. Melalui kegiatan ini, diharapkan para bidan dapat memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada para ibu dengan lebih baik.

"Sehingga bayi-bayi di Indonesia khususnya di wilayah Jabodetabek dapat terhindar dari permasalahan kulit yang dapat mengganggu tumbuh kembang," katanya.

Oleh sebab itu, IBI Pusat menyambut baik kolaborasi dalam kegiatan ini sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan refreshment bagi para bidan dalam memberikan informasi, terutama mengenai pentingnya kesehatan kulit bayi.

Dalam kegiatan itu, sebagaimana disampaikan Dr dr Tubagus Rachmat Sentika Hasan SpA MARS, 200 bidan dibekali dengan berbagai pengetahuan terkait ara mencegah alergi pada kulit bayi, serta pentingnya kesehatan kulit bayi.

"Untuk selanjutnya dapat secara mandiri mengedukasi para ibu hamil dan ibu dengan bayi pada lokasi praktik masing-masing," kata Tubagus dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 19 Agustus 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bicara Kesehatan Anak Juga Menyangkut Kesehatan Kulitnya

Lebih lanjut dijelaskan Tubagus, bicara mengenai kesehatan anak, juga termasuk memerhatikan kesehatan kulitnya. Terlebih ketika berbicara mengenai kelainan kulit pada bayi dan hubungannya dengan alergi.

"Terkait kelainan kulit perlu dicermati ada yang berkaitan dengan alergi, ada yang berkaitan dengan kontak berbagai barang, alat, obat oles serta jenis makanan yang harus dicermati oleh para orang tua dan para Bidan," katanya.

Sebab, lanjut Tubagus, kesehatan kulit sangat penting bagi tumbuh kembang bayi, dimana kulit bayi atau balita sangat rentan dengan iritasi dan alergi yang dapat menghambat tumbuh kembangnya.

Selain itu, kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia sehingga sangat perlu dijaga. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untukmenjaga kesehatan kulit bayi yang dapat dilakukan orang tua terutama ibu, selain menjaga kebersihan kulit, yaitu dengan memilih popok bayi yang tepat.

"Popok bayi yang tepat tentunya dapat menghindarkan buah hati dari ruam, iritasi dan alergi yang sering kali muncul karena penggunaan popok bayi," ujarnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Mengenai Edukasi Bidan tentang Kesehatan Kulit Bayi

Mengenai kegiatan ini, Vice President Marketing Kao Indonesia, Susilowati, mengatakan,"Merries Good Skin secara berkelanjutan telah mengedukasi para Ibu dan Bidan di Indonesia khususnya di Jabodetabek sejak tahun 2016. Kami menyadari bidan dapat menjadi perpanjangan tangan dalam mengedukasi para Ibu hamil terkait dengan pentingnya kesehatan kulit bayi yang sangatberpengaruh dalam tumbuh kembang."

"Kegiatan ini tentunya menjadi wujud nyata komitmen kami untuk hadirkan senyuman di setiap momen tumbuh kembang bayi Indonesia," ujarnya.

Tahun ini, kata Susilowati, edukasi dilakukan dengan berkolaborasi bersama IBI. Kolaborasi ini menjadi upaya pihaknya dalam meningkatkan kolaborasi bersama dengan Bidan di wilayah Jabodetabek dan untuk menghadirkan kegiatan edukasi yang lebih baik dan menarik serta dengan harapan dapat menjangkau lebih banyak bidan dan ibu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini