Sukses

8 Hobi yang Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang, Suka Membaca Artinya Apa?

Berikut ini jenis-jenis hobi yang bisa mengungkapkan kepribadian seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Hobi, minat, dan hasrat dapat membantu menemukan siapa kita sebenarnya dan membantu membangun kepribadian, pola pikir, serta identitas diri. Tidak heran apa yang kita lakukan untuk bersenang-senang di waktu senggang juga dapat mengungkapkan banyak hal tentang diri kita sendiri.

Berikut ini jenis-jenis hobi yang bisa mengungkapkan kepribadian seseorang seperti dikutip dari The Minds Journal pada Sabtu, (16/12/2023).

1. Fotografi

Jika seseorang suka memotret orang, alam, satwa liar atau hanya momen sehari-hari, maka ia memiliki keterampilan observasi dan estetika yang sangat baik. Mereka cenderung fokus pada detail dan mempertimbangkan bahkan aspek terkecil dari suatu situasi ketika membuat keputusan penting.

Seseorang dengan hobi fotografi memiliki kepribadian yang dinamis dan bersemangat, namun juga bijaksana, sensitif, kreatif, perhatian dan tenang. Mereka emosional dan memahami kedalaman dan nilai emosi yang berbeda.

Orang-orang ini memiliki pandangan unik tentang berbagai hal, sangat kreatif dan artistik dan cenderung lebih menyukai warna, alam, dan momen bahagia. Seseorang dengan hobi ini memiliki kemampuan untuk membujuk dan mempengaruhi orang lain dan merupakan pemimpin alami.

2. Berkebun

Meskipun berkebun biasanya dikaitkan dengan orang tua, banyak orang menikmati berkebun sebagai hobi tanpa memandang usia mereka. Jadi, jika seseorang suka berkebun maka mereka adalah orang yang sangat baik, sangat cerdas dan murah hati, karena mereka tidak pernah menghindar dari berbagi karunia alam dengan orang lain.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang menikmati berkebun cenderung memiliki kesehatan mental dan fisik yang sangat baik dan lebih mampu mengatasi stres, kecemasan, dan depresi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Olahraga

Jika seseorang gemar berolahraga, maka itu berarti mereka memiliki banyak energi fisik dan mental yang dilepaskan melalui aktivitas fisik yang melelahkan. Apakah seseorang bermain sepak bola atau bahkan seni bela diri, atlet cenderung memiliki kepribadian yang agresif dan dinamis.

Mereka terus-menerus mencari aksi, kegembiraan, dan pengalaman baru. Mereka adalah orang yang giat dan cenderung sangat percaya diri dan tegas. Orang yang suka olahraga memiliki kepribadian yang kuat yang dapat dengan mudah menginspirasi dan memengaruhi orang lain. Mereka lebih cenderung menetapkan tujuan yang realistis dan bekerja keras untuk mencapainya.

4. Memasak

Jika seseorang suka memasak, maka mereka adalah orang yang kreatif, inovatif dan pemecah masalah yang sangat baik. Mereka tahu cara memanfaatkan waktu dan bahan yang tersedia dan mendapatkan hasil terbaik.

Seseorang dapat membuat keputusan dengan cepat, memecahkan masalah terlepas dari situasinya, dan dapat menggunakan bahan-bahan paling sederhana untuk menciptakan hasil yang kompleks.

Seseorang perlu tahu bahwa memasak menunjukan kepribadian orang yang menyenangkan. Studi menunjukkan bahwa orang yang memasak cenderung memiliki harga diri yang kuat, motivasi, keterampilan sosialisasi, suasana hati dan emosi positif, kesehatan psikososial dan kualitas hidup yang lebih baik.

 

3 dari 4 halaman

5. Membaca

Pembaca diyakini memiliki rasa haus yang kuat akan pengetahuan dan cenderung baik dengan penelitian dan pemikiran analitis. Penelitian menunjukkan bahwa pembaca juga sangat berempati karena membaca buku memungkinkan seseorang untuk memahami orang lain dan melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

Secara psikologis, pembaca cenderung memiliki kepribadian introvert dan tidak terlalu menyukai interaksi sosial. Mereka lebih suka menikmati kesendirian dan membaca buku yang bagus di lingkungan yang tenang dan damai.

Pembaca juga diyakini memiliki IQ yang lebih tinggi dan biasanya lebih pintar dari rata-rata. Studi menunjukkan bahwa kebanyakan orang lebih suka membaca untuk mengelola suasana hati mereka, baik negatif maupun positif.

 

4 dari 4 halaman

6. Menulis

Jika seseorang gemar menulis, baik itu menulis cerita, blog, puisi atau hanya secara acak menuliskan pemikiran di atas kertas, maka itu berarti mereka kreatif, termotivasi, berkomitmen dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

Menulis adalah salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan diri. Ketika bertanya-tanya apa yang dikatakan hobi tentang diri sebagai penulis, maka mereka harus tahu bahwa penulis biasanya introvert.

8. Traveling

Seseorang yang suka berpergian berarti mereka ulet, mandiri, mudah beradaptasi, ingin tahu, berpikiran terbuka dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Mereka juga cenderung ekstrovert.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini