Sukses

Tentang Anak Ajak Orangtua, Siswa PAUD, dan Guru Stimulasi Kecerdasan di Jagakarsa

Kegiatan edukasi bertajuk Stimulasi Tepat Cerdaskan Si Kecil ini menjadi momen edukatif antara anak-anak, orangtua, guru PAUD, serta tim Puskesmas Jagakarsa.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi tumbuh kembang Tentang Anak berkolaborasi dengan Puskesmas Jagakarsa memberi edukasi mengenai stimulasi kecerdasan anak. Kegiatan ini menandai tiga tahun perjalanan Tentang Anak sebagai ekosistem dan aplikasi tumbuh kembang anak yang berkomitmen mencerdaskan keluarga dan anak di seluruh pelosok Indonesia.

Diketahui, rata-rata IQ di Indonesia hanya mencapai 78,49 berdasarkan data World Population Review tahun 2022. Bahkan Indonesia menempati ranking IQ terendah di negara-negara ASEAN.

Kenyataan terkait tingkat kecerdasan intelektual ini membuat Indonesia dinilai sulit berkembang dan bersaing dengan negara-negara maju di sekitarnya. Karenanya, mengenali stimulasi kecerdasan pada anak-anak sejak dini, sangat penting untuk mendukung kualitas tumbuh kembang generasi Indonesia masa depan.

Kegiatan edukasi bertajuk Stimulasi Tepat Cerdaskan Si Kecil ini menjadi momen edukatif antara anak-anak, orangtua, guru PAUD, serta tim Puskesmas Jagakarsa.

Praktisi Anak Usia Dini dan ahli di Tentang Anak Gianti Amanda, M.Psi.T., Montessori, Dipl mengatakan, tidak perlu mainan canggih untuk menstimulasi kecerdasan anak.

"Tidak perlu mainan canggih dan mahal untuk menstimulasi kecerdasan anak. Kita bisa gunakan bahan dan alat di sekitar kita, atau bahkan tanpa alat sekalipun,” tutur Gianti melalui keterangannya.

Kehadiran dan dukungan utuh dari orangtua, guru, serta orang sekitar dalam mendukung tumbuh kembang, kata Gianti, akan lebih bermakna dalam meningkatkan kecerdasan anak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti Puluhan Orangtua dan Guru PAUD

Sebanyak 62 orangtua dan guru PAUD ikut serta dalam kegiatan yang berlangsung pada 30 November 2023. Anak-anak yang berasal dari 30 PAUD di Jakagarsa pun terlihat asik mengikuti berbagai kegiatan menarik dan kreatif seperti membaca nyaring, menari, dan mewarnai bersama tim volunteer Tentang Anak.

Ketua HIMPAUDI Kecamatan Jagakarsa Titin Yeni menyampaikan terima kasih atas upaya Tentang Anak melibatkan orangtua, anak-anak serta PAUD di Jagakarsa dalam upaya meningkatkan kecerdasan anak Indonesia.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa diimplementasikan di rumah dalam mendidik anak-anak kita," ujar Titin.

Sesi edukasi Stimulasi Tepat Cerdaskan Si Kecil diakhiri dengan pembagian 50 Buku Anak dan Tentang Anak pada anak-anak serta guru PAUD yang berpartisipasi.

"Semoga buku Tentang Anak membawa kebahagiaan dan bisa mendampingi masa kecil anak-anak di Jagakarsa dan seluruh anak di Indonesia," ujar Founder Tentang Anak yang juga spesialis anak dr Mesty Ariotedjo, Sp.A, MPH.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini