Sukses

Terapi Alam, Cara Murah dan Efektif Tingkatkan Kesehatan Mental

Terapi alam, yang juga disebut ekoterapi, didasarkan pada konsep menggunakan alam untuk membantu kita pulih, terutama secara psikologis.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah waktunya untuk membawa alam ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita semua pasti tahu bahwa melihat burung di taman tampaknya memiliki efek menenangkan dan membuat kita merasa baik.

Terapi alam, yang juga disebut ekoterapi, didasarkan pada konsep menggunakan alam untuk membantu kita pulih, terutama secara psikologis.

Alih-alih menghabiskan waktu menikmati dan mengambil manfaat dari lingkungan alam, kita cenderung menghabiskan banyak waktu di layar dan online.

Berikut ini berbagai pendekatan terapi alam seperti dikutip dari Verywell Mind pada Rabu, (13/12/2023).

  1. Terapi terkait pertanian, yang dapat melibatkan bekerja dengan tanaman, aktivitas ini seringkali dilakukan oleh masyarakat.
  2. Terapi yang dibantu hewan, yang mungkin terdiri dari bermain atau melatih kuda atau anjing.
  3. Terapi petualangan, seperti arung jeram atau panjat tebing.
  4. Terapi hutan belantara, yang sering membantu kelompok remaja dan dewasa muda dengan masalah perilaku.
  5. Terapi hutan, adalah praktik sadar di mana seseorang menggunakan panca indera saat berjalan melalui hutan.

Manfaat Berada di Alam

Penelitian terbaru dalam psikologi memajukan pengetahuan kita tentang bagaimana menghabiskan waktu di alam adalah cara yang murah dan sangat efektif untuk meningkatkan berbagai aspek kesehatan mental kita. Berada di alam juga memiliki manfaat:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Kebahagiaan

Dalam studi yang diterbitkan dalam Science Advances, Gregory Bratman, PhD, asisten profesor di University of Washington dan rekan-rekannya menemukan bukti bahwa kontak dengan alam dikaitkan dengan banyak manfaat termasuk peningkatan kebahagiaan, rasa kesejahteraan, interaksi sosial yang positif, dan perasaan bermakna dalam hidup.

Penurunan Kecemasan, Stres dan Depresi

Studi lain memeriksa 14 studi yang sudah diterbitkan yang melibatkan orang dewasa usia kuliah. Lingkungan yang kaya alam dengan tegas membantu mengurangi tekanan mental.

Ini menunjukkan bahwa dengan menghabiskan minimal 10 menit, baik duduk atau berjalan di berbagai pengaturan alam, ada dampak yang signifikan dan menguntungkan pada kesehatan mental peserta. Para ilmuwan menggunakan penanda psikologis dan fisiologis utama untuk mengukur ini.

 

3 dari 4 halaman

Peningkatan Manfaat Kognitif

Studi terbaru lainnya menunjukkan bahwa paparan kita terhadap lingkungan alam baik untuk otak kita. Ini meningkatkan kinerja pada memori kerja kita, fleksibilitas kognitif, dan tugas kontrol perhatian.

Membawa Suasana Alam ke Dalam Ruangan

Beberapa orang mungkin tidak bisa pergi ke alam dikarenakan beberapa alasan, seperti pekerjaan, sosial dan ekonomi. Selain itu, selama cuaca buruk dan bulan-bulan musim hujan yang dapat mengganggu proses menikmati alam.

Bagaimana kita membawa manfaat alam ke dalam ketika kita terbatas pada rumah dan tempat kerja kita? Berikut beberapa cara mudahnya:

Tambahkan Tanaman

Tanaman tidak hanya menghilangkan racun dari udara, tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktu di sekitar tanaman memiliki lebih banyak perhatian, empati, dan kasih sayang terhadap orang lain serta meningkatkan hubungan.

 

4 dari 4 halaman

Hiasi Dengan Lukisan atau Foto-foto Alam

Pilih pemandangan cantik, taman yang rimbun, atau pemandangan alam. Dalam studi lain tentang manfaat kesehatan dari alam, para peneliti menemukan bahwa melihat pemandangan hijau yang indah mengakibatkan para peserta memiliki tingkat stres yang lebih rendah.

Unduh Suara Alam yang Menenangkan

Jangan meremehkan kekuatan mendengarkan air terjun atau suara hujan. Hasilnya bukan hanya relaksasi yang ditingkatkan dan rasa santai. Hasil juga termasuk pemulihan perhatian dan kinerja kognitif yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.