Sukses

Jelang Libur Nataru, Masyarakat Diimbau Lengkapi Vaksinasi untuk Cegah Kenaikan Kasus COVID-19

Kementerian Kesehatan menerbitkan surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), mobilitas masyarakat semakin tinggi. Seiring hal itu, perkembangan COVID-19 pun turut meningkat di sejumlah negara, khususnya di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina dan Indonesia.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan menerbitkan surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Dalam surat edaran itu disebutkan, pelaku perjalanan luar negeri memiliki risiko tertular COVID-19 akibat interasi dengan orang lain dair berbagai negara, seperti disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. Oleh karenanya, setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke tanah air.

”Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan,” ujar dr. Nadia di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Nadia mengingatkan perlu ada upaya agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi COVID-19.

”Kepala Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk memastikan semua puskesmas dan fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19,” ucapnya.

Pemerintah daerah juga diminta untuk menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya. Pemerintah daerah juga memastikan masyarakat mendapatkan informasi dengan baik mengenai lokasi mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Langkah Cegah Penyebaran COVID-19

Sebagai langkah pencegahan, berikut sejumlah antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat, yakni:

1. Masyarakat yang batuk flu segera lakukan tes COVID-19. Jika hasilnya positif lakukan isolasi mandiri dan akses telemedisin setelah mendapatkan notifikasi dari Kemenkes.

2. Gunakan masker saat sakit flu atau saat berada di kerumunan atau tempat umum yang berisiko.

3. Lakukan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

4. Lengkapi vaksinasi sampai booster kedua.

5. Tunda bepergian ke daerah yang melaporkan lonjakan kasus COVID-19.

3 dari 3 halaman

Peningkatan Kasus COVID-19 di Indonesia Sepekan Terakhir

Berdasarkan laman Infeksi Emerging Kemenkes RI di Jakarta, kasus COVID-19 terkonfirmasi per 12 Desember 2023 mencapai 6.815.576 kasus atau bertambah sekitar 298 pasien dalam sepekan terakhir, dilansir Antara.

Kemenkes juga melaporkan sebanyak 6/647.428 pasien telah dinyatakan sembuh. Sedangkan kasus kematian dilaporkan mencapai 161.926 kasus atau setara 2,4 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini