Sukses

Kemenkes Bakal Buka Layanan Vaksinasi COVID-19 di Jalur Mudik Natal dan Tahun Baru

Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan RI bakal membuka layanan vaksinasi COVID-19 di sejumlah posko mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan RI bakal membuka layanan vaksinasi COVID-19 di sejumlah posko mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Hal ini seperti disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Dari Kemenkes RI membuka vaksinasi, bagi mereka yang belum vaksin dan booster," kata Muhadjir usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin (11/12/2023) mengutip Antara.

Menurut informasi yang Muhadjir terima, Kemenkes RI menyiapkan lebih dari 143 posko mudik yang tersebar di sepanjang lintasan mudik Natal dan Tahun Baru 2024. Dengan adanya layanan vaksinasi COVID-19 tersebut di sejumlah posko mudik, maka diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk divaksinasi.

Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu upaya dalam mencegah keparahan bila terinfeksi virus SARS-CoV-2. Meski sudah endemi, Muhadjir mengatakan bahwa virus tersebut masih ada di sekitar kita.

"Bahwa COVID-19 masih ada, yang memang ada ini kan endemi dan memang COVID-19 tidak akan hilang sama sekali," katanya.

Stok Vaksin COVID-19 Masih Ada 4,1 Juta Dosis

Di kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan pemerintah masih menyimpan persediaan 4,1 juta dosis vaksin COVID-19.

Jumlah tersebut bisa dipakai memenuhi kebutuhan pemudik Natal dan Tahun Baru 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemudik Nataru Waspadai Potensi Penularan COVID-19

Muhadjir mengimbau pemudik untuk mewaspadai potensi penularan COVID-19 yang kini sedang mengalami tren peningkatan di Tanah Air.

"Yang penting para pemudik ini selama Natal dan tahun baru waspadai adanya COVID-19," kata Muhadjir. 

Ia juga meminta agar masyarakat kembali menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. 

"Lebih bagus patuh protokol kesehatan, tapi tidak usah terlalu khawatir, nyaman-nyaman saja liburnya, ibadahnya juga berjalan seperti biasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan," katanya.

3 dari 3 halaman

Kemenkes Keluarkan Imbauan untuk Pelaku Perjalanan ke Luar Negeri

Pemerintah dalam hal ini Kemenkes juga mengingatkan bagi masyarakat yang hendak berlibur ke luar negeri untuk melengkapi vaksinasi COVID-19. Hal tersebut tertuang dalam surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular COVID-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara. Setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke Tanah Air.

”Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam keterangan tertulis pada Senin (11/12/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.