Sukses

5 Makanan yang Ampuh Bikin Kulit Jadi Sehat dan Glowing

Berikut lima makanan padat nutrisi yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia yang bertindak sebagai pembatas antara tubuh dan lingkungan sekitarnya, sehingga sangat penting untuk menyediakan beragam nutrisi melalui makanan.

Makanan yang dimakan dan gaya hidup yang dijalani akan terlihat pada kulit, kata Dawn Jackson Blatner, ahli diet terdaftar dan penulis The Flexitarian Diet

Pola makan yang baik dapat berperan besar dalam kesehatan kulit. Dan, ada beberapa makanan yang kaya nutrisi tertentu dan dapat membuat kulit bersinar dan bercahaya. 

Berikut lima makanan padat nutrisi yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan kulit menurut penelitian seperti dikutip dari Shape pada Senin, (27/11/2023).

1. Mentimun

Kunci kulit bercahaya adalah hidrasi. Asupan air sangat penting, karena kulit merupakan cerminan langsung dari tingkat kelembapan tubuh. Makanan kaya air, atau makanan yang memiliki kandungan air tinggi, adalah cara terbaik untuk 'konsumsi air'. Mentimun adalah contoh yang bagus, karena 95 persennya mengandung air.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa minum lebih banyak air (penelitian menyarankan 2 liter air per hari) dapat memperbaiki fisiologi kulit

Pilihan kaya air lainnya: semangka, selada, dan melon.

2. Oyster

Oyster adalah sumber zat besi dan mineral lainnya yang sangat baik dibutuhkan dalam jumlah kecil di dalam tubuh. Mineral kecil namun kuat ini adalah kunci untuk meningkatkan kekebalan dan melawan peradangan.

Zat besi diperlukan untuk menjaga pertahanan terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Dari semua makanan, oyster mengandung zat besi paling banyak per porsinya.

Pilihan kaya mineral yang baik untuk kulit glowing lainnya: kacang-kacangan, biji-bijian, dan buncis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Alpukat

Lipid (kata lain dari lemak) merupakan bagian penting pada kulit yang berperan dalam menjaga fungsi penghalang dan struktur membran, mendorong perbaikan, dan mencegah penuaan. 

Salah satu makanan sehat mengandung lemak yang sangat baik untuk kesehatan kulit adalah alpukat.

“Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal bersama dengan vitamin A dan C, yang penting untuk menjaga kekuatan jaringan dan mencegah kekeringan kulit,” kata Bonnie Taub-Dix, R.D., pencipta BetterThanDieting.com.

Sebuah penelitian kecil mengamati 39 wanita yang secara acak ditugaskan untuk makan satu buah alpukat setiap hari atau melanjutkan pola makan normal mereka. 

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi alpukat setiap hari dapat meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit wajah.

Pilihan lain yang mengandung lemak sehat: kacang-kacangan dan biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan berlemak.

 

3 dari 4 halaman

4. Ikan Salmon

Asam lemak, seperti omega-3, juga dapat mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan anti penuaan. Salmon adalah makanan yang bagus untuk membuat kulit bercahaya, karena mengandung asam lemak omega-3 yang meningkatkan kulit, serta protein.

“Ikan dan makanan yang kaya asam lemak omega-3 membantu menjaga kolagen dan menjaga kekencangan kulit,” kata Taub-Dix.

“Omega-3 ini tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga menyehatkan jantung.”

Pilihan kaya omega-3 lainnya: kenari, biji chia, dan biji rami.

 

4 dari 4 halaman

5. Stroberi

Buah beri, seperti blueberry dan stroberi, merupakan makanan kaya antioksidan yang sangat baik. Antioksidan melakukan persis seperti namanya: melawan oksidasi. 

Secara sederhana, oksidasi menyebabkan penuaan kulit. Banyak kosmetik mengandung antioksidan seperti vitamin E dan vitamin C yang dapat dioleskan secara topikal pada kulit, namun makanan juga dapat bekerja dengan cara yang sama dari dalam tubuh. 

“Vitamin C membantu meningkatkan pembentukan kolagen dan mengurangi efek radikal bebas, membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda,” kata Taub-Dix, R.D. “Stroberi dengan nikmat menyediakan vitamin C sekaligus memasok serat, nutrisi yang kebanyakan dari kita tidak dapatkan. cukup."

Pilihan kaya antioksidan lainnya: raspberry, kubis, dan tomat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.