Sukses

Eksplor Kreativitas Jadi Lebih Mudah dan Personal dengan Fitur Baru AI di Aplikasi Edit Video

Berbicara mengenai kreativitas, aplikasi mengedit video ini memperkenalkan fitur terbaru menggunakan AI yang akan mempermudah pengguna mewujudkan kreativitas.

Liputan6.com, Jakarta - Mengekplorasi kreativitas tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan, melainkan juga memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Mengutip Forbes, memanfaatkan energi kreatif sebenarnya bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini mungkin terdengar terlalu indah untuk jadi kenyataan, tapi dengan melakukan perilaku kreatif bisa meningkatkan fungsi otak, kesehatan mental dan fisik.

Teori kognisi mengungkap bahwa menjadi kreatif sebenarnya merupakan landasan kehidupan manusia. Pada dasarnya, menjadi kreatif itu penting.

Ketika benar-benar fokus atau asyik dengan sesuatu, seolah kesadaran diri akan waktu menghilang. Kondisi ini disebut "flow" atau larut dalam situasi dan keadaan. Kondisi semacam ini mengurangi kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan bahkan memperlambat detak jantung.

Bukan hanya berada dalam "flow" yang membantu seseorang bahagia. Gerakan kreatif berulang seperti merajut, menggambar, menulis, atau membuat dan mengedit video pun membantu mengaktifkan "flow". Semuanya merupakan perilaku yang menciptakan hasil. Ketika berhasil menciptakan suatu hasil, apa pun itu, otak akan dibanjiri dopamin, zat yang membuat seseorang merasa nyaman dan termotivasi.

Disadari atau tidak, hal tersebut akan meningkatkan kebahagiaan sehingga menyehatkan mental.

Berbicara mengenai kreativitas, aplikasi mengedit video CapCut memperkenalkan fitur terbaru pada acara Indonesia Comic Con x DG Con 2023 pada 4-5 November 2023 di JCC, Senayan, Jakarta. Fitur terbaru CapCut menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur AI Aplikasi CapCut

Content and partnership Operation CapCut Indonesia Jansen Widjaja menjelaskan, jika fitur AI CapCut hanya dibatasi oleh kreativitas penggunanya saja.

“Berbeda dengan fitur AI lainnya, fitur AI CapCut dapat menghasilkan gambar yang lebih personal karena gambar yang dihasilkan bukan hanya berdasarkan foto yang diunggah pengguna, tetapi juga dari deskripsi yang dimasukkan. Hasil yang didapat antar pengguna akan berbeda satu dengan lainnya dan kita juga bisa menjadi karakter apa saja sesuai dengan deskripsi yang kita berikan kepada AI,” papar Jansen melalui keterangannya. 

 

3 dari 3 halaman

Permudah Pengguna

Bagi pengguna yang menginginkan kemudahan, Jansen juga menambahkan jika fitur AI ini juga bisa ditemukan pada template yang ada di aplikasi CapCut. Pengguna bisa langsung mencari ‘ekspresikan ai kamu’ pada aplikasi CapCut untuk menemukan template dengan fitur AI.

“Bisa langsung dicari saja ekspresikan ai kamu di CapCut maka akan muncul pilihan template dengan fitur AI terbaru CapCut. Tinggal dipakai templatenya dan pengguna sudah bisa mengikuti trend AI yang sedang popular,” ucap Jansen.

Ajang memperkenalkan fitur terbaru CapCut ini juga dihadiri kreator TikTok, @bobocu.id dan @kitsunee._ . Keduanya ikut memeriahkan booth CapCut dengan mencoba template fitur AI model kartun yang menjadi konten mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini