Sukses

Aurel Melahirkan Pakai Metode ERACS, Atta Halilintar: Lahiran Normal atau Caesar, Ibu Tetap Ibu

Atta Halilintar menyebut apapun persalinan yang dilewati sang ibu, entah itu normal atau caesar, ibu tetaplah ibu. Hal itu disampaikan sesudah istrinya, Aurel Hermansyah melahirkan anak kedua.

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari keluarga Atta Halilintar. Sang istri, Aurel Hermansyah melahirkan anak kedua berjenis kelamin perempuan pada 11 November 2023 di RSIA Bunda Jakarta.

Aurel melahirkan anak kedua lewat persalinan caesar dengan metode Enhanced Recovery After Cesarean Section alias ERACS. Baby berinisal A itu lahir dengan berat 3,3 kg dan panjang 48 cm. 

Dalam konferensi pers, Atta Halilintar juga mengatakan bahwa bahwa tak jadi soal persalinan yang dilewati. Entah itu spontan (pervaginam atau orang menyebutnya dengan normal) maupun caesar, seorang ibu tetaplah seorang ibu apapun jenis persalinannya.

"Mau ibu lahiran normal caesar, menurut saya ibu tetap ibu tetap yang sudah mengandung sembilan bulan," tutur Atta bijak.

Meski Anak Kedua, Atta Tetap Deg-Degan Temani Aurel Melahirkan

Aurel Hermansyah melahirkan dibantu dengan dokter kepercayaan mereka yakni Ivan Sini. Meski sudah dua kali lewati persalinan dan dibantu oleh dokter kepercayaan, Atta masih tetap deg-degan.

"Setiap lahiran pasti deg-degan, mau ibu, bapak, bagaimanapun pasti deg-degan luar biasa," kata Atta dalam tayangan di Youtube AH ditulis Selasa (14/11/2023).

Terekam juga momen saat Atta menemani Aurel di samping ranjang sambil melantunkan doa sebelum persalinan dimulai. "Ya Allah, bismillahirrahmanirrahim. Hati-hati dokter," kata Atta Halilintar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Operasi ERACS, Aurel Pulih Lebih Cepat

Aurel mengungkapkan bahwa operasi caesar dengan metoder ERACS bikin dirinya lebih cepat kembali beraktivitas. Dalam hitungan jam sesudah operasi persalinan anak kedua, wanita 25 tahun ini sudah bisa duduk dan jalan.

"Dalam beberapa jam (usai persalinan) aku udah bisa duduk, mobile, jalan," kata ibu dari Ameena itu.

Selain itu, proses pemulihan yang lebih cepat membantu Aurel jadi lebih nyaman saat mulai menyusui baby A.

"Meng-ASI-hi jadi lebih cepet tanpa rasa sakit," kata Aurel.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Persalinan Caesar dengan Metode ERACS?

Metode ERACS adalah sebuah teknik operasi yang biasanya dilakukan pada persalinan caesar namun dengan minim rasa sakit dan pemulihan yang bisa lebih cepat.

"Pasien akan dimotiviasi dan didampingi untuk mobilsasi berjalan segera setelah operasi. Pasien juga akan diberikan obat antinyeri dan antimual agar keluhan tidak mengganggu pascaoperasi," kata dokter spesialis kebidnan dan kandungan Muhammad Ardianto Airlangga mengutip laman RS Bunda.

Operasi caesar dengan metode ERACS dilakukan persiapan pra, intra,dan sesudah operasi. Hal-hal ini yang kemudian diharapkan bisa membantu ibu pulih lebih cepat usai menjalani persalinan.

Misalnya, jenis anestesi yang digunakan dipilih khusus yang mendukung agar proses pemulihan cepat. Dipilih jarum suntik dengan ukuran sangat kecil, dosis seminimal mungkin, dan jika memungkinkan menggunakan anestesi regionla.Pelaksnaan ERACS akan optimal pada operasi terjadwal. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan saat emergensi atau darurat.

Rasa nyeri yang ditimbulkan dari setiap tindakan operasi saat melahirkan pasti akan terasa. Hanya saja, dengan metode satu ini, rasa sakit pun bisa diminimalisasi

4 dari 4 halaman

Anak Kedua Aurel - Atta Sudah Pulang dari RS

Baby A kini sudah dibolehkan pulang ke rumah. Hal ini seperti terlihat pada unggahan di akun Youtube AH pada Selasa, 14 November 2023.

"Selamat datang ke dunia, Nak," kata Atta sembari menggendong anak keduanya sesaat sebelum meninggalkan RSIA Bunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.