Sukses

Lari di Luar Ruangan vs Lari di Treadmill, Mana yang Lebih Baik?

Berlari selama 10 menit sehari dikaitkan dengan risiko lebih rendah mengalami kematian akibat penyakit kardiovaskular atau jantung.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebugaran dengan lari di atas treadmill atau di luar ruangan sambil menghirup udara segar? Mana yang memberikan lebih banyak manfaat?

Di mana pun yang kamu pilih untuk melakukan latihan kardio ini, lari memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik. Berlari selama 10 menit sehari dikaitkan dengan risiko lebih rendah mengalami kematian akibat penyakit kardiovaskular atau jantung. Berlari juga bsia memperkuat tubuh bagian bawah dan inti, serta meningkatkan kepadatan tulang.

Seperti dilansir Shape, aktivitas lari pun bermanfaat bagi kesehatan mental karena dapat melepaskan endorfin atau hormon perasaan senang yang bisa meningkatkan suasana hati. Dengan demikian, lari juga bisa membantu mengatasi kecemasan atau depresi.

Lalu, mana yang kamu pilih, lari di atas treadmill atau di luar ruangan?

Lari di Treadmill

Alat treadmill bisa dengan mudah ditemukan di fasilitas kebugaran seperti gym. Treadmill menawarkan kepraktisan dengan running-belt atau sabuk lari bertenaga motor yang memberi opsi bagi pengguna untuk mengubah kemiringan dan kecepatan hanya dengan menekan satu tombol.

Fitur-fitur treadmill seperti seperti tampilan layar televisi, program kebugaran yang terhubung dengan instruksi langsung, dan kemampuan untuk melacak kemajuanmu dari waktu ke waktu membuatnya jadi lebih menarik bagi mereka yang menyukai kombinasi hiburan dan latihan serta memperhatikan data kesehatannya. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari lari treadmill yang perlu dipertimbangkan.

Impact yang lebih lembut

Berlari di jalan atau trotoar artinya berlari pada permukaan keras yang bisa meningkatkan impact pada persendian. Sebaliknya, treadmill memiliki permukaan yang lebih lembut dan ramah sendi, kata Erin Beck, NASM-CPT dan direktur pelatihan dan pengalaman STRIDE Fitness.

"Latihan treadmill dapat bermanfaat bagi pelari karena kamu berlari di permukaan yang lebih lembut dengan impact yang lebih kecil pada tubuh di setiap langkah, terutama jika Anda berlari di atas treadmill Woodway," jelasnya. 

Satu hal yang perlu dicatat: Mitos umum bahwa lari akan merusak lutut telah terbukti salah. Berdasarkan studi yang dimuat Medicine & Science in Sports & Exercise, ditemukan bahwa lari tidak meningkatkan risiko osteoartritis. Meski demikian, jika nyeri sendi menjadi kekhawatiran kamu, treadmill bisa menjadi cara yang lebih nyaman untuk terus berlatih lari

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lingkungan yang Terkontrol

Lingkungan yang lebih terkontrol

Keselamatan pun termasuk dalam faktor yang perlu diperhatikan ketika berolahraga. Seperti misalnya, lari di jalan dengan menggunakan earphone tidak selalu aman karena fokus terhadap lingkungan jadi terdstraksi. Sebaliknya, kamu bisa mengencangkan volume musik ketika berlari di dalam ruangan, jelas Beck.

Berlari menggunakan treadmill artinya kamu terhindar dari sejumlah gangguan seperti misalnya mobil, sepeda, motor, serta pejalan kaki yang lalu-lalang. Selain itu, cuaca tidak akan menjadi penghalang untuk tetap berolahraga. 

Meningkatkan Presisi

Selain lingkungan yang terkendali, berlari di treadmill juga memberimu cara yang lebih tepat untuk berolahraga dan melacak kemajuan latihan, ujar Beck.

Saat ini, treadmill pun telah hadir dalam berbagai desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Individu yang ingin memiliki alat olahraga sendiri di rumah bisa mempertimbangkan untuk menggunakan treadmill lipat seperti Walkingpad G1 dari Kingsmith. Treadmill ini menawarkan sejumlah keunggulan seperti,

1. Foldable running board

Papan lari Walkingpad G1 dapat dilipat hingga 180 derajat sehingga menghemat ruang dan mudah disimpan.

2. Unibody side handrail design

Pegangan tangan samping ini bermanfaat bagi pengguna sehingga mencegah cedera saat berolahraga.

3. Banyak fitur

Fitur pada Walkingpad G1 terbilang banyak, seperti integrated LED display yang bisa bisa menampilkan berbagai info secara jelas. Treadmill ini juga memiliki fitur interconnection yang dapat disinkronkan dengan Apple watch.

Kingsmith menawarkan garansi 12 bulan yang berlaku yang berlaku di 30 kota besar di Indonesia bagi produk ini.

3 dari 4 halaman

Lari di Luar Ruangan

Bagi banyak pelari baru, jogging di luar ruangan adalah pintu gerbang menuju kebiasaan lari rutin. Selain itu, lari di luar ruangan memungkinkan kamu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, memberi semua manfaat berada di alam yang dapat meningkatkan suasana hati. Inilah hal lain yang ditawarkan di luar lari.

Meningkatkan Kebahagiaan dan Manfaat Kesehatan Mental

Meskipun berolahraga di lokasi mana pun adalah cara yang pasti untuk melepaskan endorfin, berlari di luar ruangan akan memperkuat perasaan baik tersebut. Faktanya, orang yang berolahraga di luar ruangan melaporkan lebih banyak energi dan lebih sedikit perasaan depresi, menurut sebuah studi dari Environmental Science and Technology.

“Berlari di luar ruangan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan mengurangi tekanan,” tambah Beck. “Udara segar dan alam dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental mudan menjauhkan dari waktu menonton tambahan setelah bekerja sepanjang hari atau bermain-main dengan ponsel.”

Menambahkan Variasi

Berlari di luar sering kali terasa lebih mengasyikkan dan memberi kamu rasa baru setiap kali keluar rumah. Kamu bisa mengubah rute, mengundang teman untuk bergabung, atau memperhatikan perubahan cuaca dan pemandangan seiring waktu.

Selain itu, berlari di luar ruangan di lingkungan alami menantang otot untuk beradaptasi dengan perubahan lanskap, kata Beck.

“[Berlari] di luar ruangan menawarkan beragam medan yang mungkin tidak dapat kamu capai dengan treadmill,” jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Membangun Ketangguhan Mental

Bahkan pelari yang paling berdedikasi pun bisa kesulitan untuk keluar rumah saat suhu turun sebelum titik beku atau hujan badai tiba-tiba melanda. Namun menantang diri sendiri untuk tetap berpegang pada rencana lari ketika cuaca tidak sepenuhnya mendukung akan membangun ketahanan mental, kata pelatih lari berserifikat Percell Dugger.

Mana yang Lebih Baik?

Berlari di treadmill dan berlari di luar ruangan memiliki manfaat uniknya masing-masing — jadi bagaimana memutuskan mana yang terbaik untukmu ? Itu tergantung pada tujuan kamu, kata Beck.

"Kamu harus memutuskan apa tujuanmu dan mulai berolahraga dari sana."

Menurut Beck dan Duggar, berlari di luar ruangan bisa membantu jika kamu tengah mempersiapkan ikut dalam lomba lari seperti marathon atau road race.

Sedangkan berlari di treadmill lebih cocok jika kamu ingin mengukur perkembangan kemampuan berolahraga secara spesifik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.