Sukses

Viral Komentar Raline Shah Soal Perang Israel vs Palestina Bikin Geram, Netizen Serukan Cancel Culture

Isi bunyi komentar Raline Shah soal tindakan Israel terhadap Palestina

Liputan6.com, Jakarta - Beredar tangkapan layar (screen shot) komentar Raline Shah soal konflik Israel vs Palestina yang bikin netizen Twitter (X) geram. Di saat mayoritas masyarakat Indonesia mendukung Palestina, Raline Shah dinilai 'abu-abu' cenderung netral bahkan terkesan memihak Israel.

Sebenarnya, tangkapan layar yang viral di X pada Sabtu, 28 Oktober 2023, berasal dari unggahan Raline Shah di akun Istagram pribadinya yang terverifikasi centang biru, @ralineshah, kira-kira satu minggu yang lalu.

Berikut potongan unggahan bintang film 5CM dalam Bahasa Inggris di akun @ralineshah.

 

Tindakan kita terbatas tapi hati dan doa kita mampu merespons dan mendukung melampaui batas apa pun yang dapat dibayangkan oleh pikiran.

Doa saya agar semua orang tetap sadar

Berada di sisi anak yang tidak bersalah, keluarga, sesama manusia tidak peduli di sisi mana mereka berada.

Mereka tidak punya pilihan di mana mereka ditakdirkan.

Musim, Yahudi, dan Nasrani semuanya bersaudara. Kejahatan ada di pemerintahan yang menyebarkan perang, keserakahan, dan transaksi senjata.

Berhentilah mengikuti propaganda yang mendorong kebebasa, perdamaian, dan keamanan warga sipil.

Berdoalah untuk negosiasi yang menempatkan semua manusia setara dan menempatkan kehidupan manusia sebagai prioritas.

Kebencian melahirkan kebencian. Jangan biarkan kegelapan mengambil alih.

Kita semua mengeluarkan darah yang sama.

 

Kesan netral terhadap perang Israel dan Palestina juga diperlihatkan Raline Shah melalui kepsyen yang ditulisnya.

Yang pada akhirnya membuat pengikutnya dan warganet pada umumnya berani bersuara dan meminta Raline Shah untuk bersikap tegas, dan memutuskan keberpihakannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Raline Shah Soal Sikapnya Terhadap Perang Israel vs Palestina

Dari tangkapan layar yang viral, akun @harifzsn mendorong Raline Shah untuk tidak abu-abu. Sebab, saat ini, orang-orang Palestina harus mengucapkan selamat tinggal dan berkabung atas keluarga yang meninggal.

"Sementara orang-orang Israel mengunggah vlog tentang pesta dan perayaan. Jika kamu mendukung Israel atau bahkan 'kedua pihak', cukup saja aktivisme itu," tulisnya.

Komentar tersebut mendapat dukungan dari warganet lainnya. Namun, tidak dengan komentar yang dilontarkan Raline Shah.

 

Hal baik apa yang akan terjadi kalau aku mengungkapkan keberpihakanku? Semakin banyak kebencian.

Kamu pikir seorang perempuan sepertiku bisa membantu dengan memposting di Instaram pihak mana yang aku bela? Aku membela manusia. Jangan jadi korban.

Untuk memerangi segala sesuatunya tidaklah harus memusuhi hal yang lainnya. Kalau kamu punya kepercayaan, kamu akan tahu itu.

Aku berada di sisi perdamaian, semua orang datang dan kembali ke tempat yang sama. Tak peduli apa agama yang kamu percaya semasa hidup.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Warganet Syok Melihat Respons Raline Shah

Tangkapan layar komentar Raline Shah terkait perang Israel vs Palestina diunggah akun X @alterrego_ pada Sabtu siang.

 

Dari pantauan Liputan6.com pada Minggu, 29 Oktober 2023, unggahan tersebut mendapat tanda suka (likes) lebih dari 8,8 ribu akun dan dibagikan oleh lebih 6 ribu akun.

Juga mendapat beragam respons warganet lainnya yang merasa kesal membaca komentar dari Raline Shah.

"Makin kesal banget pas baca 'do you think a girl like me can help by an Instagram post stating what I stand for?," tulis akun @th******

"Aku bukan fans-nya saja kecewa bacanya. Padahal, dia se-powerful itu loh, dan sejauh ini selalu diberitakan yang baik-baik. Ternyata....." kicau akun @sof*****

"Raline Shah = another celebrity to cancel. Do u think a girl like me can help by an instagram post stating what I stand for?. Ini tentang kemanusiaan. Sekecil apapun itu, semua manusia punya suara dan kemampuan untuk bantu. ITS A HUMANITARIAN DUTY," kicau akun @fall****

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini