Sukses

5 Makanan yang Bantu Memutihkan Gigi Secara Alami, Stroberi Masuk Daftar

Berikut daftar makanan yang dapat memutihkan gigi secara alami. Stroberi dan nanas masuk dalam daftar lho.

Liputan6.com, Jakarta - Senyuman putih cerah dapat memancarkan rasa percaya diri dan membantu seseorang menampilkan wajah terbaiknya. Namun, usia dan jumlah kopi atau teh yang diminum dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi, lho.

Ada beberapa perawatan yang tersedia untuk mengatasi perubahan warna gigi, termasuk strip pemutih yang dijual bebas atau layanan profesional.

Namun, jika seseorang mencari cara memutihkan gigi dengan lebih alami dan terjangkau, beberapa makanan ini dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

"Meskipun makanan itu sendiri tidak dapat memutihkan gigi secara instan, ada beberapa makanan yang dapat membantu menjaga dan memperbaiki penampilan," kata Sean Kutlay, DDS, dokter gigi selebriti.

Melansir Best Life, pada Minggu (15/10/2023) berikut daftar makanan yang dapat membantu membuat gigi putih:  

1. Stroberi

Stroberi mengandung asam malat yang dapat membantu memutihkan gigi, jelas Lauren Becker, DDS di Lauren Becker Dentistry.

Seperti yang dicatat oleh Kelsey Costa, MS, ahli gizi dan spesialis penelitian kesehatan di Koalisi Nasional untuk Perawatan Kesehatan (NCHC), asam malat adalah "zat pemutih alami" yang juga meningkatkan produksi air liur jika seseorang memiliki mulut kering, yang mana dapat membantu mencegah perubahan warna juga.

Namun, jangan berlebihan mengonsumsi stroberi karena mereka bersifat asam dan "dapat mengikis lapisan gigi seiring waktu," menurut Khouloud Sobh, DMD, dokter gigi di Risas Dental and Braces di Phoenix, Arizona.

2. Nanas

Nanas adalah buah lain yang dapat membantu seseorang mendapatkan senyum cerah.

“Nanas mengandung bromelain, yang dapat menghilangkan noda pada permukaan gigi,” ucap Nathan Oakes, DMD, anggota dewan di American Academy of Clear Aligners dan pemilik praktik di Aspen Dental. 

Menurut Costa, bromelain merupakan enzim yang mengejar protein. “Ini termasuk protein di lapisan pelikel (lapisan protein air liur), yang bertindak sebagai pelindung gigi, tetapi juga dapat menyerap pigmen dari makanan,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Seledri

Beralih ke sayuran, seledri mentah adalah pilihan yang ramah gigi untuk senyum yang lebih cerah. Oakes mencatat bahwa  seledri adalah bahan alami yang dapat menghilangkan noda di permukaan gigi saat seseorang mengunyahnya.

Seledri merupakan sumber serat dan vitamin seperti vitamin C dan A, dan tekstur sayuran ini dapat membantu mengikis partikel dan bakteri dari gigi, tambah Sobh.

"Simpan saja benang gigi di dekatmu, karena seledri bisa sangat berserabut dan tersangkut di sela-sela gigi."

 

 

3 dari 4 halaman

4. Permen Karet Bebas Gula

Sobh juga menyertakan permen karet bebas gula dalam daftar makanan bermanfaatnya, dan menyebutnya sebagai alternatif pengganti benang gigi saat bepergian tapi jangan memilih merek yang super manis.

“Permen karet juga meningkatkan aliran air liur, yang membantu mencegah penumpukan plak dan kerusakan gigi,” katanya. “Tapi, ini hanya berlaku untuk permen karet bebas gula.”

 

4 dari 4 halaman

5. Produk Susu

Sejak kecil, kita diajari bahwa kalsium membantu mendukung tulang yang kuat, termasuk gigi.

“Produk susu seperti keju, yogurt, dan susu menyediakan kalsium dan fosfat yang memperkuat enamel dan mendukung remineralisasi, sehingga berpotensi mengurangi noda di permukaan,” jelas Oakes.

Sulitzer mencatat bahwa jenis makanan ini juga melawan gigi berlubang, dan Larouche mencatat bahwa produk susu yang tinggi asam laktat, termasuk keju cottage, krim asam, dan greek yogurt, jauh lebih bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.