Sukses

Dukung Warga Hidup Bersih dan Sehat, 10 Sanitasi Dibangun di Kota Depok dan Bogor

Hadirnya fasilitas sanitasi di 10 titik di Kota Depok dan Kabupaten Bogor diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat setempat seperti meningkatkan akses sanitasi yang layak dan mendukung kesehatan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 10 fasilitas sanitasi dibangun di berbagai titik di Kota Depok dan Kabupaten Bogor. Hadirnya fasilitas tersebut diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat setempat seperti meningkatkan akses sanitasi yang layak dan mendukung kesehatan lingkungan.

Pembangunan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) itu merupakan hasil kerja sama PT Henan Putihra Asset Management (HPAM) dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI.

Menurut Direktur HPAM Farid Azhar Nasution, kebersihan dan kesehatan masih kerap terlupakan oleh warga di ibu kota serta pinggiran Jakarta.

"Salah satu yang paling sering terlupakan adalah kebersihan dan kesehatan di Jakarta, bahkan di pinggiran Jakarta ini banyak orang yang belum aware. Tidak semua orang mengerti masalah sanitasi, makanya kami membuat program ini yang sekarang itu ada 10 titik, Depok dan Bogor," jelasnya.

Dana yang terhimpun dan disalurkan melalui BAZNAS mencapai Rp500 juta. Dana tersebut merupakan hasil pengelolaan dana nasabah pada produk-produk reksa dana syariah HPAM.

"Kami percaya bahwa kebaikan yang kita sebarkan akan mengalir dan memberikan manfaat berlipat ganda kepada komunitas," ujar Farid dalam peresmian STBM di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok, Jumat (6/10).

Farid juga berharap, langkah yang diupayakan pihaknya untuk kegiatan yang positif dapat menginspirasi pelaku usaha lain turut membangun masyarakat dan lingkungan yang lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bazaar Sembako Murah dan Cek Kesehatan

Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum mengapresiasi langkah HPAM sebagai perusahaan pasar modal yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat. 

Acara peresmian fasilitas sanitasi turut dihadiri perwakilan pemerintah setempat serta masyarakat yang berpartisipasi dalam program.

Selain meresmikan fasilitas sanitasi, digelar pula bazaar sembako murah guna membantu masyarakat mendapat akses bahan pokok terjangkau dan layanan kesehatan gratis untuk warga sekitar.

Akses Sanitasi Kota Depok

Pemerintah Kota Depok berkomitmen terhadap pengolahan air limbah, sanitasi, dan pembangunan berkelanjutan.

Mengutip laman depok.go.id, akses sanitasi layak di Kota Depok pada 2022 telah mencapai 99,13 persen dari target 100 persen pada 2024. Sementara akses sanitasi aman telah tercapai 3,4 persen pada 2022 dari target 24 persen pada 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini