Sukses

Tips ala Raisa dan Hamish Daud agar Putrinya Zalina Tidak Takut ke Dokter Gigi

Raisa dan Hamish Daud punya cara tersendiri agar Zalina tidak takut memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Liputan6.com, Ypgyakarta Tak sedikit anak yang merasa ketakutan saat harus pergi ke dokter gigi. Ada saja tangisan atau penolakan yang berisiko muncul. Berkaitan dengan hal itu, pasangan Raisa dan Hamish Daud pun punya tips.

Raisa selaku Brand Ambassador Pepsodent mengungkapkan bahwa dirinya pernah menanyakan kepada dokter gigi sang putri Zalina, mengapa kebanyakan anak takut jika harus memeriksakan giginya ke dokter.

Ternyata, istri Hamish Daud ini sudah mendapatkan jawabannya.

"Aku tuh pernah nanya ke dokter gigi anakku, kenapa sih kok kayaknya dokter gigi tuh kayaknya dokter yang paling ditakutkan? Serem banget gitu," ujar dalam acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2023 bersama Pepsodent di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta ditulis Rabu, (13/9/2023).

"Terus dokter gigi anak aku bilang, 'Iya soalnya biasanya mereka ke dokter gigi kalau sudah sakit'. Jadi dalam keadaan sakit, diubek-ubek, makin sakitlah. Jadi alangkah baiknya yang preventif itu," sambungnya.

Kunjungi Dokter Gigi Sebelum Sakit

Raisa mengungkapkan bahwa saat ke dokter gigi sebelum mengalami masalah, maka akan lebih banyak kesempatan anak untuk bisa lebih menikmatinya tanpa merasa sakit gigi atau ketakutan.

"Kita datang sebelum sakit. Sehingga kita enggak perlu (merasakan) sakit (saat diperiksa gigi)," kata Raisa.

Belum lagi, Raisa mengungkapkan bahwa Zalina justru senang ke dokter gigi karena setiap kali berkunjung, putrinya selalu mendapat banyak mainan.

"Dia senang, kalau setiap ke dokter gigi, pulang-pulang bawa mainan banyak. Buka mulut, dapat mainan, buka mulut dapat jepitan. Dokter aku enggak pernah gitu dulu," ujar Raisa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dokter Gigi Anak Raisa dan Hamish Daud

Lebih lanjut, Hamish Daud yang turut menjadi Brand Ambassador Pepsodent bersama sang istri mengungkapkan bahwa memilih dokter gigi anak yang paham cara berkomunikasi akan bermanfaat.

"Dokter gigi anak itu harus membuat anak nyaman, bisa nenangin anak. Enggak semua dokter gigi bisa menenangkan anak. Ada satu dokter gigi anak yang enak banget diajak urusin anak kita," kata Hamish Daud.

Raisa menambahkan, Zalina sendiri belum pernah merasakan sakit gigi. Hal itu dikarenakan Raisa dan Hamish Daud memang membiasakan kontrol ke dokter spesialis gigi, dan prosesnya berusaha dibuat menyenangkan.

"Alhamdulillah, enggak (pernah sakit gigi) Cuma memang kita check up ke dokter gigi karena dapat banyak mainan, dia senang. Terus dia dapat pengalaman pertama giginya dibersihkan," ujar Raisa.

"Pertama memang takut. Tapi dokternya spesialis gigi anak. Jadi pinter banget, dan sebelumnya sudah di-prepare dulu. Enggak yang datang terus langsung (periksa atau tindakan)," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Cara Raisa dan Hamish Daud Kenalkan Kesehatan Gigi

Dalam kesempatan yang sama, Raisa dan Hamish Daud menceritakan bagaimana mereka mengajarkan sang putri Zalina soal kesehatan gigi.

Hamish Daud mengungkapkan bahwa salah satunya dilakukan dengan mengenalkan Zalina pada acara sikat gigi yang seru.

"Aku baru saja belikan dia sikat gigi yang ada kayak timer-nya gitu. Timer-nya jalan untuk tiga menit. Jadi dia enggak boleh berhenti sikat gigi sampai timer-nya berhenti nyala-nyala. Tapi jadi seru," kata Hamish Daud.

4 dari 4 halaman

Raisa Ajarkan Zalina soal Kesehatan Gigi

Raisa menambahkan, Zalina sendiri senang bermain dokter-dokteran. Dari sanalah, Zalina bisa sambil mendapatkan informasi soal bagaimana menjaga kesehatan gigi.

"Alhamdulillah anaknya itu memang senang kayak dokter-dokteran gitu. Segala macam tentang human body, tentang dokter, dia itu senang. Senang baca juga," ujar Raisa.

Menurut Raisa, caranya dan Hamish Daud mengajarkan tentang kesehatan gigi lebih berfokus pada sesuatu yang menyenangkan. Serta, pendekatannya dengan Zalina tidak dengan menakut-nakuti.

"Mungkin approach-nya beda. Aku enggak terlalu yang, 'Nanti giginya hitam, ompong'. Enggak sih, lebih ke yang serunya gimana. Terus kita sikatin gigi bonekanya," ujar Raisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.