Sukses

PM Xanana Gusmao Bikin Jokowi Ngakak, Nyelonong Usai Salaman hingga Asyik Joget di Gala Dinner KTT ASEAN

Jokowi terkekeh melihat Xanana Gusmao melenggang ke arena Gala Dinner KTT ASEAN tanpa foto

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Timor Leste, Xanana Gusmao, berhasil bikin Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) terkekeh saat menghadiri Gala Dinner KTT ASEAN 2023 yang berlangsung di Taman Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Rabu malam 6 September 2023.

Di acara Gala Dinner KTT ASEAN, Xanana Gusmao yang hadir seorang diri tampil mengenakan batik warna merah.

Setibanya di Taman Kota, Xanana terlihat berjalan sangat pelan ketika hendak menghampiri Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, untuk bersalaman lalu dilanjut sesi foto bersama.

Xanana Gusmao Masuk Area Gala Dinner Tanpa Foto

Xanana Gusmao yang berjalan di sisi sebelah kanan lebih dulu bersalaman dengan Iriana Jokowi, baru kemudian Jokowi yang tampak mengajaknya berbicara.

Usai bersalaman dengan Jokowi, tiba-tiba saja Xanana Gusmao nyelonong masuk ke dalam arena gala dinner tanpa melakukan sesi foto terlebih dulu.

Padahal, Jokowi sudah memberi tanda agar Xanana berdiri tepat di sampingnya. Jokowi pun hanya bisa terkekeh melihat Xanana Gusmao yang melewati sesi foto.

Melihat Xanana yang memilih masuk ke area Gala Dinner KTT ASEAN 2023 juga tak luput dari perhatian masyarakat yang menyaksikan acara ini di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Banyak komentar bernada bercanda menghiasi kolom percakapan, seperti 'Maklum anggota baru belum diospek', 'Pak, mohon maaf, jadi kayak acara kondangan, salaman doang', hingga 'Sudah enggak sabar mau joget'.

Jokowi Terkekeh Lihat Xanana Gusmao Joget

Dan, benar saja, Xanana Gusmao kembali membuat Jokowi tersenyum gara-gara tingkahnya yang asyik berjoget mengikuti alunan lagu 'Kaka Main Salah' yang dinyanyikan Silet Open Up dan Saykoji.

Xanana Gusmao tampaknya begitu menikmati acara Gala Dinner KTT ASEAN di Jakarta yang ditangani secara khusus oleh Wishnutama.

Sebab, Xanana kembali melantai begitu lagu 'Dancing Queen' milik ABBA diputar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Para Kepala Negara Termasuk Xanana Gusmao Asyik Berjoget

Suguhan pentas kesenian dari negara ASEAN juga dipertunjukkan, Kamboja, Brunei Darusalam, Myanmar, Malaysia, gedung-gedung tinggi di Jakarta menjadi latar yang menampilkan video dengan efek yang menakjubkan.

Namun, yang bikin heboh dan bikin suasana jadi 'pecah' adalah saat para kepala negara ikut berjoget mengikuti irama lagu, seperti lagu Jang Ganggu dari Papua dan disusul dua lagu dangdut yang dibawakan Aurelie Moeremans, Cikini Gondangdia dan No Comment yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Dua lagu tersebut bahkan dibawakan kembali di akhir acara. Beberapa kepala negara, termasuk Xanana Gusmao, maupun delegasi dari sejumlah negara tak malu-malu ikut menari dan berjoget hingga membuat suasana makin meriah.

Beberapa menteri seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga sempat terlihat ikut berjoget.

3 dari 3 halaman

Xanana Gusmao Cium Tangan Iriana Jokowi

Sebelumnya, ada hal lain yang cukup berbeda yang dilakukan Xanana Gusmao.

Saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa 5 September 2023, Xanana Gusmao mencium tangan Iriana Jokowi.

Momen Xanana cium tangan Iriana terjadi saat Sang Perdana Menteri tiba sekitar pukul 09.47 WIB di Plenary Hall, JCC.

Saat tiba, Xanana disambut oleh Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi. Dia lebih dulu mencium tangan Iriana kemudian bersalaman dengan Jokowi. Wajah Iriana pun terlihat tersenyum.

Xanana memakai setelan jas hitam dan Jokowi biru gelap, sedangkan Iriana memakai pakaian serba biru. Ketiganya pun foto bersama dengan latar Ibu Kota Negara Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.