Sukses

Kamala Harris Ikuti KTT ASEAN, Indonesia Negara ke-7 di Asia yang Dikunjungi Wapres AS

Wapres AS Kamala Harris Tiba di Indonesia, Hadiri KTT ASEAN 2023

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris memulai kunjungannya ke Indonesia untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta.

Pada rangkaian acara KTT ASEAN 2023, Kamala menghadiri pertemuan tingkat tinggi Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan mitra wicara strategis seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan AS.

Mengutip rilis resmi Tim Komunikasi dan Media KTT ASEAN 2023 hari ini, kunjungan Kamala Harris merupakan kunjungan ketujuh kalinya bagi perempuan kelahiran 20 Oktober 1964 ke Benua Asia.

Serta kelima kalinya ke kawasan Asia Tenggara dalam kapasitasnya sebagai wakil dari Presiden Joe Biden.

Kamala Harris telah tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa 5 September 2023 sekitar pukul 22.00 WIB.

Kedatangan Kamala Harris disambut oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Sebelum ke Jakarta, Kamala Harris telah mengadakan kunjungan kenegaraan ke Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Dia juga pernah mengunjungi Jepang dan Korea Selatan.

Joe Biden Diharapkan Hadir di KTT ASEAN

Para pemimpin ASEAN semula berharap KTT ASEAN dengan para mitra dialog dapat dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden seperti halnya yang dilakukan oleh presiden AS ke-46 tersebut saat hadir pada KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja pada 13 November 2022.

Saat itu, Presiden Joe Biden usai pertemuan di Kamboja langsung terbang ke Nusa Dua, Bali untuk hadir pada pertemuan para kepala negara dan kepala pemerintahan Forum Kerja Sama Pembangunan Negara-Negara Kelompok 20 (G20).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indo-Pasifik dan ASEAN Tetap Jadi Mitra Strategis

Namun, sejak awal pihak Gedung Putih mengumumkan Presiden Joe Biden akan langsung menuju New Delhi, India untuk menghadiri KTT G20 yang berlangsung pada 9-10 September 2023.

Menurut Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, Washington tetap menjadikan kawasan Indo-Pasifik dan ASEAN sebagai mitra strategis dan bagian penting dalam kunjungan Harris ke Jakarta.

Wapres Kamala Harris, kata Kirby, sangat fokus kepada upaya menjaga keharmonisan hubungan Washington dengan semua negara di kawasan Indo-Pasifik.

Itu dapat ditunjukkan dari banyaknya negara di Asia yang telah dikunjungi mantan senator negara bagian California tersebut dibandingkan kunjungan ke benua lainnya.

3 dari 4 halaman

Kamala Harris Dua Hari di Jakarta

Pihak Gedung Putih menyatakan bahwa Wapres AS Kamala Harris telah meninggalkan Washington, Senin 4 September 2023 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 22.00 WIB pada Selasa 5 September 2023.

Kedatangannya disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Dia akan berada di Jakarta selama dua hari untuk mengikuti KTT ASEAN dan negara-negara mitra strategis.

Wapres Harris dijadwalkan mengadakan pertemuan empat mata dengan sejumlah kepala negara dan pemimpin pemerintahan yang mengikuti KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-7 September 2023.

Sekembalinya Harris ke AS, giliran Presiden Joe Biden yang terbang ke New Delhi untuk menghadiri KTT G20 India.

Menantikan Pertemuan Puncak di Indonesia

Melalui unggahan akun Instagram vp, Kamala Harris mengatakan, Amerika Serikat merupakan kekuatan besar di Pasifik, dan rakyat Amerika mempunyai kepentingan besar terhadap masa depan kawasan ini. Ia menantikan pertemuan puncak KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Saya menantikan untuk menghadiri serangkaian pertemuan puncak di Indonesia dengan mitra kami di seluruh Indo-Pasifik, kata Kamala Harris.
4 dari 4 halaman

Wanita Pertama dari Kulit Hitam yang Jadi Wakil Presiden AS

Sebagai informasi, Kamala Harris adalah Wakil dari Presiden Amerika Serikat ke-46. Sebelum terpilih menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris adalah seorang senator Partai Demokrat.

Ia mencetak sejarah sebagai wanita pertama dari kalangan kulit hitam yang menjadi wakil presiden AS.

Selain itu, Kamala Harris juga merupakan orang pertama keturunan Asia Selatan yang berhasil melenggang ke Gedung Putih sebagai wakil presiden.

Dikutip dari Britannica.com, Kamala Harris memiliki nama lengkap Kamala Devi Harris. Ia lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964. Saat ini, ia berusia 56 tahun. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Jaksa Agung pada 2011-2017.

Situs Business Insider menyebut Kamala Harris merupakan keturunan Jamaika dan India. Ayahnya yang bernama Donald Harris adalah seorang ahli ekonomi berdarah Jamaika. Sementara ibunya bernama Shyamala Gopalan, peneliti kanker dari India namun pindah ke Amerika Serikat pada usia 19 tahun untuk meraih gelar doktor di University of California, Berkeley.

Kamala Harris merupakan cawapres keturunan kulit hitam pertama di AS. Ia pun mendapat dukungan dari mantan Presiden Barack Obama.

Pada 2017, Kamala Harris terpilih menjadi senator California. Ia menyebut prestasinya yakni melindungi pemilik rumah dari penyitaan, membela pernikahan LGBT, mendukung layanan kesehatan terjangkau, serta pro-lingkungan hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini