Sukses

Ini Tips Mengajarkan Anak Mandiri Sejak Umur 1 hingga 12 Tahun

Orang tua harus mengetahui sejumlah tips untuk membuat anak mandiri

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit orang tua yang berharap sang anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Namun, sebelumnya orang tua harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak mandiri.

Seorang peneliti di bidang ketahanan sosial dan psikologis di Universitas Dalhousie, Kanada, Dr Michael Ungar, mengatakan bahwa mengajarkan anak harus sesuai umur dan batas kemampuan mereka.

Dijelaskannya bahwa setiap umur memiliki perkembangannya sendiri. Misal, menggosok gigi, membantu ibu, dan memakai baju sendiri akan dilakukan ketika anak memasuki umur 2 tahun.

Sehingga, kata Michael, tidak perlu terburu-buru untuk menyuruh anak melakukan hal yang lebih. Sebab, setiap umur ada porsinya masing-masing.

"Apa yang sebenarnya Anda coba lakukan adalah membuat anak belajar bagaimana membuat keputusan dan mengambil kendali atas hal-hal yang dapat mereka kendalikan," katanya dikutip dari Tinybeans pada Minggu 3 September 2023.

Para ahli merancang panduan perkembangan umur anak untuk membantu orangtua mengetahui waktu yang tepat ajarkan cara mandiri kepada anak, di antaranya:

Anak Mulai Umur 1 hingga 2 Tahun

Menurut psikiater anak asal Los Angeles, Patrick Kelly, semakin kuat hubungan antara orang tua dan anak, anak semakin nyaman melakukan berbagai hal secara mandiri.

Pada tahap usia ini, orang tua bisa biarkan anak pelajari cara makan dan berpakaian sendiri.

Sementara dokter anak asal Los Angeles, Amin Davari, mengatakan, hal-hal sederhana seperti mengizinkan anak untuk makan makanan yang sesuai dengan usianya, serta membiarkan anak berpakaian sendiri, akan membuat mereka merasakan arti perjuangan kecil dan kesuksesan.

"Dengan cara tersebut membantu mereka belajar bagaimana menjadi mandiri," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketika Anak Memasuki Umur 3 hingga 4 Tahun

Anak sudah siap untuk belajar tanggung jawab di rumah. Orang tua bisa menuntunnya untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga sederhana, seperti menyapu dan mengepel tempat bermainnya saja.

Kmeudian, menurut The Montessori Notebook, tindakan lain yang bisa anak Anda lakukan adalah:

  1. Bantu mengepak ransel mereka
  2. Menyikat sendal
  3. Membantu membereskan tempat tidur (pada umur 4 tahun, anak-anak setidaknya sudah bisa menarik selimut sendiri)
  4. Menempatkan pakaian kotor di keranjang

Anak Menginjak Umur 5 hingga 6 Tahun

Keterampilan motorik anak pada usia ini berkembang pesat. Peran orangtua pada usia ini adalah membiarkan anak bermain sendiri di luar. Dengan begitu, mereka belajar mandiri dan tumbuh rasa percaya diri.

Adapun cara lain yang lebih terpantau yaitu, biarkan anak menggosok gigi sendiri. Anak harus mengetahui cara menyikat gigi yang benar, agar keterampilan motoriknya semakin terasah. 

Anak Berumur 7 hingga 8 Tahun

Memasuki usia ini, anak gemar melakukan apapun yang membuat mereka merasa kompeten.

Usia ini adalah kesempatan yang tepat mengajari anak cara mandiri. Untuk itu, selalu awasi mereka dengan mengajarkan beberapa hal, di antaranya:

1. Bantu Siapkan Makanan

Orang tua bisa memintai tolong untuk mencuci sayuran, pecahkan telur, mengupas bawang.

2. Biarkan Mandi Sendiri

Menurut artikel di National Library of Medicine, sebagian besar anak umur 6 tahun, dapat mandi sendiri.

Sehingga jangan larang anak diusia ini untuk mandi sendiri, karena rata-rata teman sebayanya sudah melakukan hal tersebut.

3. Ikat Sepatu Sendiri

Menurut Carolina Therapy Connection, anak diusia ini memiliki motorik halus untuk mencoba serangkaian gerakan yang rumit. 

3 dari 3 halaman

Saat Anak Mulai Menginjak Usia 9 hingga 10

Pada usia ini anak siap bertualang! Untuk itu, orangtua bisa memberi kelonggaran kepada anak dengan membiarkan mereka pergi sendiri ke sekolah. 

Anak Masuk Usia 10 Tahun

Pada usia ini, biarkan anak sesekali untuk ditinggal sendiri di rumah dalam waktu singkat. Penting bagi anak untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat. 

Anak Masuk Usia Remaja 12 Tahun

Anak-anak di masa remaja ini sangat ingin melepaskan diri, jadi triknya adalah membiarkan mereka dan belajar bagaimana menjadi mandiri sambil mendorong mereka untuk membuat pilihan yang bertanggungjawab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.