Sukses

Selain Langsing Operasi Bariatrik Bikin Melly Goeslaw Ogah Ngerokok: Baru Lihat Bungkus Sudah Eneg

Setelah menjalani operasi bariatrik pada Juli 2022 keinginan Melly Goeslaw untuk mengisap rokok tak ada lagi.

Liputan6.com, Jakarta Musisi Melly Goeslaw mendapatkan hasil menyenangkan usai menjalani operasi bariatrik. Selain tubuh langsing dan bisa memakai baju ukuran XS, kini ia sudah tidak merokok lagi.

Sebenarnya, Melly tak pernah punya keinginan untuk berhenti merokok. Namun, setelah menjalani operasi bariatrik pada Juli 2022 di RS Pondok Indah Jakarta keinginan untuk mengisap rokok tak ada lagi.

Bahkan, baru melihat bungkus rokok sudah tidak suka.

"Habis bariatrik, ngeliat bungkusnya aja eneg. Mungkin faktor perubahan hormon atau apa ya, dokter yang bisa menjelaskan," kata vokalis band Potret itu.

Namun, perubahan tersebut ia syukuri lantaran bisa meninggalkan kebiasaan merokok.

"Ketika lihat bungkusnya aja sudah eneg, ya udah alhamdulillah," lanjut wanita 49 tahun itu.

Makan Cuma Beberapa Sendok, Enggak Lemas

Setelah menjalani operasi bariatrik yakni memangkas ukuran lambung hingga menyisakan 15 persen membuat asupan makan Melly jadi terbatas.

Awal-awal ia hanya bisa makan satu sendok makan tapi saat ini sudah bisa dua - tiga sendok makan. Dokter juga menyarankan untuk memperbanyak asupan protein.

Lalu, apakah hal itu bikin Melly lemas?

"Enggak lemas, malah hari ketiga pasca operasi aku sudah kembali naik panggung," katanya.

Ia juga merasa lebih merasa lemas saat dirinya masih gemuk.

"Lebih lemas pas aku gemuk, habis makan satu piring jadi mager," katanya santai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melly Goeslaw: Diabetes Sembuh Total

Melly Goeslaw juga mengaku bahwa operasi bariatrik membuat kesehatannya jadi lebih baik. Kini, ia tak lagi diabetes.

"Diabetes kemarin sudah parah jadi sembuh total. Yang tadi (tinggal gula darah mencapai) 200-400 mg/dL, sekarang paling tinggi 90-100 mg/dL, mungkin karena makan sedikit," kata Melly lagi.

Di kesempatan berbeda, dokter spesialis bedah digestif Peter Ian Limas yang melakukan operasi bariatrik pada Melly mengatakan hal tersebut terjadi karena perubahan hormon pascaoperasi.

"Kenapa setelah operasi diabetesnya kok hilang? Karena itu perubahan hormonal," kata Peter saat temu media di November 2022.

Peter mengingatkan bahwa operasi bariatrik itu ampuh dalam memangkas risiko penyakit tapi pasien harus berkomitmen untuk mengubah gaya hidup jadi sehat serta berolahraga.

Peter mengatakan bahwa memang pasti pasien yang jalani operasi bariatrik akan kurus. Namun, jika tidak menjalani gaya hidup dengan baik bukan tidak mungkin berat badan bakal kembali melambung beberapa tahun mendatang.

"Jadi, operasi bariatrik ini adalah alat untuk mengubah cara pandang hidup," kata Peter.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Operasi Bariatrik

Operasi bariatrik adalah metode pengecilan lambung untuk mengatasi obesitas secara efektif. Operasi ini dilakukan ketika upaya mengatur pola makan dan olahraga tidak berhasil.

Peter menjelaskan bahwa operasi bariatrik seperti yang dilakukan Melly Goeslaw merupakan teknik pembedahan yang memiliki risiko sebanding dengan risiko pembedahan untuk mengangkat kandung empedu yang merupakan pembedahan rutin di semua rumah sakit.

Setelah menjalani operasi bariatrik yang diikuti dengan gaya hidup yang lebih baik, terbukti intervensi ini bermanfaat bagi pasien yang memiliki komorbid diabetes dan hipertensi. Selain itu, efek domino dari bedah bariatrik dapat mengurangi bahkan menghilangkan risiko gangguan jantung dan ginjal, stroke, hingga kanker.

“Bagi pasien dengan risiko komorbid, menjalani bedah bariatrik tentu lebih efisien dalam hal biaya dibandingkan dengan menjalani perawatan ketika terkena komplikasi akibat komorbid yang dimiliki,” kata Peter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.