Sukses

Minyak Telon Timbulkan Sensasi Hangat, Enggak Boleh Dioleskan di Seluruh Area Tubuh

Selama bertahun-tahun, minyak telon telah digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, bagaimanakah cara penggunaannya yang tepat?

Liputan6.com, Jakarta Sejak puluhan tahun, minyak telon bukanlah sesuatu yang asing di Indonesia. Minyak telon sudah begitu lama digunakan untuk menghangatkan badan, terutama pada tubuh bayi.

Namun, minyak telon sebenarnya tidak dianjurkan bila digunakan langsung pada keseluruhan area tubuh. Lantas, seperti bagaiman cara tepat pakai minyak telon?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr dr Dhelya Widasmara mengungkapkan bahwa biasanya minyak telon hanya dianjurkan untuk di area-area tertentu.

Bahkan penggunaan minyak telon bayi tidak disarankan untuk langsung dioleskan pada seluruh area tubuh.

"Minyak telon merupakan bahan alergen dan sifatnya iritatif. Makanya tidak boleh diaplikasikan ke seluruh bagian tubuh," ujar Dhelya saat media briefing bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang berlangsung Jumat, (28/7/2023).

"Pada anak-anak itu disarankan hanya digunakan pada telapak kaki dan bagian pusar kalau dia masuk angin. Jadi tidak untuk (keseluruhan), karena nanti merah semua kulit," sambungnya.

Bukan untuk Area Genital

Dhelya menambahkan, minyak telon pun sangat tidak dianjurkan untuk digunakan pada area genital. Sebab, dapat memicu terjadinya iritasi hingga luka bakar.

"Apalagi jika ditaruh di area genital. Tidak boleh, karena dia bahan alergen. Selain panas itu, bisa juga terjadi luka bakar kalau misal sensitif," kata Dhelya.

Selain itu, Dhelya mengungkapkan bahwa minyak telon dapat memberikan sensasi hangat jika dioleskan pada kulit.

"Dia akan menimbulkan sensasi hangat kalau minyak telon. Jadi ya, jangan ya (digunakan untuk area genital), karena nanti dia bisa luka kulitnya. Apalagi di daerah yang tipis dan sensitif. Jadi gampang luka," kata Dhelya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minyak Telon yang Sering Digunakan Bayi

Mengutip laman Farmasi Universitas Gadjah Mada, minyak telon kerap kali digunakan saat cuaca dingin untuk dapat memberikan kehangatan, mencegah masuk angin, dan melegakan pernapasan.

Selain untuk bayi, minyak telon seringkali digunakan untuk orang dewasa karena aromanya yang harum dan dapat memberikan kehangatan.

3 dari 3 halaman

Asal Muasal Minyak Telon

Ternyata, minyak telon sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti telu. Telu sendiri memiliki arti tiga. Hal tersebut lantaran minyak telon terbuat dari tiga jenis minyak yang berbeda.

Tiga yang dimaksud berarti terdiri dari tiga bahan utama yakni minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Masing-masing di antaranya punya perbandingan yang sudah disesuaikan.

Minyak kayu putih dipercaya dapat melancarkan peredaran darah. Sedangkan minyak adas berkhasiat untuk merangsang saraf dan mencegah perut kembung.

Selanjutnya, minyak kelapa berfungsi untuk menjaga kehalusan dan kelembaban kulit. Sehingga sering digunakan sebagai minyak pijat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.