Sukses

Perjalanan Kondisi Kesehatan Jane Birkin, Sosok Inspirasi Tas Hermes Sebelum Meninggal Dunia

Jane Birkin, sosok inspiratif di balik tas Hermes Birkin meninggal dunia di usia 76 tahun. Sebelumnya, Jane Birkin punya riwayat kesehatan yang terbilang naik turun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka atas kepergian Jane Birkin sudah terdengar oleh publik. Jane Birkin, yang begitu terkenal sebagai sosok ikonik di balik tas Hermes meninggal dunia dalam usia 76 tahun.

Jane Birkin ditemukan meninggal dunia di rumahnya yang berada di Paris oleh sang pengasuh. Belum jelas apa yang menjadi penyebab Jane Birkin meninggal dunia saat ini.

Namun, Jane Birkin punya perjalanan kondisi kesehatan yang naik turun. Pada tahun 1990an, kesehatan Jane Birkin menjadi berita utama di berbagai media.

Kala itu, Jane Birkin didiagnosis mengalami leukemia atau kanker darah.

"Kanker yang tidak terlalu menyakitkan," ujar Jane Birkin menggambarkan kondisinya usai terkena leukemia mengutip DailyMail, Senin (17/7/2023).

Setelah diagnosis dan optimisme yang dimilikinya, Jane Birkin membatalkan konser karena alasan kesehatannya yang memburuk.

"Saya selalu menjadi orang yang sangat optimis, dan saya menyadari bahwa saya masih membutuhkan sedikit waktu untuk dapat kembali ke atas panggung dan bersama Anda," kata Jane Birkin mengabarkan kondisinya.

Alami Stroke dan Patah Tulang

Wanita yang lahir di London tersebut turut mengalami stroke pada tahun 2021. Akibatnya, ketika itu Jane Birkin harus membatalkan beberapa konsernya.

Jane Birkin kemudian membatalkan lagi pertunjukannya karena dikabarkan mengalami patah tulang belikat.

Seperti diketahui, Hermes menamai salah satu tasnya yakni Birkin karena terinspirasi oleh Jane Birkin pada tahun 1984.

Sejak saat itu, tas Hermes Birkin menjadi salah satu tas Hermes paling populer dan mahal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Berhenti Minum Alkohol karena Leukemia

Dalam sebuah obrolan tahun 2020, Jane Birkin merinci hubungannya dengan minuman beralkohol.

Menurutnya, ia harus berhenti minum alkohol.

"Saya harus (berhenti minum alkohol)," ujar Jane Birkin.

"Saya tidak punya alasan mulia sama sekali. Itu hanya karena takut akan hal di atas (leukemia). Ketika saya menderita leukemia, tentu saja semuanya berhenti. Itu tidak sulit sama sekali karena gagasan tentang sakit, gagasan tentang itu yang muncul di kepala Anda, membuat saya panik," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kehidupan Jane Birkin yang Jadi Ikon Prancis

Jane Birkin muncul sebagai seorang penyanyi. Selera fashion dan penampilan Jane Birkin pada tahun-tahun kemunculannya begitu mencolok hingga dianggap sebagai ikonnya Prancis.

"Paris telah menjadi rumah saya. Saya telah diadopsi di sini. Mereka menyukai aksen saya," kata Jane Birkin.

Perihal kehidupan pribadi, Jane Birkin begitu terkenal karena kisah cintanya bersama Serge Gainsbourg tercium. Saat menjalin perselingkuhan, usia Jane Birkin dan Serge Gainsbourg terpaut 18 tahun.

Keduanya terlibat dalam sebuah film. Begitu kontroversial, itu adalah awal dari hubungan Jane Birkin dan Gainsbourg yang berlangsung hingga 13 tahun.

4 dari 4 halaman

Jane Birkin, Pasangan Paling Terkenal di Prancis

Hubungannya yang langgeng dengan Gainsbourg membuat keduanya menjadi pasangan paling terkenal di Prancis.

Jane Birkin dan Gainsbourg sempat menjadi sorotan karena gaya hidup.

Sebab, Jane Birkin dan Gainsbourg tidak pernah menikah. Namun, keduanya hidup bersama dan menampilkan gaya hidup yang banyak mendapat cibiran karena banyak minum dan merokok.

Pada 1980, Jane Birkin dan Gainsbourg berpisah. Jane Birkin melanjutkan karirnya dengan terus muncul di film dan merilis album.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.