Sukses

6 Artis dengan Penyakit Kronis, Ada Cara Delevingne yang Derita Psoriasis hingga Gigi Hadid dengan Gangguan Tiroid

Beberapa selebriti memilih untuk membagikan kisah penyakit kronisnya. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang memilih untuk tidak menceritakan kondisi penyakit kronis yang mereka miliki karena takut dipandang berbeda.

Namun, ada pula beberapa orang, termasuk selebriti, yang memilih untuk membagikan ceritanya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran, mengurangi stigma, dan menjadi sumber dukungan bagi orang lain yang mungkin sedang berjuang dengan masalah serupa.

Berikut beberapa selebriti yang berbicara secara terbuka tentang kondisi kesehatan kronis mereka, mulai dari psoriasis hingga lupus.

Cara Delevingne dengan Psoriasis

Model dan aktris Cara Delevingne mengalami psoriasis, sebuah kondisi yang menyebabkan kulit muncul bercak merah bersisik. Kondisi ini terjadi saat ia berjalan di karpet merah Met Gala 2022.

Cara menceritakan kepada Glamour tentang keputusannya untuk tidak menyembunyikan kondisinya.

“Saya selalu berbicara tentang psoriasis yang saya miliki, jadi itu bukan hal baru bagiku. Namun, saat memperlihatkan psoriasis di depan publik seperti itu, rasanya sangat luar biasa. Awalnya, saya tidak menyadari seberapa pentingnya hal itu," jelas Cara, seperti melansir Cosmopolitan.

Cara mengaku awalnya ia ingin menutupi kondisi itu. Namun, ia berubah pikiran.

"Awalnya, saya berpikir untuk menutupinya. Akan tetapi, kemudian saya ingat bahwa menutupinya tidak baik untuk kulit saya dan banyak orang hidup dengan psoriasis. Psoriasis bukan sesuatu yang indah untuk dimiliki, tapi saya juga harus bangga dengan kondisi itu,” jelasnya.

Cara mengaku bangga dengan kondisi itu karena itu adalah bagian dari dirinya. Dia mengaku sempat membenci psoriasis yang ia miliki, tetapi hal itu hanya membuat perasaannya semakin buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Juga Dialami oleh Kim Kardashian-West

Kesadaran tentang psoriasis menjadi lebih besar ketika terungkap bahwa Kim Kardashian juga mengalaminya.

Setelah pada awalnya merasa panik dengan kondisi kulit tersebut dalam satu episode Keeping Up with the Kardashians, Kim Kardashian sekarang mengaku lebih tenang.

Tak jauh berbeda dengan Delevingne, Kim mengatakan bahwa dia bahkan tidak mencoba menutupinya lagi.

"Saya selalu berharap ada obat, tentu saja. Namun, saat ini saya sedang belajar untuk menerimanya sebagai bagian dari diri saya," tulis Kim di situs webnya.

3 dari 6 halaman

Lady Gaga dengan Fibromyalgia​

Fibromyalgia merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuh. Orang yang mengalaminya mungkin juga merasakan kelelahan, otot yang kaku, sulit berkonsentrasi, dan masalah tidur.

Menurut National Health Service (NHS), kondisi ini lebih umum terjadi pada perempuan daripada laki-laki, sekitar tujuh kali lebih banyak. Meskipun tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya, gejalanya bisa dikurangi dengan pengobatan, terapi, dan perubahan gaya hidup.

Lady Gaga berbicara terbuka tentang pengalamannya dengan penyakit ini untuk pertama kalinya dalam dokumenter Netflix-nya yang berjudul Gaga: Five Foot Two tahun 2017.

Dia terpaksa membatalkan konser di Brasil karena harus dibawa ke rumah sakit akibat nyeri parah.

4 dari 6 halaman

Gigi Hadid Alami Hashimoto's Disease

Hashimoto disease juga dikenal sebagai tiroiditis limfositik kronis. Kondisi ini merupakan penyakit pada kelenjar tiroid yang dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi, rambut rontok, kelelahan, dan peningkatan berat badan.

Gigi sebelumnya telah mengatakan bahwa penyakit ini sebenarnya membuatnya sulit untuk menambah berat badan. Menurut Gigi, hal ini membuat metabolismenya berubah secara drastis.

"Saya memiliki penyakit Hashimoto. Ini adalah penyakit pada kelenjar tiroid. Sudah dua tahun sejak saya mulai mengonsumsi obat untuk itu. Jadi, untuk pertunjukan Victoria's Secret, saya tidak ingin kehilangan berat badan lagi,” kata Gigi kepada Elle pada tahun 2016.

5 dari 6 halaman

Selena Gomez dengan Lupus

Pada 2015, Selena mengumumkan bahwa dia didiagnosis menderita lupus, sebuah kondisi autoimun yang menyebabkan ruam, kelelahan, dan nyeri sendi. Selena menjalani kemoterapi sebagai bagian dari pengobatannya.

Dia mengungkapkan pendapatnya setelah beberapa orang mengira bahwa dia memiliki kecanduan karena sejenak menghilang dari dunia entertainment.

"Itulah yang sebenarnya terjadi selama masa istirahat saya. Saya bisa saja mengalami stroke. Saya sangat ingin mengatakan, 'Kalian tidak tahu apa-apa. Saya sedang menjalani kemoterapi. Kalian salah,” tutur Selena kepada Billboard.

Komplikasi lupus terus berlanjut. Pada 2017, Selena membutuhkan transplantasi ginjal yang diperoleh dari temannya, Francia Raisa.

6 dari 6 halaman

Lil Wayne Sering Kejang Epilepsi

Rapper asal Amerika ini sering mengalami epilepsi, sebuah kondisi yang mempengaruhi otak dan dikenal karena menyebabkan serangan atau kejang.

Pada tahun 2013, Lil Wayne mengungkapkan kepada Radio Power 106 bahwa dia epilepsi dan rentan terhadap kejang.

"Ini bukan kejang pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima, keenam, atau ketujuh saya. Saya sudah mengalami banyak kejang, hanya saja kalian tidak pernah mendengarnya," ungkapnya.

Sejak itu, dia sering pergi masuk dan keluar dari rumah sakit akibat kejang. Bahkan, terkadang  harus membatalkan pertunjukan dan berakhir di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.