Sukses

5 Cara Bantu Kucing Merasa Aman di Tempat Baru, Termasuk Pemilik Ajak Bermain

Liputan6.com, Jakarta - Kucing terkadang kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru karena masih merasa asing. Hewan satu ini bisa takut bahkan stres dengan lingkungan sekitar, terutama orang dan hewan baru lainnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu kucing yang takut merasa lebih nyaman di sekitar tempat baru mereka tinggal.

Bagaimana cara membantu kucing merasa aman?

Beri Ruang Pribadi

Kucing memiliki sifat teritorial atau sangat menjaga wilayahnya. Hal ini bisa membuat mereka stres ketika ditempatkan di area baru yang asing, tanpa ada aroma atau lokasi yang dikenal.

Menurut dokter hewan Lizzie Youens, penting untuk memberikan mereka tempat yang aman dan mereka anggap sebagai tempat pribadi mereka sendiri agar mereka merasa aman di lingkungan baru.

Tempat tersebut bisa berupa ruangan, sarang yang nyaman, atau sudut yang terlindung di mana mereka bisa merasa sendirian dan nyaman.

Tempat Bersembunyi dan Tempat Tinggi

Ketika kucing merasa takut, bimbang, atau tidak aman, mereka suka pergi ke tempat yang aman.

Bagi kucing, tempat tinggi berarti aman, karena mereka bisa menjauh dari pemangsa dan melihat dunia dari sudut pandang yang lebih luas.

“Memiliki beberapa tempat yang bisa kucing naiki, seperti pohon kucing, rak, atau tempat bertengger yang mudah dijangkau. Ini akan membuat mereka merasa aman,” jelas Youens kepada Cats.

Begitupun dengan tempat persembunyian di rumah, seperti tempat tidur kucing atau kotak kardus yang diletakkan di tempat yang sepi. Tempat seperti ini berguna sebagai tempat berlindung bagi anabul jika situasi terlalu berlebihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lengkapi Kebutuhannya

Penting untuk menyiapkan berbagai kebutuhan esensial kucing, seperti makanan, air, tempat buang air, tempat tidur, mainan, dan hal penting lainnya.

Menurut Youens, penempatan dan ketersediaan perlengkapan ini dapat memengaruhi cara kucing memandang lingkungannya dan perasaan mereka akan keamanan.

Sediakan beberapa tempat buang air kucing, di lokasi yang berbeda dan tenang. Tempat buang air tidak boleh diletakkan dekat dengan tempat makan dan minum. 

Jika memiliki beberapa kucing, pastikan akses ke perlengkapan seperti makanan, air, dan tempat buang air tidak dibatasi oleh kucing lain. Pastikan ada cukup perlengkapan untuk semua kucing.

3 dari 4 halaman

Menggaruk Kuku

Kucing secara alami memiliki kebutuhan untuk menggaruk dan mengasah kuku mereka.

Berikan tiang penggaruk di tempat yang mudah terlihat agar kucing bisa menggunakannya. Hal ini juga akan melindungi perabotan dan karpet di rumah dari garukkan kucing.

Rutinitas

Kucing sangat menyukai rutinitas. Hewan ini senang dengan hal-hal yang familiar dan bisa diprediksi, di mana segala sesuatunya selalu terjadi dengan cara yang sama pada waktu yang sama.

“Cobalah untuk membuat kebiasaan harian dengan kucing. Jadwalkan waktu makan, merawat bulu, dan waktu bermain secara rutin setiap hari di jam yang sama,” kata Youens.

Hal ini dapat membantu agar kucing selalu tahu apa yang akan terjadi dan apa yang akan datang, yang pada akhirnya akan membantu mereka merasa aman.

4 dari 4 halaman

Hewan Peliharaan dan Orang Lain

Ketakutan dan pertikaian baik antar kucing maupun kucing dengan orang merupakan hal terakhir yang diinginkan untuk terjadi.

“Jika rumah ramai dengan orang atau hewan peliharaan, perkenalkan mereka secara perlahan. Selalu beri kesempatan kepada kucing untuk berlindung ke tempat yang aman jika dibutuhkan,” tutur Youens.

Hal ini akan membantu kucing agar tidak merasa terlalu terbebani dan memberikan peluang terbaik untuk menjalin hubungan yang akrab dengan hewan atau orang lain. 

Ajak Bermain

Memberikan kegiatan yang menarik secara mental dan fisik dapat mengurangi stres pada kucing . Hal ini dapat membantu mereka terikat dengan Anda, serta merasa lebih nyaman di rumah.

“Jangan terlalu banyak memperkenalkan hal baru sekaligus, tetapi gunakan sumber daya seperti mainan, makanan teka-teki, daun kucing, dan permainan interaktif untuk membuat kucing Anda terlibat dan senang,” Youens menyarankan.

Memperkuat ikatan dengan kucing sangat penting dalam membantu kucing merasa aman dan nyaman di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.