Sukses

Enzy Storia Bilang LDR Ngga Sesusah Itu Asal Bertemu dengan Orang yang Tepat, Begini Tips Jalani Hubungan Jarak Jauh agar Awet

Tips menjalin hubungan jarak jauh alias LDR seperti yang dialami Enzy Storia sebelum menikah dengan Maulana Kasetra alias Molen

Liputan6.com, Jakarta - Enzy Storia dan Maulana Kasetra rupanya menjalin hubungan jarak jauh alias LDR selama dua tahun, sebelum akhirnya menikah pada Sabtu 20 Mei 2023.

Presenter Tonight Show berada di Jakarta, sementara sang suami yang dikenal dengan panggilan Molen bekerja di Amerika Serikat (AS)

Di dalam video momen lamaran, Enzy Storia menyebut bahwa LDR bukan hal yang sulit jika dilakukan bersama orang yang tepat.

"Ternyata LDR nggak susah dan sesulit kalau kita bertemu dengan orang yang tepat," kata istri Maulana Kasetra ini.

Enzy Storia Sering Gagal Kalau LDR

Enzy Storia yang sebelumnya sempat berulang kali gagal dalam menjalani LDR, ternyata bisa bertahan dengan Molen hingga jenjang pernikahan.

Lantas, bagaimana cara menjalin hubungan jarak jauh atau LDR yang baik hingga akhirnya bisa menikah seperti Enzy dan Molen?

Menurut ahli kehidupan dan hubungan, Kavita Patel, penting untuk memerhatikan cara untuk tetap merasa terhubung dan bagaimana berkomunikasi baik meski sedang terpisah jarak.

"Koneksi emosional dan dukungan sangat penting dalam hubungan jarak jauh," kata Patel.

Berikut tips menjaga hubungan jarak jauh tetap harmonis menurut Brides dikutip pada Kamis 25 Mei 2023.

Mengobrol Melalui Telepon, Bukan Teks

Menurut Patel menjaga hubungan tetap terhubung sangat penting dalam hubungan jarak jauh,"Berbicara melalui telepon adalah cara terbaik untuk tetap terhubung karena banyak hal yang bisa hilang dalam teks,".

Mudah untuk hanya mengandalkan pesan teks dan tidak mengangkat telepon sepanjang hari yang sibuk. Akan tetapi, jangan jatuh ke dalam kebiasaan itu.

Sisihkan waktu untuk mengobrol secara mendalam di mana kamu bisa mendengar suara atau melihat wajah satu sama lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengobrol di Awal dan Penutup Hari

Menurut Patel, mengobrol dan menanyakan keadaan satu sama lain pada pagi dan malam sebelum tidur juga merupakan hal penting.

"Dengan cara itu, kamu akan merasa terhubung di awal dan akhir hari. Meskipun tidak bersama secara fisik, kamu tetap merasa menjadi bagian dari hari satu sama lain," ujar Patel.

Dalam hubungan jarak jauh, pagi dan malam juga bisa menjadi waktu di mana seseorang merasa paling sepi.

"Selain itu, begitu banyak hal emosional yang bisa muncul dalam sehari, jadi dengan melakukan cek tersebut, kamu bisa merasakan dukungan emosional," dia menambahkan.

Mendapatkan dukungan emosional juga menunjukkan kekuatan hubungan yang ada.

3 dari 6 halaman

Bertemu Langsung secara Rutin

Menurut Patel, penting untuk bertemu secara fisik sebanyak mungkin. "Saya tahu tergantung pada jaraknya, itu bisa terasa sulit. Akan tetapi, ini penting," katanya.

Dia menganjurkan pasangan untuk saling bertemu secara langsung setidaknya empat kali dalam setahun. 

Akan lebih baik lagi jika keduanya bisa mengatur jadwal untuk saling bertemu setiap bulan.

Rencanakan Pertemuan Selanjutnya

Hal penting lainnya adalah selalu mengetahui kapan kamu akan bertemu lagi secara langsung. 

Menyusun rencana dengan tanggal pasti kapan kamu akan bertemu lagi akan membuat kalian selalu memiliki sesuatu yang ditunggu-tunggu.

Ketika situasinya sulit, kedua pasangan bisa mengetahui dengan pasti berapa lama harus bertahan sampai pertemuan berikutnya.

4 dari 6 halaman

Bergantian Mengunjungi Tempat Satu Sama Lain

Ketika berada dalam hubungan jarak jauh, terkadang kita ingin merencanakan perjalanan yang seru dan menyenangkan untuk bertemu. Bertemu di tempat tengah antara tempat tinggal keduanya juga bisa menjadi pilihan yang praktis.

Namun, menurut Patel, penting untuk juga saling mengunjungi di tempat tinggal satu sama lain.

"Melakukan perjalanan untuk bertemu di tempat tinggal satu sama lain penting agar kita bisa melihat bagaimana kehidupan sehari-hari kita berjalan," ujarnya.

Beri Kejutan Hadiah Sederhana

Ketika sedang tidak bersama secara fisik, penting untuk menunjukkan kepedulianmu dengan cara-cara kreatif, seperti memberikan hadiah-hadiah sederhana.

"Misalnya, jika kamu tahu dia suka bunga, kirimkan bunga kepadanya. Jika kamu tahu dia merasa kurang sehat, kamu bisa mengirimkan makanan kepadanya seakan-akan kamu ada di sana merawatnya," dia menjelaskan.

5 dari 6 halaman

Tanyakan Keadaan Satu Sama Lain

"Tunjukkan perhatian, kepedulian, dan kemauanmu untuk selalu ada di segala situasi," kata Patel.

Tanyakan hal-hal seperti apa yang pasangan perlukan dari kamu atau bagaimana perasaannya saat ini. Meski terlihat sepele, tetapi hal ini penting untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang.

Pertanyaan-pertanyaan ini membantu orang yang merasa terputus untuk merenung dan berbagi apa yang sebenarnya mereka rasakan dan pikirkan.

"Bagi orang yang bertanya, ini menunjukkan perhatian dan memberikan kejelasan tentang apa yang paling dibutuhkan untuk kembali terhubung dan membangun cinta," ujarnya.

Sampaikan Jika Ada yang Terasa Salah

"Jika ada hal-hal yang berubah dalam hubungan, penting untuk mulai mempertanyakan apakah kalian berdua memiliki pemahaman yang sama dan membahas hal penting tentang apakah sudah saatnya untuk mengakhiri hubungan," katanya.

Namun, sebelum itu tanyakan apa yang telah berubah, apa yang menjadi perbedaan, dan apakah ada solusi terbaik untuk mengatasinya.

6 dari 6 halaman

Prioritaskan Satu Sama Lain

Hubungan jarak jauh memerlukan usaha dari kedua pasangan. Oleh karena itu, penting bagi keduanya untuk bekerja keras dan mengutamakan satu sama lain.

"Jika ada seseorang yang mulai menjauh, enggan berkomitmen pada rencana, atau mulai menjauh, penting untuk membicarakannya. Kedua orang harus merasa diutamakan dengan cara yang membuat mereka merasa baik," kata Patel.

Refleksi Diri

Menurut Patel, penting untuk mengenali diri sendiri sehingga kamu bisa mengkomunikasikan kepada pasangan apa yang penting bagimu dan apa yang dibutuhkan agar hubungan ini berhasil.

"Juga penting bagi setiap orang dalam hubungan untuk menyadari dan memikirkan apa yang mereka butuhkan atau apa yang membuat mereka merasa baik dalam hubungan ketika ada kata-kata, pengalaman, atau tindakan tertentu," kata Patel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.