Sukses

Potret Pangeran William dan Pangeran George Dampingi Raja Charles III Curi Perhatian, Gambaran Raja dari Tiga Generasi?

Muncul foto Pangeran William (40) dan Pangeran George (9) saat mendampingi Raja Charles III.

Liputan6.com, Jakarta - Potret resmi usai penobatan Raja Charles III telah dirilis. Selain foto grup The Royal Family, ada pula foto Pangeran William (40) dan Pangeran George Alexander Louis (9) saat mendampingi suami Camilla tersebut.

Foto diambil di Ruang Singgasana Istana Buckingham. Raja Charles III duduk menggunakan Robe of Estate dengan aksesoris lengkap. Di samping kanan dan kirinya, terdapat Pangeran William dan Pangeran George mendampingi.

Menceritakan makna di baliknya, fotografer yang sudah bekerja untuk Kerajaan Inggris selama lebih dari dua dekade Hugo Burnand mengaku bahwa penting untuk mengambil foto itu.

"Penting untuk mengambil foto ini," ujar Hugo Burnand dalam percakapan bersama Hello! Magazine yang dikutip melalui laman People, Minggu 14 Mei 2023.

Pangeran William dan Pangeran George memang telah digadang-gadang untuk menjadi penerus Raja Charles III.

Keduanya berada dalam garis keturunan yang sama dan masuk dalam urutan tertinggi pemimpin Kerajaan Inggris.

Foto itu seraya menggambarkan raja dari tiga generasi berbeda.

Sebelumnya Tak Ada Foto Serupa di Kerajaan Inggris

Foto yang diambil Hugo Burnand ini pun tentu akan jadi foto bersejarah. Menurut Hugo Burnand, sebelumnya tidak ada foto serupa dengan regalia lengkap seperti apa yang diambilnya kali ini.

"Saya melakukan banyak penelitian melalui arsip penobatan di masa lalu, dan saya tidak melihat ada foto dengan garis suksesi seperti itu sebelumnya," kata Hugo Burnand.

"Meskipun kami telah melihat banyak foto-foto Ratu Elizabeth II sebelumnya dengan Pangeran Charles, Pangeran William dan Pangeran George, kami belum pernah melihat mereka di ruang singgasana dengan semua regalia yang ada," dia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Raja Charles III, Pangeran William, dan Pangeran George Bukan Sekadar Dokumen Bersejarah

Lebih lanjut Hugo Burnand mengungkapkan bahwa foto tersebut tidak hanya sekadar formalitas. Melainkan, sebuah potret penting.

"Ada banyak formalitas dalam foto itu. Tapi saya pikir, saya berhasil menunjukkan esensi masing-masing individu pada saat yang sama. Bagi saya, foto itu bukan hanya dokumen bersejarah, tetapi sebuah gambaran," ujar Hugo Burnand.

Sebab, foto itu turut mengingatkan pada momen saat mendiang Ratu Elizabeth II berpose dengan ahli waris langsungnya Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran George tahun 2013.

Foto keempatnya kala itu diambil usai pembaptisan Pangeran George. Mendiang Ratu Elizabeth II tersenyum bangga dan manis dikelilingi tiga penerusnya.

Begitupun foto yang diambil tahun 2016, saat Pangeran George menggandeng tangan Pangeran William dengan mendiang Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III di sampingnya.

3 dari 4 halaman

Potret Resmi Raja Charles III Usai Penobatan

Foto resmi Raja Charles III juga diambil oleh Hugo Burnand. Dalam fotonya sendiri, Raja Charles III masih menggunakan Mahkota Negara Kekaisaran (Imperial State Crown) yang tentu tak main-main.

Mahkota Raja Charles III dibentuk dari bingkai emas, ditata dengan 2.868 berlian, 17 safir, 11 batu permata hijau (emerald), dan 269 mutiara.

Kursi singgasana yang diduduki Raja Charles III dalam potret resmi barunya dibuat tahun 1902 untuk Raja George V dan Ratu Mary, yang digunakan dalam acara penobatan Raja Edward VII.

Tak berhenti di sana, Raja Charles III memegang tongkat dengan Salib yang menampilan berlian Cullinan I di tangan kanannya. Di tangan kiri, ia membawa Orb, sebuah bola sebagai lambang kekuatan dari Tuhan.

Berat Orb yang dibawa oleh Raja Charles III sendiri ditafsir mencapai 1.3 kilogram.

Biasanya, bola itu berada di Menara London sebagai bagian dari Regalia Penobatan yang telah digunakan selama ratusan tahun dalam penobatan seperti dikutip dari laman DailyMail.

4 dari 4 halaman

Tongkat Kerajaan dan Jubah Raja Charles III

Sementara tongkat kerajaan dengan salib yang digenggam Raja Charles III berasal dari tahun 1661, terdiri dari batangan emas dan berlian besar, Cullinan I, dengan berat 530,2 karat.

Khusus untuk jubahnya, Raja Charles III menggunakan Robe of Estate yang terbuat dari beludru sutra ungu dan disulam dengan emas. Jubah itu pertama kali digunakan oleh kakeknya Raja George VI tahun 1937.

Jubah itu memiliki kerah Order of the Garter dan set berlian bersejarah Lesser George yang pertama kali dikenakan George III.

Bagian tuniknya, Raja Charles III menggunakan Coronation Ede dan Ravenscroft berwarna ungu dengan satu set Bintang Garter 1893 dengan berlian. Tak lupa, celana panjang Royal Naval untuk bawahannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.