Sukses

Usai Lebaran Idul Fitri, Segera Cek Kolesterol, Gula Darah dan Asam Urat

Usai Lebaran Idul Fitri, ada baiknya mengecek kesehatan terlebih bila kemarin kalap makan makanan khas hari raya. Pemkot Tangerang menyidakan cek gula darah gratis bagi warganya.

Liputan6.com, Jakarta Masakan yang tersaji saat Lebaran Idul Fitri terkenal sangat lezat dan membuat ketagihan. Namun, harap waspada. Bila dikonsumsi secara berlebihan, akan berbahaya bagi kondisi tubuh kita. 

Sebut saja seperti opor ayam, rendang, semur daging, gulai sayur, gulai ayam, sambal kentang ati ampela. Lalu, aneka macam kue kering, seperti nastar, kastangel, putri salju, sagu keju, dan lainnya 

Makanan di atas kaya akan santan, garam, lemak hewani. Selain itu, pada kue juga tinggi gula. Bila dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dan gula dalam tubuh, hingga akhirnya jadi pemicu berbagai penyakit.

Tidak mengherankan jika banyak orang yang akan mengeluhkan masalah kesehatan usai merayakan hari Lebaran. Untuk berjaga-jaga, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau atau mengajak masyarakat, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setelah Lebaran. 

Kepala Dinkes, Kota Tangerang, Banten dokter Dini Anggraeni mengungkapkan, ada baiknya masyarakat segera memanfaatkan layanan kesehatan di 38 Puskesmas di Kota Tangerang, yakni dengan melakukan pemeriksaan kesehatan seperti gula darah, kolesterol dan asam urat secara gratis. 

“Yuk, kunjungi puskesmas atau klinik kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Di sana bisa melakukan pemeriksaan gula darah, cek kolesterol dan cek asam urat,” ujar Dini ditulis Kamis (27/4/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengetahui Kondisi Kesehatan Sebelum Terlambat

Dini menuturkan, tes gula darah secara rutin dapat membantu mengetahui kondisi kesehatan dan mengendalikan diabetes.

Selain itu, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kesehatan yang berhubungan dengan kolesterol maupun tekanan darah.  

“Dengan mengetahui hasil pemeriksaan, tentunya bisa mencegah penyakit yang dialami semakin memburuk dengan pengobatan yang tepat oleh dokter. Jadi, lebih baik mengetahui diawal atau mencegah, dari pada mengobatin sesuatu yang sudah memburuk,” katanya.

3 dari 3 halaman

Kontrol Asupan Pasca Lebaran

Masyarakat juga bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga agar tubuh tetap sehat setelah Lebaran. Diantaranya, tidak makan berlebihan dan memperhatikan jumlah asupan yang dikonsumsi. 

Lalu, minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Batasi asupan makanan berlemak ataupun berminyak, termasuk diantaranya gorengan.

Tidak kalah pentingnya, perhatikan kembali kebiasaan berolahraga. Mungkin saat berpuasa sebulan penuh, jadi alasan beberapa orang untuk tak berolahraga seperti biasa, namun kali ini kebiasaan baik tersebut harus segera dilakukan.

 “Ini yang sedikit sulit dilakukan banyak orang, yaitu aktif bergerak dan melakukan olahraga ringan minimal 15 menit sehari. Tapi ada baiknya, lakukan sedikit olahraga di rumah, untuk kesehatan dan kebugaran kita. Sehingga, badan siap untuk kembali beraktivitas seperti sebelum Lebaran atau puasa,” katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini