Sukses

Dinkes DKI Siagakan 1 Unit Ambulans untuk Beri Pelayanan Kesehatan Darurat Pengunjung Monas

Satu unit ambulans disiagakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta guna melayani kebutuhan darurat kesehatan pengunjung di kawasan monumen nasional (Monas).

Liputan6.com, Jakarta - Satu unit ambulans disiagakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta guna melayani kebutuhan darurat kesehatan pengunjung di kawasan monumen nasional (Monas).

Disampaikan salah seorang petugas kesehatan Dinkes DKI Jakarta Ambarawti, pelayanan kesehatan yang disediakan di tempat yakni pelayanan darurat.

Ambarawati mengatakan, dia dan seorang petugas kesehatan lainnya, Recky, bertugas dari pukul 08.00 - 14.00 WIB. Setelahnya ada petugas lain yang akan berjaga untuk shift berikutnya.

Apabila ada pengunjung yang memerlukan pelayanan kesehatan darurat, kata Ambarawati, tidak hanya di wilayah Monas, melainkan juga seluruh wilayah DKI, maka dapat menghubungi call center 119 untuk mendapatkan bantuan segera.

"Jadi kalau ada yang memerlukan pertolongan kesehatan cepat, maka kami akan terlebih dahulu memberikan pertolongan pertama," jelas Ambarawati, dilansir Antara. 

Sesuai protokol, kata Ambarawati, dengan mempertimbangkan kondisi pasien, maka pelayanan kesehatan akan dilanjutkan ke rumah sakit.

Adapun beberapa fasilitas kesehatan yang disiapkan pada unit ambulans, kata Ambarawati, yakni seperti oksigen, infus, dan obat-obatan.

"InsyaAllah peralatan kedaruratan sudah lengkap. Karena memang protokol penugasan kami dikhususkan untuk melayani masalah kesehatan darurat," ungkapnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Monas Week dan Pentas Seni Monas sejak 23 April kemarin. Rangkaian acara yang merupakan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan berlangsung hingga 30 April 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Monas Week

Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Monas Week merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI menggaungkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih selama libur Lebaran, kata Heru, banyak wisatawan dari luar daerah yang mengunjungi Monas.

"Saya tadi menyapa, ada yang dari Palembang, Aceh, dan dari daerah lainnya. Malam ini kita berkumpul di Monas karena Dinas Pariwisata DKI Jakarta memberikan pelayanan untuk hiburan masyarakat dalam rangka libur Lebaran. Insyaallah tahun depan ada lagi, nanti tambah satu atau dua titik lagi," kata Heru, dilansir Antara.

Heru mengimbau, masyarakat yang hendak berkunjung ke Monas untuk ikut menjaga tempat wisata, mulai dari kebersihan dan ketertiban demi kenyamanan bersama.

"Selamat menikmati Monas dan titip jaga kebersihan. Bagi warga yang membawa anak-anak agar diperhatikan dan dijaga. Selamat menikmati malam ini di Monas," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Pentas Seni Monas

Pentas Seni Monas dilaksanakan di jalur pedestrian sisi barat mulai pukul 08.00 - 09.00 WIB. Acara yang bertajuk "Senandung Taman Monas" juga bisa dinikmati di loket sisi utara pada pukul 08.00 - 17.00 WIB. Lokasi berikutnya yakni di tempat antrean kereta wisata di sisi selatan pada pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Sedangkan AIr Mancur Menari bisa dinikmati pada pukul 19.30 - 20.00 WIB dan dilanjutkan pada pukul 20.30 - 21.00 WIB.

Sementara atraksi video mapping "Jakcation" #Lebaran2023 berlangsung dua sesi yaitu pada pukul 20.00 - 20.30 WIB dan pukul 21.00 - 21.30 WIB.

4 dari 4 halaman

Enlightening Kota Tua

Selain Monas, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan masyarakat bisa berkunjung ke Kawasan Kota Tua yang telah dipercantik dengan ornamen khas Idul Fitri.

Ada beberapa titik yang bisa dinikmati pengunjung yang terpusat di Jalan Kali Besar Barat, Kota Tua. Dengan tema "Elightening Kota Tua", wilayah tersebut dipasangi instalasi lampu hias guna memberikan efek cahaya estetik sehingga menambah keindahan lokasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.