Sukses

Sebelum Meninggal Dunia, Carlo Saba Kahitna Sempat Pasang Ring Jantung

Meninggalnya vokalis Kahitna Carlo Saba menyisakan duka bagi keluarga, rekan, dan para penggemar yang ditinggalkan.

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya vokalis Kahitna Carlo Saba menyisakan duka bagi keluarga, rekan, dan para penggemar yang ditinggalkan.

Penyanyi ini meninggal dunia pada usia 54 di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Rabu 19 April 2023 pukul 21.00 WIB.

Kabar Carlo Saba meninggal dunia disampaikan sahabatnya, Yovie Widianto melalui pesan singkat.

"Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Roji’un…. Sahabatku Carlo Saba berpulang…," tulis Yovie Widianto yang juga salah satu pentolan Kahitna.

Yovie mengatakan, sebelum meninggal dunia, sahabatnya sejak duduk di bangku SMP itu sempat menjalani pemasangan ring pada jantungnya. Namun yang ia ketahui, sahabatnya tampak terlihat sehat, meski pada akhirnya takdir berkata lain.

"Iya dua hari lalu, dan sudah kelihatan tampak sehat. Tapi saya belum tahu lagi gimana-gimananya. Mungkin sudah takdirnya dipanggil Tuhan, jadi kami semua mengikhlaskan," ujar Yovie Widianto.

Mengenal Pemasangan Ring Jantung

Pemasangan ring jantung adalah prosedur pemasangan alat berbentuk tabung kecil yang biasanya terbuat dari logam untuk membuka arteri yang tersumbat. Alat inilah yang dinamai ring jantung atau stent.

Penyempitan atau tersumbatnya arteri terjadi akibat penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Plak ini terdiri atas kolesterol dan zat lain.

“Dengan memasang ring jantung, aliran darah yang sebelumnya tersumbat dapat kembali lancar,” mengutip tulisan di laman resmi Primaya Hospital yang ditinjau ulang oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Yusak Alfrets Porotuo, Kamis (20/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Semua Pengidap Sakit Jantung Bisa Pasang Ring

Saat jantung tak mendapat pasokan darah yang lancar, fungsinya akan terganggu. Serangan jantung bisa terjadi tatkala aliran terhenti sama sekali.

Karena itu, ring jantung dapat menekan risiko terkena serangan jantung. Selain di arteri, stent dapat dipasang di pembuluh darah atau saluran lain di dalam tubuh.

Arteri yang merupakan pembuluh pembawa darah kaya oksigen dan nutrisi dari dan ke jantung, bisa dipenuhi plak seiring berjalannya waktu. Terlebih bagi orang-orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Plak ini dapat mengeras, menimbulkan sumbatan, dan menghalangi aliran darah ke organ-organ utama.

Pasang ring jantung merupakan pilihan penanganan ideal bagi pasien penyakit jantung koroner karena memiliki tingkat kesuksesan tinggi. Namun, tidak semua pasien penyakit jantung bisa menjalani prosedur non-operasi ini. Dokter spesialis jantung akan melakukan pemeriksaan dulu sebelum merekomendasikan pemasangan ring jantung.

3 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Seseorang Butuh Pemasangan Ring Jantung

Ring jantung berguna untuk mengurangi gejala penyakit jantung berupa nyeri dada atau angina. Rasa nyeri ini bisa datang tiba-tiba, tapi umumnya muncul ketika pasien sedang melakukan aktivitas fisik berat, seperti berolahraga.

“Bila Anda terdiagnosis mengalami masalah kesehatan ini, ring jantung bisa menjadi pilihan yang tepat.”

Ada beberapa tanda orang memerlukan tindakan pemasangan ring jantung yakni:

  • Mengalami nyeri dada yang disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah koroner
  • Stress test (tes untuk mengetahui kondisi jantung saat dalam tekanan, misalnya ketika berjalan di atas treadmill) menunjukkan hasil abnormal
  • Dokter mendiagnosis ada penyakit arteri koroner
  • Ada sumbatan di pembuluh darah koroner setelah pemeriksaan diagnostik lain seperti CT-scan
  • Kebutuhan untuk mendapatkan ring jantung makin besar bila gejala penyakit jantung koroner sudah sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Termasuk bila telah mengalami serangan jantung.
4 dari 4 halaman

Manfaat Pasang Ring Jantung

Perlu digarisbawahi, ring jantung bukanlah obat untuk menyembuhkan penyakit jantung. Alat ini hanya bermanfaat untuk membuka arteri yang menyempit atau tersumbat akibat penyakit jantung koroner.

Setelah pasang ring jantung, pasien tetap harus mengonsumsi obat-obatan dan mengubah gaya hidup demi melawan penyakit itu.

Meski bukan obat, tak dapat dimungkiri bahwa manfaat ring jantung amatlah besar bagi pasien penyakit jantung. Bila mengalami angina, misalnya, manfaat pasang ring jantung antara lain:

  • Meredakan gejala tidak nyaman dan nyeri pada dada
  • Mengurangi konsumsi obat nyeri dada
  • Membuat napas lebih lega
  • Pasien bisa lebih aktif
  • Meningkatkan aktivitas sehari-hari
  • Merasa lebih nyaman dalam berkegiatan
  • Adapun bila mengalami serangan jantung, ring jantung dapat membantu mengurangi kerusakan pada otot jantung dan menekan risiko mengalami serangan jantung lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.