Sukses

Jelang Lebaran Idul Fitri 2023 Catat 6 Jenis Makanan yang Bisa Picu Asam Urat

Lebaran Idul Fitri 2023 tinggal menghitung hari. Sebagian ibu rumah tangga bahkan sudah memikirkan hidangan apa yang akan disajikan di hari raya.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran Idul Fitri 2023 tinggal menghitung hari. Sebagian ibu rumah tangga bahkan sudah memikirkan hidangan apa yang akan disajikan di hari raya.

Bagi individu yang mengalami masalah asam urat, momen makan-makan kadang menjadi dilema tersendiri. Di satu sisi, hidangan yang menggiurkan sukar ditolak, di sisi lain risiko asam urat mengintai jika pola makan tak diatur sedemikian rupa.

Guna memudahkan pasien asam urat untuk menghindari makanan-makanan pemicu asam urat, dokter spesialis penyakit dalam Eka Hospital Pekanbaru Hady telah membuat daftarnya. Menurutnya, jenis-jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh yakni:

  • Gulai daging
  • Jeroan
  • Minuman manis
  • Emping
  • Kacang
  • Seafood

“Jika Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, maka sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan tersebut,” kata Hady dalam keterangan pers, Jumat (14/4/2023).

Gulai Daging

Beberapa jenis gulai daging merah selalu menghiasi meja makan saat Lebaran. Padahal, daging sapi dan kambing dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat karena kadar purin yang tinggi terkandung di dalamnya.

“Jadi, tidak heran jika makanan ini sering menjadi sumber penyebab utama mengapa seseorang mengalami peningkatan asam urat selama masa Lebaran. Karena menu tersebut sering menjadi menu santapan utama pada saat Lebaran,” ujar Hady.

Jeroan

Selain daging, jeroan juga menjadi menu andalan Lebaran bagi sebagian masyarakat. Beberapa jenis jeroan seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam dipercaya dapat berkontribusi dalam peningkatan kadar asam urat dalam tubuh karena memiliki kadar purin yang sangat tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minuman Manis

Hidangan daging dan jeroan tak lengkap jika dihidangkan tanpa minuman manis yang disajikan dingin. Banyak orang sudah tahu jika minuman manis berperan dalam peningkatan kadar gula darah.

“Namun, tahukah Anda jika beberapa minuman manis dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh? Ini dikarenakan beberapa minuman manis seperti minuman bersoda dan jus kotak memiliki kadar fruktosa yang tinggi, dan tubuh kita dapat memecah fruktosa menjadi purin, yaitu zat yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.”

Emping

Bagi beberapa orang, emping adalah menu pendamping terbaik untuk dikonsumsi dengan gulai dan lontong sayur selama lebaran.

Namun dibalik kelezatannya, kerupuk yang terbuat dari melinjo ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh karena emping memiliki kadar purin yang relatif cukup tinggi.

3 dari 4 halaman

Kacang Tanah

Selain di meja makan, hidangan Lebaran khsusnya makanan ringan juga kerap memenuhi meja ruang tengah atau ruang tamu.

Salah satu kudapan yang selalu ada adalah kacang goreng atau kacang bawang. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah juga memiliki kandungan purin di dalamnya. Meski kandungan purin dalam kacang terbilang rendah, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan tetap dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh.

“Batasi konsumsi kacang secukupnya selama Lebaran untuk terhindar dari meningkatnya asam urat dalam tubuh.”

4 dari 4 halaman

Seafood

Makanan laut atau seafood seperti udang, kepiting, kerang, dan berbagai jenis seafood lainnya juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi serta bisa meningkatkan kadar asam urat.

“Sebaiknya, hindari asupan seafood selama Lebaran terlebih dahulu untuk menghindari peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, terutama jika Anda memiliki riwayat asam urat,” imbau Hady.

Alih-alih mengonsumsi makanan pemicu asam urat, Hady lebih menyarankan untuk konsumsi makanan sehat untuk menjaga kadar asam urat selama Lebaran seperti:

  • Buah-buahan
  • Air putih
  • Susu rendah lemak
  • Sayuran tinggi serat (terung, wortel, tomat)
  • Teh hijau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini