Sukses

Kaesang Diusung Warganet Jadi Walikota Depok, Sudah Dibuat Poster Khusus

Liputan6.com, Jakarta Suami tercinta Erina Gudono, Kaesang Pangarep tiba-tiba diusung warganet untuk menjadi Walikota Depok selanjutnya. Kabar bermula saat ada sebuah cuitan yang mengunggah foto Kaesang lengkap dengan tagline-nya.

Foto berlatar belakang warna merah itu bertuliskan 'Kaesang untuk Warga Kota Depok yang Ceria' ramai dikomentari. Setelah ditelusuri, poster tersebut ternyata dibuat oleh relawan Ganjar Pranowo Center (GP Center).

"Yuk sudah saatnya merubah kota depok untuk menjadi lebih baik dan ceria guys, capek puluhan tahun ngeliat tata ruang kota depok yg semrawut dan suram, bagaimana mas @gibran_tweet dan pak @jokowi merestuikah kalo mas kaesang @kaesangp jadi walikota depok?" tulis pemilik akun @binyowijaya mengutip cuitannya dengan poster Kaesang untuk Walikota Depok di media sosial Twitter, Rabu (29/3/2023).

Banyak warganet yang kemudian mengomentari cuitan satu ini. Tak sedikit warganet yang setuju untuk mengusung Kaesang maju menjadi Walikota Depok. Ada pula warganet yang tak setuju.

Namun, Kaesang sendiri belum terlihat memberikan respons apapun. Dirinya hanya sesekali bergurau di Twitter terkait posisi sebagai walikota. Berbeda dengan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka yang sudah memberikan respons.

Respons Gibran Ada Kaesang Diusung Jadi Walikota Depok

Menyusul viralnya cuitan sang adik untuk menjadi Walikota Depok, Gibran Rakabuming Raka memberikan respons singkat. Dirinya hanya menertawai cuitan tersebut.

"Wkwkwkwkkwk," tulis Gibran melalui akun @gibran_tweet merespons adiknya yang diusung menjadi Walikota Depok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kaesang Sering Bergurau Jadi Walikota, Benar Mau Maju di Depok?

Dalam kesempatan berbeda, Kaesang memang seringkali bergurau soal menjadi walikota atau maju ke politik. Salah satunya terlihat pada cuitannya belum lama ini saat tengah mengunjungi pasar untuk membeli es dawet.

"*lagi beli dawet di pasar gede* Ibu2: Mas ngapain disini? Aku: KAMPANYE BU," ujar Kaesang dalam cuitan pada Minggu, 19 Maret 2023.

Merespons itu, ada warganet yang mengunggah foto Kaesang dan Erina saat berada di Pasar Gede. Kaesang melanjuti candaan itu dengan mengaku dirinya bukan sedang membeli es dawet, melainkan memang lagi kampanye.

"Tuh lagi kampanye saya," kata Kaesang menjawabnya.

Kaesang sendiri pernah mengomentari cuitan warganet terkait korek api milik jamaah yang diamankan oleh petugas di Masjid Zayed Surakarta. Pasalnya, warganet yang bersangkutan mengeluhkan itu pada Kaesang.

"Dapet keluhan seperti ini rasanya saya kayak Walikota Solo," ujar Kaesang dalam cuitannya tiga hari lalu.

3 dari 4 halaman

Respons Jokowi Saat Ditanyai Soal Kaesang ke Politik

Pada awal Februari 2023 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun pernah menanggapi soal Kaesang yang hendak diusung masuk ke politik. Menurutnya, pilihan itu akan sepenuhnya diserahkan pada Kaesang saja.

"Saya memberikan kebebasan kepada seluruh anak-anak saya untuk menentukan pilihan karier bagi hidupnya. Karena mereka sudah berkeluarga termasuk kepada Kaesang," ujar Jokowi mengutip Showbiz Liputan6.com.

Jokowi mengaku dirinya tidak akan campur tangan pada pilihan putranya Kaesang. Bahkan, apapun partai politik yang akan bersamanya jika memang akan terjun ke politik suatu hari nanti.

"Biarkan dia yang memutuskan ke mana dia ingin berlabuh karena saya juga enggak yakin dia serius atau enggak ngomong seperti itu (terjun ke politik)," kata Jokowi.

4 dari 4 halaman

Kaesang Terjun ke Politik, Serius atau Bercanda Sih?

Tak cuma Presiden Jokowi yang kebingungan soal keseriusan Kaesang ke politik. Gibran Rakabuming turut merasakan hal yang sama. Pada awal Januari 2023, sempat ramai soal ungkapan Kaesang ingin maju ke politik.

Ungkapan itu disampaikan oleh Kaesang saat pulang ke Surakarta. Pembicaraan itu muncul di hadapan Gibran dan ayahnya Jokowi saat mereka tengah makan siang.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran beberapa waktu lalu.

Gibran pun belum tahu apakah Kaesang akan benar terjun ke politik atau tidak.

"Enggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya enggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," ujar Gibran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.