Sukses

Syabda Perkasa Belawa Meninggal Dunia, Alami Luka Robek dan Cedera Kepala Saat Dilarikan ke Rumah Sakit Pemalang

Syabda Perkasa Belawa meninggal di rumah sakit dengan terlebih dahulu mendapatkan perawatan akibat luka robek dan cedera kepala

Liputan6.com, Jakarta - Syabda Perkasa Belawa (21) meninggal dunia pada Senin dini hari, 20 Maret 2023. Atlet badminton Indonesia berprestasi ini mengalami kecelakaan mobil dalam perjalanan menuju Sragen. Dalam laporan yang diterima Liputan6.com pada Senin pagi, Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia usai mendapat perawatan terlebih dahulu di rumah sakit.

Dari laporan tersebut, Syabda Perkasa Belawa dilarikan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Al Ikhlas Pemalang dalam kondisi mengalami luka robek kepala sebelah kiri dan cedera kepala berat.

"Korban MD (meninggal dunia) bertambah menjadi dua orang, yaitu: Syabda Perkasa Belawa (atlet bulutangkis nasional), kelamin laki-laki, umur 22 tahun," tulis keterangan tersebut.

Masih dari laporan itu diketahui bahwa kecelakaan yang menimpa Syabda Perkasa Belawa terjadi pada Senin, 20 Maret 2023 sekitar pukul 04.40 WIB.

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan TOL KM 315 + 200 A Desa Petanjungan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang tergolong berat.

Satu Nama Diduga Ibu Syabda Perkasa Belawa Meninggal di Tempat

Sebelum akhirnya sang atlet muda berprestasi dinyatakan meninggal dunia, dilaporkan satu nama yaitu Anik Sulistyowati, 48 tahun, yang diduga ibu dari Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia di lokasi kejadian.

Kronologis Kecelakaan Lalu Lintas yang Dialami Syabda Perkasa Belawa

Berdasarkan kronologi dari pihak kepolisian, disebut bahwa Syabda Perkasa Belawa mengalami kecelakaan kendaraan bermotor (KBM). Mobil Camry dengan nomor polisi (nopol) B 1824 KBN melaju dari arah barat ke timur di lajur kiri dengan kecepatan di atas rata-rata.

Sesampainya di lokasi kejadian, diduga pengendara dalam kondisi mengantuk sehingga membentur truk dengan nopol AG 8711 V yang melaju searah di depannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Nama Dievakuasi Dalam Kecelakaan yang Mengakibatkan Syabda Perkasa Belawa Meninggal Dunia

Kapolres Pemalang, AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Kasat Lantas, AKP Achmad Riedwan, menjelaskan bahwa pihaknya mengevakuasi lima orang korban dalam kecelakaan lalu lintas tersebut, yaitu:

  1. M (49)
  2. AS (48)
  3. DA (25)
  4. TB (11)
  5. SPB (22)

Dikatakannya bahwa seluruh korban yang dievakuasi ke rumah sakit di Pemalang adalah penumpang mobil, satu orang korban dengan inisial AS meninggal dunia di tempat kejadian perkara.

"Sedangkan 1 orang korban lainnya dengan inisial SPB mengalami luka berat, dan 3 orang lainnya mengalami luka ringan, seluruhnya korban langsung kami evakuasi ke rumah sakit di Pemalang," kata Kapolres Pemalang.

Adapun SPB yang dimaksud adalah Syabda Perkasa Belawa. Syabda dinyatakan meninggal dunia usai mendapatkan perawatan di rumah sakit.

3 dari 4 halaman

Prestasi Syabda Perkasa Belawa Sebagai Atlet Badminton Indonesia

Berikut sederet prestasi atlet badminton Syabda Perkasa Belawa dikutip dari Bola Liputan6.com :

  1. Menjuarai tiga edisi turnamen bulu tangkis BWF International Challenge.
  2. Menjuarai Lithuanian International 2023
  3. Menjuarai Malaysia International 2022
  4. Iran Fajr International 2023
  5. Menjuarai ajang BWF junior, Jakarta Junior International
  6. Meraih medali perak pada Kejuaraan Asia 2019
  7. Meraih medali emas Kejuaraan Dunia 2019
  8. Jadi bagian tim Piala Thomas 2022 dengan menaklukkan atlet badminton Korea Selatan, Lee Yun Gyu
  9. Tampil di ajang Iran International Challenge 2023 pada awal maret 2023
4 dari 4 halaman

Kabar Syabda Persada Belawa Meninggal Bergema di Twitter Sejak Pagi

Kabar meninggalnya Syabda Perkasa Belawa dibagikan legenda bulu tangkis Indonesia, Yuni Kartika, melalui akun Twitter pribadinya pada Senin pagi, 20 Maret 2023.

"Telah meninggal dunia, Syabda Perkasa Belawa. Syabda meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen untuk berziarah karena neneknya meninggal dunia. Selamat jalan, Syabda, kamu akan dirindukan," tulis Yuni.

Syabda Perkasa Belawa Meninggal, PBSI Berduka

Media sosial Twitter dan Instagram dibanjiri ucapan duka atas kabar Syabda Perkasa Belawa yang meninggal dunia secara mendadak. Tak terkecuali Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa (21 tahun) dalam kecelakaan di TOL Pemalang (Jawa Tengah), Senin (20/3/2023) dini hari," tulis PBSI.

Masih dari kicauannya, PBSI memohon doa para pecinta badminton untuk almarhum Syabda Perkasa Belawa yang meninggal dunia pada Senin dini hari, 20 Maret 2023.

"Mohon doa semoga arwahnya husnul khatimah dan diterima di tempat terbaik di sisi Allah. Perginya Syabda Perkasa Belawa meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, rekan-rekan, dan seluruh masyarakat olahraga Indonesia. Selamat jalan, atlet tangguh. Prestasi, dan pengorbananmu akan selalu dikenang," tulis PBSI.

Profil Syabda Perkasa Belawa

  1. Nama : Syabda Perkasa Belawa
  2. Tempat dan Tanggal lahir : 25 Agustus 2001
  3. Umur : 21 tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.