Sukses

Nani Wijaya Meninggal Dunia di Usia 78, Sempat Berjuang Melawan Penyakit Stroke dan Riwayat Sesak Napas Sebelum Ajal Menjemput

Punya riwayat penyakit stroke dan sesak napas sebelum Nani Wijaya meninggal dunia

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Nani Wijaya meninggal dunia di umur 78 tahun pada Kamis subuh hari ini, 16 Maret 2023 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan.

Banyak yang mungkin belum mengetahui bahwa Nani Wijaya berjuang melawan penyakit stroke yang dideritanya beberapa tahun terakhir ini. Gara-gara terserang stroke, sebagaimana diceritakan sang anak, Nina Kartika, bagian tubuh Nani Wijaya tidak dapat digerakkan.

"Lalu ada luka di belakang karena terlalu banyak berbaring. Ada luka di atas tulang ekornya, sehingga menimbulkan infeksi yang jadi komplikasi ke ginjal dan leukositnya tinggi," kata Nina dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com pada Kamis pagi.

Riwayat Penyakit Stroke Nani Wijaya

Akibat penyakit stroke dan kondisi yang mengharuskannya berbaring, Nani Wijaya sudah tahun belakangan setop syuting dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Dilanjutkan Nina Kartika, kondisi aktris kawakan yang terkenal akan perannya sebagai Emak di sitkom fenomenal 'Bajaj Bajuri' dua pekan terakhir drop. Sampai-sampai pihak keluarga harus melarikan Nani Wijaya ke rumah sakit.

Nani Wijaya Punya Riwayat Sesak Napas

Nina mengatakan bahwa Nani Wijaya juga sempat mengalami sesak napas. Keluarga pun kembali harus melarikan Nani Wijaya ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Meski begitu Nina menekankan bahwa kondisi Nani Wijaya sempat dalam keadaan sadar tapi mengingau.

"Masih sadar tapi kesulitan bernapas, agak sedikit seperti mengigau. Jadi, kami bawa karena pertimbangannya sulit bernapas," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dialami Nani Wijaya, Stroke Adalah Penyakit Semua Usia, Hati-Hati

Stroke menempati posisi tertinggi penyebab kematian di Indonesia dan kedua di dunia sehingga disebut sebagai penyakit mengancam jiwa

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stroke adalah gangguan fungsi otak yang disebabkan oleh kelainan fungsi darah yang terjadi secara tiba-tiba atau mendadak.

Pengertian Stroke, Faktor Usia, dan Siapa Saja yang Bisa Mengalami Penyakit Stroke

"Stroke adalah suatu gangguan dari pembuluh darah di otak," ujar Dokter Spesialis Saraf RS EMC Alam Sutera dr. Daniel T. Suryadisastra, Sp.S dalam Healthy Monday bertajuk "Hari Stroke Sedunia: Usia Muda Juga Bisa Kena, Cermati Gejala dan Cara Penanganannya" pada Senin (31/10/2022).

Stroke tidak hanya menyerang lansia, melainkan semua usia. Bahkan usia muda juga bisa kena. Hal ini disebabkan oleh faktor risiko stroke yang mungkin dimiliki anak muda.

"Semua orang bisa terkena stroke dan semua usia juga bisa, ya," kata Daniel. "Terutama satu, bila dia ada faktor risiko yang tidak terkontrol."

Adapun faktor risiko yang tidak terkontrol atau tidak bisa diubah itu antara lain

  1. Usia
  2. Ras
  3. Jenis kelamin
  4. Keturunan
3 dari 3 halaman

Karya Abadi Nani Wijaya yang Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun

Sepanjang hidupnya, Nani yang merupakan bintang kelahiran Cirebon ini memiliki daftar karya yang panjang, sejak tahun 1960. 

Berikut beberapa film Nani Wijaya

  1. Tikungan Maut (1966)
  2. Menjusuri Djedjak Berdarah (1967)
  3. Wulan di Sarang Pendulik (1975)
  4. R.A Kartini (1982)
  5. Catatan Si Boy (1987)
  6. Cintapuccino (2007)
  7. Doa yang Mengancam (2008), dan masih banyak lagi.

Berikut daftar beberapa sinetron Nani Wijaya

  1. Si Cecep (2004)
  2. Tukang Bubur Naik Haji the Series (2012-2017)
  3. Dan tentu saja yang paling ikonis Bajaj Bajuri (2002-2007)

Selamat jalan, Nani Wijaya….

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.