Sukses

Ada Ruang VVIP untuk Presiden dan Fasilitas Taraf Internasional di RSUD Cimacan

Sebuah ruangan khusus dipersiapkan bagi Presiden RI di RSUD Cimacan oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah ruangan khusus dipersiapkan bagi Presiden RI di RSUD Cimacan oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur. Ruangan VVIP tersebut ditujukan jika presiden melakukan kunjungan atau kegiatan di Istana Negara Cipanas.

Ruangan tersebut, kata Bupati Cianjur Herman Suherman, merupakan fasilitas terbaik di RSUD Cimacan yang memang dipersiapkan bagi kepala negara ketika melakukan kunjungan ke Kabupaten Cianjur.

Ruangan khusus yang berlokasi di Gedung C RSUD Cimacan itu dilengkapi dengan kantor, ruang TV, dan ruangan khusus untuk kunjungan resmi kepresidenan.

Gedung baru rumah sakit milik pemerintah yang telah rampung dikerjakan itu juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang berkualitas internasional.

"Berbagai fasilitas kesehatan telah dilengkapi guna menunjang pelayanan bagi pasien agar lebih baik, sehingga sarana prasarana tersebut bisa menjadi kabar baik bagi warga Cianjur. Untuk berobat cukup di Cianjur, tidak perlu ke luar kota," ujar Herman, dilansir Antara.

Keberadaan RSUD Cimacan juga dipersiapkan bagi wisatawan yang tengah berlibur di Puncak.

"Ketika ada wisatawan yang membutuhkan penanganan medis, dapat datang langsung ke rumah sakit pemerintah yang fasilitas kesehatan, sarana dan prasarananya sudah lengkap termasuk untuk warga sekitar pada umumnya," jelas Herman.

RSUD Cimacan, kata Herman, diproyeksikan untuk dapat juga menampung warga luar kota Cianjur karena letaknya yang cukup strategis dan menjadi wilayah penyangga Ibu Kota.

"Karena tempatnya strategis berada di jalur wisata Puncak, dan penyangga Ibu Kota, ini tentunya bisa menampung warga dari luar yang berwisata ke Puncak dan sekitarnya," tutur Herman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gedung C Bisa Menampung 220 Bed

Direktur Utama (Dirut) Cimacan, dr. Juliana Aritonang, MARS menyebutkan, letak RSUD Cimacan sangat strategis berada di wilayah utara Cianjur. Gedung C rumah sakit tersebut merupakan ruang rawat inap yang bisa menampung 220 tempat tidur.

Saat ini sudah dioprasionalkan sebanyak 119, terdiri dari kelas standar atau kelas 3 (tiga yang sudah disesuaikan standar Kemenkes sebanyak 89 tempat tidur, kelas 2 (dua) sebanyak 36 tempat tidur, kelas 1 (satu) sebanyak 18 tempat tidur, VIP 8 tempat tidur, VVIP 4, ICU 12 tempat tidur untuk dewasa, VICU dan NICCU 8 tempat tidur dan ruang Perinatologi 12 tempat tidur.

"Mudah-mudahan dengan 199 itu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Cianjur khususnya untuk daerah Cipanas," ujar Juliana, Jum'at (10/3/2023), dikutip dari Instagram resmi RSUD Cimacan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.