Sukses

RS Meilia Cibubur Kini Punya Pusat Penanganan Wasir, Ambeien Hilang Dalam 15 Menit

Pusat penanganan wasir di RS Meilia Cibubur dapat mengatasi ambeien hanya 15 menit

Liputan6.com, Jakarta - Vena Wasir Center pada Kamis, 2 Maret 2023 resmi dibuka di Rumah Sakit Meilia, Cibubur. Dengan dibukanya cabang ke-14 ini diharapkan semakin banyak yang peduli dan tidak lagi menganggap wasir atau hemoroid sebagai aib.

Seperti di cabang-cabang lainnya, Vena Wasir Center di RS Meilia juga dilengkapi dengan dokter spesialis bedah, dokter umum, perawat, dan teknologi modern yang dapat mengatasi wasir hanya dengan 15 menit saja.

Direktur Bisnis dan Operasional PT Rumah Wasir Andalan, Abdurrahman S. Ikom, mengatakan, kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang memiliki masalah dengan hemoroid.

"Vena Wasir Center senantiasa mengupayakan pelayanan kesehatan secara profesional dan penuh kepedulian serta menyediakan pengobatan terbaik dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan pasien," katanya.

Pengertian Wasir dan Apa Penyebab Ambeien?

Di kesempatan yang sama, dokter spesialis di RS Meilia, Cibubur, dr Yoyok Yohane Supriyanto SpB menjelaskan bahwa wasir atau ambeien merupakan penyakit gangguan pencernaan yang dapat menyerang pria maupun wanita.

Wasir, kata Yoyok, lebih rentan dialami ibu hamil dan pasien yang mengalami sembelit atau diare kronis.

"Wasir dapat dipicu oleh kebiasaan mengejan terlalu keras saat buang air besar atau duduk terlalu lama, sembelit atau diare yang berkepanjangan, sering mengangkat beban yang terlalu berat, kehamilan atau baru melahirkan, dan obesitas," kata dr Yoyok dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat, 3 Maret 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penanganan Wasir dengan Teknologi Canggih

Guna memastikan mutu pelayanan medis yang baik, RS Meilia memiliki standar minimal peralatan.

Layanan-layanan tersebut semakin disempurnakan dengan peralatan canggih dari Vena Wasir Center agar masyarakat dapat semakin memercayakan kebutuhan layanan kesehatan wasir di Vena Wasir Center.

Yoyok, mengatakan, benjolan pada wasir mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan.

Menurut dia wasir internal juga bisa sembuh dengan sendirinya jika termasuk ke dalam jenis wasir ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB.

"Gejala-gejala ini biasanya baru muncul ketika wasir dalam menjadi semakin besar," katanya.

"Kami menawarkan metode berteknologi tinggi seperti Laser dan Radiofrekuensi yang dapat menyembuhkan penderita wasir tanpa perlu rawat inap," kata Abdurrahman menambahkan.

3 dari 3 halaman

Flash Optical Laser

Adapun teknologi terkini yang digunakan di Vena Wasir Center adalah flash optical laser yang menurut Abdurrahman adalah tindakan bedah yang tidak melibatkan pemotongan jaringan hemoroid.

Prinsipnya, energi laser akan dialirkan untuk mengempiskan hemoroid dengan rasa nyeri minimal, durasi tindakan lebih cepat kurang dari 20 menit dan proses penyembuhan cepat sehingga tidak perlu rawat inap.

Selain laser, Vena Wasir Center juga memiliki teknologi canggih lainnya, yaitu radiofrekuensi yang mengatasi wasir hingga tuntas dengan efektivitas terapi mencapai hingga 90 persen tanpa luka bakar sehingga tidak menimbulkan rasa panas di sekitar anus.

Keunggulan lain dari metode ini adalah wasir kering hingga ke pangkal dan pasien dapat langsung beraktivitas setelah Tindakan, pungkas Zahid Faruqi.

Dengan menggunakan metode terbaru ini, pasien tidak perlu lagi melakukan operasi bedah terbuka maupun konvensional dengan masa penyembuhan yang lebih lama.

"Metode modern ini lebih minim sayatan, luka sedikit dan Anda bisa langsung beraktivitas," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.