Sukses

Sudah Beralih dari PeduliLindungi, Cek Sertifikat Vaksin di SATUSEHAT Mobile dengan Cara Ini

Setelah aplikasi PeduliLindungi berubah menjadi SatuSehat Mobile, apakah ada perubahan cara untuk mengecek sertifikat vaksin?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah hampir tiga tahun menjadi aplikasi wajib masyarakat Indonesia, aplikasi PeduliLindungi telah menjadi Satu Sehat Mobile per 1 Maret 2023.

Perubahan ini tak terjadi mendadak, mengingat Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, telah menyebutkannya pada awal Januari 2023 mengenai pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi ketika pandemi sudah mereda secara signifikan.

Saat ini, aplikasi telah terintegrasi dengan data pemerintah melalui Satu Data Indonesia (SDI). Selain itu, fitur-fitur yang ada di aplikasi PeduliLindungi tetap ada dalam Satu Sehat Mobile, dengan tambahan fitur-fitur lainnya, antara lain: resume medis, vaksinasi dan imunisasi, hasil tes COVID-19, pencarian rawat inap, dan layanan kesehatan.Menkes Budi mengatakan bahwa layanan seperti rumah sakit, klink, apotek, dan puskesmas juga diwajibkan untuk terintegrasi dengan platform Satu Sehat Mobile.

Menurut Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Setiaji, aplikasi ini mengalami perubahan dengan tujuan untuk memperluas fungsinya. Dengan begitu, aplikasi ini diharapkan tetap berguna di masa depan ketika pandemi COVID-19 menjadi endemi.

Salah satu fungsi fitur yang ada di PeduliLindungi dan masih juga tersedia pada Satu Sehat Mobile adalah sertifikat vaksin elektronik. Berikut cara untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin pada aplikasi Satu Sehat Mobile.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengecek dan Mengunduh Sertifikat Vaksin

1. Membuka aplikasi Satu Sehat Mobile

2. Klik fitur 'Vaksin dan Imunisasi'

3. Klik ikon yang mencantumkan nama pengguna untuk melihat sertifikat vaksin

3 dari 3 halaman

4. Klik sertifikat vaksin yang ingin dicek ataupun diunduh

5. Klik 'Unduh Sertifikat' untuk mengunduh sertifikat yang telah dipilih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini