Sukses

Asam Lambung Naik, Ini 5 Makanan yang Tepat untuk Meredakannya

Liputan6.com, Jakarta Asam lambung kerap dirasakan oleh sebagian orang. Kondisi tersebut terkadang membuat aktivitas menjadi terganggu. Terdapat ciri-ciri ketika asam lambung naik, seperti perih, mual, hingga sakit pada kerongkongan. 

Ketika asam lambung naik, hal itu menyebabkan Anda sulit menelan makanan, bau mulut, sering sendawa, terasa nyeri di dada yang membuat area tersebut terasa terbakar, dan nyeri pada kerongkongan karena terjadinya peradangan.

Jika Anda sering mengalami asam lambung naik, ada beberapa cara untuk meredakannya. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Dikutip dari Kemenkes, di bawah ini merupakan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan asam lambung. Let's try this!

2 dari 2 halaman

Sayuran

Sayuran kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk Anda penderita asam lambung, disarankan untuk mengonsumsi beragam sayuran secara rutin, seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Jahe

Tidak hanya digunakan untuk menghangatkan badan, jahe juga dapat meredakan asam lambung. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit maag, maupun masalah pencernaan lainnya.

Pisang

Buah-buahan sangat baik untuk tubuh. Akan tetapi, tidak semua buah baik untuk para penderita asam lambung. Salah satu buah non-sitrus yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan penyakit tersebut adalah pisang. 

Putih Telur

Selain bisa digunakan untuk masker wajah, putih telur juga dapat menurunkan asam lambung. Anda hanya perlu memisahkan kuning telur dengan putihnya. Kenapa tidak telur utuh? Pasalnya kuning telur mengandung lemak cukup tinggi dan dapat memicu gejala refluks asam lambung.

Yoghurt

kadang penderita asam lambung menghindari konsumsi yoghurt karena ditakutkan akan memperparah keadaan, namun yoghurt justru memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

Itulah 5 makanan yang bisa Anda konsumsi saat asam lambung naik. Jika asam lambung semakin parah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis agar diberikan penanganan yang tepat, ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini