Sukses

Pemeran Mak Nyak Si Doel Aminah Cendrakasih Meninggal Dunia Jelang Hari Ibu

Aktris senior Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada Rabu 21 Desember 2022. Kabar duka ini disampaikan Rubby Karno, sineas yang juga kakak dari aktor Rano Karno, pemeran Si Doel di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Liputan6.com, Jakarta Aktris senior Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada Rabu 21 Desember 2022. Kabar duka ini disampaikan Rubby Karno, sineas yang juga kakak dari aktor Rano Karno, pemeran Si Doel di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Aminah Cendrakasih dikenal sebagai pemeran Mak Nyak, ibu dari Si Doel dalam sinetron legendaris bernuansa betawi tersebut.

Rubby Karno mengumumkan kepergian Aminah melalui akun Facebook pribadi miliknya bersama foto dirinya berpose dengan Aminah yang sedang berbaring di atas tempat tidurnya.

"Innalilahi wa inna ilaihi rojiun... Telah berpulang Maknyak Aminah Tjendrakasih pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2022 jam 19.30," tulis Rubby Karno menyampaikan kabar duka.

Rubby pun menginformasikan lokasi disemayamkannya jenazah almarhumah Aminah Cendrakasih.

"Almarhum disemayamkan di Jl. Japos Raya no. 45 Jurang Mangu Barat. Semoga amal dan ibadahnya diterima Allah. Aamiin," sambungnya.

Beberapa tahun terakhir sebelum mengembuskan napas terakhir, Aminah Cendrakasih memang sudah tak dapat beraktivitas seperti biasa. Ia terbaring sakit di atas tempat tidur karena lumpuh dan glaukoma yang diidapnya.

Akibat glaukoma ini, Aminah Cendrakasih kehilangan penglihatan. Selama kondisinya demikian, banyak artis yang menjenguk terutama para pemeran sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berdekatan dengan Hari Ibu

Kepergian Aminah Cendrakasih berdekatan dengan peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap 22 Desember 2022.

Aminah sendiri merupakan seorang ibu yang tak hanya berarti bagi anak-anak kandungnya tapi juga bagi para pemain sinetron yang dibintanginya. Ucapan selamat Hari Ibu pun dilontarkan di akun Instagram fans resmi Si Doel Anak Sekolahan.

“Selamat Hari Ibu Mak Nyak… Selamat Hari Ibu untuk ibu-ibu terbaik,” mengutip Instagram @sidoelanaksekolahan.

“Kehilangan sosok ibu bagi anak laki-laki terutama, seperti antara hidup dan mati, seperti kehilangan separuh jiwa. Semoga amal ibadah Mak Nyak diterima Allah aamiin.”

3 dari 3 halaman

Doa Si Doel

Duka mendalam pun dirasakan pemeran Si Doel, Rano Karno. Melalui video singkat, ia mengucapkan doa dan permintaan maaf jika sosok yang ia sebut “Ibunda” ada kesalahan di masa hidupnya.

“Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, innalillahi wa innailaihi rajiun. Telah meninggal dunia ibunda tercinta, ibu Aminah Cendrakasih. Kita berdoa, mudah-mudahan Allah memberikan kelapangan bagi almarhumah dan diterima di sisi-Nya,” kata Rano Karno.

“Mohon maaf apabila di masa hidup beliau, beliau punya salah. Mari kita maafkan, mudah-mudahan kepergian beliau bisa memberikan ketenangan lahir bathin,” tambahnya.

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendoakan Aminah. Di akhir video, Rano pun menginatkan para penggemar untuk terus menjaga kesehatan.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.