Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Buat Para Pria, 8 Tips Ini Bantu Ereksi Lebih Lama

Seringkali, ketika Anda akhirnya berhasil mempertahankan ereksi, malah ejakulasi terlalu cepat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pria mempertahankan ereksi bisa menjadi tantangan tersendiri. Seringkali, ketika Anda akhirnya berhasil mempertahankan ereksi, malah ejakulasi terlalu cepat. Atau penis tidak bisa menyesuaikan situasi yang membangkitkan gairah seksual. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine, 85% pria berusia 20 dan 39 tahun mengatakan mereka bisa mempertahankan ereksi. Namun sisanya--15% pria justru mengalami kesulitan ereksi.

Studi yang sama juga menemukan bahwa 20% pria antara usia 40 - 59 yang bisa mendapatkan ereksi yang cukup sehat untuk berhubungan seks hampir sepanjang waktu.

“Secara umum, ereksi yang buruk disebabkan oleh salah satu dari lima hal: penurunan aliran darah, kadar hormon yang tidak normal, obat-obatan, fungsi saraf yang tidak normal, dan yang terakhir adalah komponen mental,” jelas Dr. Justin Houman, MD, ahli urologi dan spesialis kesehatan seksual dan reproduksi pria, dikutip dari Men's Health.

Berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda menjalani hubungan seksual yang sehat:

 

1. Rutin Lakukan Latihan Kegel

Otot dasar panggul berperan dalam aktivitas seksual, jelas Robert Valenzuela, MD, ahli urologi bersertifikat dan penasihat medis Promescent.

"Kontraksi otot dasar panggul (disebut Kegel) membantu menghasilkan peningkatan tekanan penis dan kekakuan penis."

Dengan kata yang lebih sederhana, latihan Kegel, di mana Anda berkontraksi dan melepaskan otot-otot dasar panggul, dapat membantu memperkuat ereksi Anda.

"Latihan kegel juga merupakan komponen dari praktik yang dikenal sebagai 'rehabilitasi penis'," tambah Michael Ingber, MD, seorang ahli urologi dan uroginekologi. “Sama seperti setelah operasi bahu, ketika Anda mungkin menemui ahli terapi fisik untuk melatih otot, memperkuatnya, dan meningkatkan rentang gerak, hal yang sama berlaku untuk penis, otot, dan saraf yang berperan dalam fungsi ereksi.”

Itulah mengapa banyak ahli urologi merekomendasikan rehabilitasi penis dini, termasuk Kegel, tidak lama setelah kejadian yang memengaruhi saraf ereksi penis, seperti operasi kanker prostat. "Ini dilakukan bersamaan dengan terapi medis seperti Viagra," kata Ingber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perhatikan Apa yang Anda Konsumsi

Makanan yang buruk bagi jantung juga buruk bagi penis, tentunya karena jantung dan penis keduanya bergantung pada aliran darah untuk berfungsi dengan baik. Menurut sebuah studi tahun 2020, diet Mediterania, yang mencakup buah-buahan, biji-bijian, lemak sehat jantung seperti kacang-kacangan dan minyak zaitun, red wine, dan sayuran, adalah awal yang baik.

"Hubungan antara diet Mediterania dan peningkatan fungsi seksual telah ditetapkan secara ilmiah," jelas Irwin Goldstein, MD, direktur kedokteran seksual di Alvarado Hospital di San Diego, dikutip dari WedMD.

3. Perbanyak olahraga

Kardio. Kardio. Kardio.

Menurut Ryan Berglund, MD, seorang ahli urologi di Cleveland Clinic, aliran darah adalah kunci untuk ereksi yang sehat, dan tidak ada yang mendorong aliran darah seperti latihan aerobik. Tidak hanya membuat Anda tetap bugar, itu juga membangun oksida nitrat tubuh, yang membantu mempertahankan ereksi.

Saat berlari itu bagus, menjauhlah dari sepeda sebisa mungkin. “Pengendara sepeda yang menghabiskan waktu lama di kursi sepeda mereka mungkin memiliki lebih banyak masalah dengan DE,” kata Erin Michos, MD, seorang profesor Kedokteran di Johns Hopkins University School of Medicine.

“Ini karena bersepeda dapat menekan arteri pudenda, yang memberikan aliran darah ke penis,” tambah Ingber. “Menggunakan kursi sepeda khusus (split-seat) bersama dengan celana pendek khusus dapat membantu mencegah DE.”

 

3 dari 4 halaman

4. Berhenti Merokok

Sebuah tinjauan literatur tahun 2015 menemukan bahwa perokok berisiko lebih tinggi mengalami disfungsi ereksi daripada populasi pemilik penis lainnya. Ada juga beberapa bukti bahwa merokok mempengaruhi kekuatan dan ukuran ereksi.

“Selain merusak pembuluh darah, merokok dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan penis itu sendiri, membuatnya kurang elastis dan mencegahnya meregang,” kata Goldstein.

5. Minum Kopi

Meskipun beberapa hal lebih buruk untuk ereksi Anda daripada kebiasaan merokok, kopi sebenarnya dapat membantu Anda.

Sebuah studi oleh University of Texas Health Science Center di Houston menemukan bahwa pria yang mengonsumsi kafein setara dengan 2-3 cangkir kopi per hari lebih kecil kemungkinannya untuk menderita disfungsi ereksi dibandingkan mereka yang lebih suka minuman bebas kafein.

6. Tetap Setia

Sangat umum, sehingga dokter yang menangani disfungsi ereksi sering bertanya kepada pasiennya apakah mereka berhubungan seksual dengan lebih dari satu orang.

Rasa bersalah bisa berubah menjadi kecemasan, dan itu bisa membunuh ereksi.

 

4 dari 4 halaman

7. Mengurangi Risiko Diabetes

 

Menurut Mayo Clinic, disfungsi ereksi umum terjadi pada orang yang menderita diabetes (dan terutama diabetes tipe 2). Penyakit ini menyerang penis dengan pukulan ganda: Ini mempercepat proses penyakit arteri, dan memperlambat transmisi rangsangan di sepanjang saraf ke seluruh tubuh Anda. Dan, percayalah, penis yang mati rasa bukanlah penis yang bahagia.

Tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes di antara orang dewasa di beberapa negara, termasuk Amerika dan Indonesia. Ada berbagai cara untuk mencegahnya, termasuk mengonsumsi makanan penangkal diabetes dan berolahraga secara teratur. Anda juga harus waspada dalam memeriksa gula darah Anda (bicarakan dengan dokter Anda tentang metode terbaik).

8. Perbanyak berjalan

Dalam satu studi, peneliti menemukan bahwa pria yang berjalan hanya 2 mil (3,2 km) sehari memiliki setengah tingkat masalah ereksi dari pria yang lebih banyak duduk, kata Goldstein. (Dua puluh menit jogging atau 30 menit latihan beban juga akan berhasil.)

“Apa yang baik untuk kesehatan jantung Anda baik untuk pembuluh darah ke penis Anda,” Houman menambahkan.

Endapan yang menyumbat atau mengeraskan arteri penis juga bisa membuat ereksi menjadi layu. "Pria cenderung menganggap arteri mereka sebagai pipa sederhana yang dapat tersumbat, tetapi ada lebih banyak hal yang terjadi selain itu," kata Laurence Levine, MD, ahli urologi di Rush-Presbyterian Medical Center Chicago. “Lapisan pembuluh darah itu adalah area yang sangat aktif secara biologis di mana bahan kimia dibuat dan dilepaskan ke dalam aliran darah.”

Semakin banyak Anda berolahraga, semakin sehat, bersih, dan fleksibel lapisan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.