Sukses

Kesal dengan Putri Charlotte, Camilla Ketus ke Kate Middleton di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, London - Pemakaman Ratu Elizabeth II menyimpan begitu banyak momen yang akhirnya tersorot oleh publik. Salah satunya ketika istri Raja Charles III, Permaisuri Camilla Parker Bowles, tampak ketus dan menegur Kate Middleton akibat perilaku putra dan putrinya.

Momen itu terjadi di luar Westminster Abbey setelah kebaktian pemakaman Ratu Elizabeth II berlangsung. Mulanya, anak pertama Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George (9) mencubit adiknya, Putri Charlotte (7).

Putri Charlotte pun sontak menoleh dan mengucap 'Ow!' sebagai respons keisengan Pangeran George. Camilla yang menyaksikan momentum tersebut akhirnya mengerutkan kening dan menunjuk Putri Charlotte dengan mata yang mengarah pada Kate Middleton.

Menurut seorang lip reader atau pembaca bibir, Jeremy Freeman, Camilla memotong pertengkaran Pangeran George dan Putri Charlotte dengan menegur Kate Middleton.

"Bawa dia," ujar Camilla pada Kate Middleton mengutip laman Daily Star pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Hingga kini, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan Pangeran George mencubit Putri Charlotte. Entah ingin memberikan sinyal untuk berbicara, bosan karena sudah seharian mengikuti prosesi, atau sekadar sikap iseng semata.

Pada hari pemakaman Ratu Elizabeth II, Pangeran George dan Putri Charlotte memang telah mengikuti prosesi sepanjang hari untuk mengucapkan selamat tinggal pada nenek buyutnya yang akrab disapa Gan Gan.

Mereka juga menghadiri kebaktian di Kapel St George di Kastil Windsor bersama ribuan tamu lainnya.

Pangeran George dan Putri Charlotte sebelumnya tiba di Westminster Abbey bersama Kate Middleton. Ketiganya berada dalam satu mobil yang sama dengan Camilla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sikap Camilla di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Mengutip laman Nicki Swift, Camilla merupakan seorang wanita yang tumbuh dengan percaya diri dan begitu dipuja oleh keluarganya. Namun, Camilla terlihat tidak mempersiapkan diri untuk apa yang akan dihadapinya sebagai seorang permaisuri atau istri Raja Charles III.

Pakar bahasa tubuh, Nicole Moore, mengungkapkan bahwa Camilla tampak gugup di pemakaman Ratu Elizabeth II.

Menurut Nicole, Camilla terlihat tidak nyaman terutama saat tengah berjalan beriringan dengan Raja Charles III memasuki kapel.

"Bahasa tubuh Camilla di sini menunjukkan bahwa ada sesuatu di balik dari apa yang terlihat. Sementara Camilla kemungkinan memiliki banyak perasaan seputar kematian Ratu Elizabeth, tapi ia tidak merasa punya hak untuk menunjukkannya," ujar Nicole.

Nicole mengungkapkan bahwa Camilla tampak seolah menggunakan clutch-nya sebagai perisai untuk melindungi diri.

Hal tersebut terlihat ketika Camilla memindahkan clutch hitamnya dari samping ke arah depan sesaat sebelum masuk ke kapel usai turun dari mobil bersama Pangeran George, Putri Charlotte, dan Kate Middleton.

"Camilla memegang clutch di sisi samping tubuhnya sampai saat dia harus memasuki ruang pemakaman dan melihat lebih banyak orang, dia memindahkan clutch tersebut ke arah depan tubuhnya," kata Nicole.

3 dari 4 halaman

Camilla Nampak Sembunyikan Perasaan Sakitnya

Lebih lanjut Nicole mengungkapkan bahwa Camilla juga menunjukkan gelagat lainnya saat harus menyanyikan lagu God Save the King. Menurutnya, Camilla nampak berupaya untuk menahan diri untuk tidak menunjukkan rasa sakit dan hanya berfokus pada gerakan yang harus dilakukannya.

"Ada sedikit tanda yang ditunjukkan melalui ekspresi rasa sakitnya, hampir seolah-olah dia mencoba untuk menahan semuanya dengan untuk tetap berada di dalam kepala, dan hanya berfokus pada gerakan yang harus dia lakukan daripada merasakan apa yang ada di hatinya," ujar Nicole.

Hal lain yang dianggap benar-benar menonjol adalah saat bagaimana Camilla nampak gelisah dan sangat gugup. Hal tersebut dikaitkan dengan begitu banyaknya ejekan yang harus dihadapi oleh Raja Charles III dan Camilla di masa lalu.

Dahulu, Raja Charles III pernah ketahuan selingkuh dari Putri Diana dengan Camilla. Perselingkuhan itulah yang diduga menjadi penyebab perceraian Raja Charles III dan Putri Diana.

"Kemungkinan Camilla akan membutuhkan waktu untuk merasa sepenuhnya layak atas tempat barunya sebagai ratu mengingat bahwa dia tidak disambut dengan baik ke dalam keluarga kerajaan dahulu saat memulainya," kata Nicole.

4 dari 4 halaman

Warganet Ikut Sadari Kegugupan Camila

Pemakaman Ratu Elizabeth II disiarkan secara langsung (live) dalam berbagai media. Alhasil, jutaan orang di berbagai penjuru dunia ikut menyaksikan pemakaman ratu terlama yang menjabat di Kerajaan Inggris tersebut.

Menindaklanjuti sikap Camilla, warganet bahkan ikut menyadari ketidaknyamanan dan kegugupan yang terpancar dari dirinya di acara pemakaman Ratu Elizabeth II.

"Camilla terlihat takut," tulis salah satu pengguna Twitter.

Warganet lain ikut mengunggah cuitan yang menghubungkan perasaan mendiang Ratu Elizabeth II tentang Camilla beberapa hari sebelum pemakaman. Menurut salah satu warganet, Ratu Elizabeth II tidak begitu menyukai Camilla.

"Tidak yakin Ratu Elizabeth II sangat menyukai Camilla," bunyi cuitan tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS